Langkah Tepat Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru yang Ingin Segera Sukses
5 Cara Terbaik Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru
Agustus 20, 2018
Manajemen keuangan yang baik sangat penting untuk memastikan sebuah usaha dapat berkembang
Cara Menyusun dan Mengatur Manajemen Keuangan dengan Lengkap
Agustus 22, 2018

Tips Merancang Pernikahan yang Indah namun Tetap Hemat

Cara Menghemat Pengeluaran untuk Acara Pernikahan

Cara Menghemat Pengeluaran untuk Acara Pernikahan

Saat ini, biaya rata-rata pernikahan bisa mencapai lebih dari 100 juta Rupiah. Hal ini menjadikan pernikah sebagai salah satu peristiwa hidup yang paling mahal. Bahkan, itu lebih mahal daripada biaya kebanyakan seperti biaya bersalin, pembayaran uang muka properti, dan pemakaman. Bagi banyak siswa yang menerima beasiswa , biaya pernikahan bahkan lebih mahal daripada biaya untuk empat tahun kuliah.

Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk melangsungkan pernikahan yang meriah, jangan khawatir. Anda masih dapat menggelar pernikahan yang elegan, menyenangkan, dan berkesan, namun tetap hemat. Berikut 15 cara untuk melakukan hal itu.

15 Cara Menghemat Uang di Pernikahan Anda

Rencanakan Pernikahan dari Jauh Hari

Dengan memesan banyak persiapan pernikahan jauh-jauh hari, anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan pilihan tempat, menu makan, jasa fotografer, dan berbagai keperluan pernikahan lainnya dengan harga yang jauh lebih murah.

Selain itu, dengan merancang pernikahan minimal setahun sebelumnya, anda bisa memiliki waktu lebih banyak untuk memilih keperluan pernikahan yang memiliki kualitas lebih baik dan sesuai dengan selera.

Setidaknya ada 15 hal yang harus anda perhatikan dalam menentukan keperluan pernikahan. Kelima belas hal tersebut antara lain adalah:

1. Tempat Pernikahan

Mempersiapkan tempat pernikahan dari jauh-jauh hari dapat menghemat lebih dari 50% biaya sewa tempat

Mempersiapkan tempat pernikahan dari jauh-jauh hari dapat menghemat lebih dari 50% biaya sewa tempat

Ada 2 hal yang begitu membuat pusing dalam setiap perancangan pernikahan. Kedua hal tersebut adalah ketersediaan tempat, dan tanggal pernikahan.

Tempat pernikahan bisa saja mahal, tetapi setidaknya ada beberapa tips untuk anda agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Tips pertama adalah menikahlah di hari selain Sabtu, Minggu, dan tanggal merah lainnya. Tips kedua adalah cobalah cari tempat resepsi yang ada di pinggir atau bahkan di luar kota, karena biasanya harganya jauh lebih murah.

2. Menu Makanan dan Minuman

Menu makanan adalah elemen paling mahal dari sebuah pesta pernikahan

Menu makanan adalah elemen paling mahal dari sebuah pesta pernikahan

Cara terbaik untuk menghemat pengeluaran akan menu makan dan minum di pernikahan, anda bisa menyiapkan makanan dan minuman sendiri. Coba mintalah kepada teman ataupun keluarga untuk membantu memasak makanan dan minuman untuk pernikahan anda.

Ada beberapa tips dalam mengelola menu makanan dan minuman ini, beberapa tips tersebut antara lain adalah:

