Disruptive sebagai Salah Satu Dampak Negatif Fintech Bagi Dunia Perbankan
Berbagai Dampak Negatif Fintech yang Dapat Terjadi Kapan Saja
Januari 21, 2019
Panduan dan Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk dengan 5 Langkah Mudah
5 Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk dengan Mudah
Februari 5, 2019

Penyebab Sudah Kerja Terus Tapi Tetap Miskin dan Solusinya

Pelajari Alasan Anda Kerja Terus Tapi Tetap Miskin dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Pelajari Alasan Anda Kerja Terus Tapi Tetap Miskin dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Kenyataan bahwa anda sudah kerja terus tapi tetap miskin memang pahit. Pukul saja orang yang bilang anda harus tabah dan menerima kenyataan!

Bagaimanapun juga seseorang harus berjuang untuk mendapatkan hidup yang layak. Nah oleh sebab itu, seseorang harus memahami 3 hal, yakni:

  • Penyebab seseorang masih tetap miskin walaupun sudah bekerja keras
  • Bagaimana keluar dari jerat kemiskinan
  • Dan bagaimana mencegah kembali jatuh miskin

Tanpa berlama-lama, silahkan membaca artikel panjang berikut ini. Silahkan dipelajari, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Penyebab Walaupun Kerja Terus Tapi Tetap Miskin

Pada dasarnya seseorang bekerja dengan harapan dapat memiliki uang yang banyak dan lepas dari kemiskinan. Namun walaupun sudah bekerja siang dan malam, dengan gaji di atas rata-rata sekalipun, banyak orang yang masih terjebak dalam kemiskinan.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya masalah ini, di antaranya adalah:

Pengeluaran yang Terlalu Besar

Berapapun besarnya gaji ataupun pendapatan anda, jika pengeluaran jauh lebih besar dari pendapatan, otomatis akan menjebak anda terus berada di dalam kemiskinan.

Pengeluaran yang terlalu besar ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Hal pertama adalah kebiasaan buruk seperti merokok, terlalu sering makan-makanan mahal, dan terlalu memetingkan gengsi dengan berbelanja barang mewah.

Hal kedua yang paling sering membuat pengeluaran anda begitu besar adalah faktor kejadian tak terduga yang sering sekali terjadi. Misalnya anda atau anggota keluarga tiba-tiba sakit, kendaraan pribadi tiba-tiba mogok dan perlu service, ataupun terjadinya musibah lain yang tak terduga.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk selalu mengcover anda dan keluarga melalui perlindungan asuransi. Setidaknya anda dan keluarga harus memiliki BPJS kesehatan.

Merasa Ada di Zona Nyaman Walaupun Gaji KecilĀ 

Banyak orang yang berpikir bahwa gaji atau pendapatannya sudah mencukupi. Padahal seiring waktu, harga-harga pasti akan naik. Belum lagi meningkatnya gaya hidup dan menyebabkan pengeluaran yang lebih besar.

Tanpa disadari, uang gaji anda sebenarnya tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun anda tidak rela untuk meninggalkan rutinitas dan pekerjaan tersebut. Misalnya karena sudah merasa sangat akrab dengan karyawan di sana, atau karena merasa sudah sangat senior dan nyaman dengan posisi semu tersebut.

Kurang Menjalin Relasi dengan Orang Sukses

Kita diajarkan untuk berteman dengan siapa saja. Tidak membeda-bedakan orang. Namun untuk mencapai kesuksesan, harus dengan mulai memilah-milah mana yang dapat memberikan energi positif untuk anda.

Misalnya teman yang senang begadang dengan minum-minum, tentu tidak akan membantu anda dalam meningkatkan kondisi ekonomi. Namun menjalin relasi dengan beberapa orang yang sudah sukses, misalnya sukses berjualan, membuka usaha, atau sukses kerja di perantauan akan menjadi teman yang baik untuk kesuksesan anda.

Dengan menjalin relasi dengan sesama orang sukses, anda bisa memperoleh banyak hal. Di antaranya adalah:

  • Ilmu-ilmu kesuksesan yang telah mereka terapkan
  • Informasi adanya peluang (lowongan kerja, proyek yang bisa anda garap, dan lain-lain

Namun tentunya hal ini tidak menjadikan anda menjauhi orang-orang yang masih belum beruntung. Intinya adalah untuk memperbanyak teman-teman yang memang telah ada di posisi jauh lebih baik dari anda.

Mudah Memberi Hutang

Salah satu alasan seseorang yang sudah kerja terus tapi tetap miskin adalah terlalu mudah memberi pinjaman hutang. Memang memberi pinjaman kepada keluarga atau teman yang membutuhkan sangat disarankan. Namun jika kondisi ekonomi andapun masih jauh dari ideal, sebaiknya anda tidak terlalu mudah memberikan pinjaman.

Memberi hutang memiliki resiko uang tersebut tidak dikembalikan. Dan hal tersebut tentu akan sangat merugikan anda. Oleh sebab itu, alih-alih memberikan pinjaman, anda bisa melakukan beberapa solusi berikut ini:

  • Arahkan mereka melakukan pinjaman ke bank ataupun pegadaian
  • Beritahukan mereka bahwa andapun sedang memiliki ekonomi yang pas-pasan
  • Jika memiliki info pekerjaan sampingan, cobalah beritahukan informasi tersebut
  • Sarankan mereka meminjam kepada orang lain yang sekiranya ekonominya lebih baik

Lihat Juga: Dampak Negatif Fintech

Anda juga bisa mengerahkan mereka untuk melakukan peminjaman secara online melalui jasa fintech. Namun harus mewaspadai beberapa kerugian yang bisa terjadi.

Terlalu Doyan Menabung

Anda mungkin sudah bekerja dengan sangat keras. Dan mengumpulkan uang selama bertahun-tahun. Namun anda akan menyadari bahwa menabung adalah suatu hal yang tak berguna untuk menghindar dari kemiskinan.

Anda harus memahami inti dan tujuan dari menabung. Yaitu agar memiliki uang yang cukup untuk dapat diputar danĀ menghasilkan uang yang jauh lebih banyak. Dengan kata lain, anda harus berinvestasi.

Hindari bertahun-tahun bekerja keras dan menabung sedikit demi sedikit. Karena tanpa disadari uang anda tetap saja akan sedikit. Mulailah berinvestasi!

Ada banyak jenis investasi yang bisa anda pilih. Sesuaikan dengan jumlah uang yang anda miliki. Dan keuntungan investasi tersebut alih-alih ditabung, gunakan saja untuk menambah pendapatan melalui investasi di tempat lainnya.

Nah setelah membaca beberapa penyebab masih miskin walaupun bekerja dengan sangat giat, anda tentu bisa menyimpulkan apa solusinya. Adapun beberapa solusi untuk masalah ini antara lain adalah:

  • Belajar lebih hemat
  • Tingkatkan penghasilan dengan lebih efektif
  • Hindari hal-hal yang dapat membengkakkan anggaran
  • Mulai berinvestasi di hal-hal yang dapat menghasilkan passive income

Demikianlah beberapa penjelasan dan alasan mengapa seseorang yang sudah kerja terus tapi tetap miskin dan memiliki banyak hutang. Semoga artikel ini membantu kita terlepas dari jerat ekonomi. Dan mampu mencapai tingkat tertinggi, financial freedom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *