Cara Buka Rekening Saham Online Sambil Rebahan dari Rumah

Saat ini cara buka rekening saham online semakin mudah. Banyak sekuritas siap membantu anda bahkan dengan syarat yang sangat sederhana. Cukup duduk santai sambil rebahan di rumah, anda sudah bisa membuka rekening saham.

Bicara soal modal yang diperlukan, modal awal membuka rekening saham dan mulai investasi saham juga sangat rendah. Bahkan banyak aplikasi saham yang menyediakan akun demo sehingga bisa melakukan simulasi jual beli saham.

Langkah dan Cara Buka Rekening Saham Online

Cara Buka Rekening Saham Online Kini Sangat Mudah Bahkan Bisa Dilakukan Sambil Bersantai di Rumah

Membuka rekening saham saat ini bisa lebih cepat dan mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Tetapi tentunya tetap ada prosedur yang harus dipatuhi sebelum mendapatkan rekening saham.

Ada beberapa persiapan yang perlu dipahami dan disiapkan untuk membuka rekening saham. Beberapa persiapan tersebut antara lain:

  1. Tentukan Sekuritas

    Saat ini sudah banyak sekuritas yang menyediakan aplikasi jual beli saham secara online. Anda tinggal memilih sekuritas mana  yang hendak anda pilih. Setiap sekuritas memilih kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    Sebagai contoh, ada sekuritas yang biaya jual beli sahamnya tergolong tinggi. Ada juga sekuritas yang biaya jual belinya relatif lebih rendah daripada sekuritas lainnya. Selain itu, ada sekuritas yang aplikasinya memiliki fitur yang sangat lengkap dan mudah untuk dipahami. Namun ada juga sekuritas yang fitur-fiturnya memang sangat lengkap, namun anda harus mempelajarinya dalam waktu yang cukup lama karena sulit untuk dipahami.

    Sangat disarankan untuk memilih sekuritas dengan seksama. Jika perlu, carilah rekomendasi sekuritas yang aplikasinya mudah untuk digunakan, tidak banyak atau bahkan tidak ada riwayat trouble, dan biaya jual beli sahamnya tergolong murah.

  2. Siapkan Dokumen Pribadi

    Siapkan dokumen pribadi. Terutama KTP, KITAS, ataupun paspor. KTP diperlukan bagi WNI. Sementara bagi WNA wajib memiliki KITAS ataupun paspor.Siapkan juga NPWP karena untuk membuka rekening saham wajib memiliki NPWP. Namun jika belum punya NPWP, proses persyaratannya akan sedikit rumit karena harus menghubungi sekuritas untuk mendapatkan surat pernyataan tidak memiliki NPWP dan harus ditandatangani di atas meterai. Oh iya, pembuatan NPWP saat ini sangat cepat dan mudah. Jadi tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri ke kantor pajak untuk mendapatkan NPWP.

  3. Data Rekening Bank Saat Ini

    Cara buka rekening saham online sangat mudah namun anda butuh menunjukkan bahwa anda memiliki buku rekening. Anda akan diminta menuliskan nomor rekening anda, atau harus memfoto buku rekening anda. Tidak harus rekening yang sama dengan bank tempat suatu sekuritas bernaung. Misalnya jika hendak membuka rekening saham Sinarmas anda tidak harus memiliki rekening di bank Sinarmas.Adapun data bank yang perlu dipersiapkan antara lain nama dan nomor rekening, serta cover buku tabungan. Tujuan bank meminta data ini adalah agar sekuritas bisa lebih mudah mengirimkan uang kepada anda ketika anda mencairkan uang.

  4. Unduh Aplikasi Saham dan Isi Form Data

    Setelah anda menentukan sekuritas tempat anda akan jual beli saham, langkah dan cara buka rekening saham online selanjutnya adalah mengunduh aplikasi saham dari sekuritas tersebut. Beberapa sekuritas sudah menyediakan aplikasi sahamnya di play store maupun app store.

    Setelah mengunduh aplikasi saham, anda perlu mengisi data seperti nama, email, dan data lainnya yang diminta untuk membuat akun serta rekening saham. Beberapa sekuritas mungkin akan meminta anda mengunduh surat pernyataan untuk anda cetak, isi, lalu scan untuk dikirimkan kepada sekuritas melalui aplikasi.

  5. Meterai dan Surat Pernyataan

    Pihak penyedia rekening saham (sekuritas) juga biasanya akan meminta bea meterai sesuai dengan jumlah meterai yang dibutuhkan. Tiap sekuritas memiliki cara yang berbeda dalam menggunakan meterai ini.

    Ada aplikasi saham yang meminta anda memprint surat pernyataan lalu menempelkan meterai dan menandatanganinya. Setelah itu surat pernyataan difoto dan fotonya dikirim secara online. Namun ada juga aplikasi dari sekuritas yang meminta anda mengirimkan surat pernyataan tersebut kepada kantor sekuritas.Pastikan membaca terlebih dahulu surat pernyataan yang diberikan oleh sekuritas. Pahami setiap detail penting dalam surat tersebut.

  6. Tunggu Hingga Rekening Saham Disetujui

    Setelah semua proses anda lakukan maka akan diminta menunggu beberapa saat hingga pembukaan rekening saham disetujui. Adapun lama tunggu bervariasi. Bisa disetujui hanya dalam beberapa jam, ada yang butuh 1 harian, ada pula yang butuh 1 minggu. Semua tergantung pada sekuritas yang anda pilih.

    Selama anda menunggu persetujuan pembukaan akun rekening saham, biasanya aplikasi tetap bisa digunakan untuk sekedar melihat-lihat pergerakan pasar saham saat ini. Bahkan bisa mencoba fitur demo, yaitu fitur dimana anda bisa bersimulasi jual beli saham.

Lihat Juga: Ciri Saham Gorengan

Sangat mudah memang cara membuka rekening saham online saat ini. Bahkan bisa dilakukan hanya dengan rebahan di rumah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.