  • Siapkan makanan pembuka berupa makanan berat
    Tujuannya adalah agar menu makanan ringan tidak langsung habis. Jika anda menyiapkan menu makanan ringan terlebih dahulu, pengunjung akan mengambil banyak makanan ringan untuk mengisi perut.Dan ketika menu makanan berat sudah tiba, umumnya mereka akan tetap mengambil porsi seolah-olah perut masih kosong. Itulah penyebab utama mengapa banyak pengunjung pesta pernikahan tidak menghabiskan makanan yang sudah mereka ambil.
  • Buat semacam bar untuk minum-minum sambil berdiri
    Jika minum sambil duduk, pada umumnya minuman akan lebih cepat habis. Dengan menyediakan tempat minum yang jauh dari kursi-kursi, tamu undangan akan minum lebih lama dan tidak bolak-balik minum.Selain itu, minum dengan berdiri ternyata lebih menyenangkan dan menimbulkan keakraban yang mendalam. Namun jangan sampai menghalangi orang yang ingin minum sambil duduk. Karena beberapa orang mungkin saja menganut kepercayaan yang melarang untuk minum sembari berdiri.

Masih ada banyak tips lainnya dalam merancang menu makanan yang hemat di pesta pernikahan. Anda bisa mengikuti semua, atau sebagian besarnya. Yang pasti, anda wajib untuk memperhatikan bahwa makanan cukup untuk semua orang, dan uang anda cukup untuk membiayai semua makanan tersebut.

3. Fotografer dan Videografer Pernikahan

Wedding fotografer ataupun videografer dapat menelan beberapa juta Rupiah

Wedding fotografer ataupun videografer dapat menelan beberapa juta Rupiah

Siapapun ingin memiliki kenangan akan pernikahan yang sudah dilakukan. Mengingatkan akan indahnya saat tersebut, dan mengingat kembali setiap emosi bahagia sepanjang acara. Untuk itu, kebutuhan akan jasa fotografer dan videografer yang dapat menangkap setiap moment dalam sentuhan nilai keindahan sangatlah penting.

Sayangnya, jasa fotografer dan videografer pernikahan tergolong sangatlah mahal. Untuk itu, anda bisa mencoba untuk mencari fotografer dan videografer murah. Untuk mendapatkannya, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, di antaranya:

  • Menerima tawaran teman atau keluarga yang ingin memberikan jasa tersebut sebagai hadiah  pernikahan
  • Menyewa fotografer dan videografer yang terhitung baru memulai karir atau baru membuka jasa
  • Menyewa jasa anak-anak sinematografi yang sedang dalam masa magang perkuliahan

Jangan sembarangan memilih fotografer maupun videografer. Walaupun murah, pastikan anda mendapatkan orang yang memang berkompeten. Dan untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan beberapa fotografer dan videografer. Dengan demikian, anda bisa menghindari resiko-resiko seperti tiba-tiba fotografer berhalangan, alat yang rusak, atau ternyata orang tersebut jelek dalam mengambil gambar.

4. Musik di Upacara Pernikahan Maupun Resepsi

Jasa pemusik untuk mengiringi pernikahan dapat menelan biaya setara UMR

Jasa pemusik untuk mengiringi pernikahan dapat menelan biaya setara UMR

Akan sangat mahal jika menyewa musisi profesional, band, ataupun DJ. Untungnya ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghemat biaya. Adapun beberapa cara tersebut antara lain:

  • Menyewa pelajar dari jurusan musik yang membutuhkan pengalaman ataupun dalam praktek magang
  • Meminta bantuan teman ataupun anggota keluarga untuk tampil
  • Mencari jasa musik yang bersedia memberikan musik dengan budget anda

Namun sebelum menggunakan jasa mereka, ada baiknya anda pun melihat kemampuan bermusik mereka. Jangan sampai acara pernikahan tersebut menjadi menggelikan karena cara bermusik yang mereka bawa jauh dari kata baik.

Persiapkan Dekorasi Pernikahan Anda

Mendekorasi pesta pernikahan yang indah sangatlah mudah. Bahkan dengan jasa wedding organizer, lautpun bisa didekorasi begitu indah untuk acara sakral ini. Namun hal tersebut akan menyebabkan pengeluaran yang jauh dari kata terkontrol.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatur dekorasi di pesta pernikahan untuk memastikan semua berlangsung lebih hemat, di antaranya:

a. Bunga Pernikahan

Pengeluaran untuk dekorasi bunga pernikahan sebenarnya dapat ditekan dengan beberapa cara

Pengeluaran untuk dekorasi bunga pernikahan sebenarnya dapat ditekan dengan beberapa cara

Bunga untuk pesta pernikahan harganya bisa jutaan bahkan belasan juta. Namun sebenarnya anda bisa menghemat cukup banyak dengan melakukan pengaturan keuangan yang ketat terhadap dekorasi ini.

Adapun beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam mengatur budget untuk bunga pernikahan antara lain:

  • Pilih Jenis Bunga
    Ada jenis bunga yang lebih mahal ketimbang jenis bunga lainnya. Anda bisa memilih jenis bunga yang cantik namun harganya tergolong murah. Ketimbang menggunakan 100% bunga asli, anda bisa menggunakan 100% bunga plastik, ataupun sebagian besar bunga plastik.
  • Rencanakan Akan Dikemanakan Bunga Tersebut Setelah Pesta
    Kebanyakan bunga akan dibuang begitu saja setelah pesta pernikahan usai. Artinya, anda akan membuang yang sudah anda keluarkan. Padahal bunga tersebut bisa dikumpulkan lagi dan dijual untuk orang yang kebetulan membutuhkan bunga pesta pernikahan dengan harga murah.
  • Cari Bunga Bekas Pernikahan
    Untuk anda yang benar-benar ingin menghemat, tidak ada salahnya membeli bunga pernikahan yang telah terpakai. Yang terpenting, bunga tersebut masih dalam keadaan baik dan bisa dibersihkan selayaknya baru.

Dengan mengatur keuangan dengan ketat untuk biaya bunga pernikahan ini, anda bisa menghemat setidaknya beberapa juta Rupiah. Jumlah yang tak bisa dibilang sedikit.

b. Dekorasi Acara

Dekorasi untuk ruang pernikahan membutuhkan konsekuensi berupa biaya - pikiran - dan tenaga

Dekorasi untuk ruang pernikahan membutuhkan konsekuensi berupa biaya – pikiran – dan tenaga.jpg

Semakin sedikit dekorasi untuk pernikahan, semakin sedikit biaya yang anda butuhkan. Untuk mendapatkan dekorasi terbaik, anda bisa meminta bantuan dekorator profesional, namun harganya tentu akan berada di rate yang cukup tinggi.

Untuk mengakali rate dekorasi yang mahal, anda bisa menghemat budget pernikahan dengan cara:

  • Mendekorasi sendiri
  • Meminta bantuan teman untuk menyusun dekorasi yang cocok
  • Menggunakan dekorasi pesta pernikahan yang umum digunakan

Dengan penggunaan dekorasi yang umum digunakan, anda bisa menghemat lebih dari 50% biaya loh. Banyak kok dekorasi umum yang bagus.

Pakaian Pernikahan

1. Gaun Pengantin

Gaun pengantin dapat berharga hingga ratusan juta Rupiah

Gaun pengantin dapat berharga hingga ratusan juta Rupiah

Sangat mudah untuk lepas kendali menghabiskan uang untuk gaun terbaik dan termahal. Gaun pengantin merupakan benda paling diinginkan oleh seorang wanita dalam sebuah acara pernikahan. Nah, anggaran untuk gaun pengantinpun harus anda perhatikan secara mendetail.

Ada beberapa cara untuk menghemat anggaran untuk pengantin, di antaranya adalah dengan menggunakan gaun yang dipakai oleh orang tua di masa lalu. Atau bisa juga dengan memilih menggunakan gaun pengantin non tradisional. Ya, mengingat gaun tradisional harganya bisa 3 kali gaun pengantin internasional.

2. Pakaian untuk Pengantin Pria

Pakaian untuk pengantin pria lebih murah daripada gaun pengantin namun harganya tetap saja cukup tinggi

Pakaian untuk pengantin pria lebih murah daripada gaun pengantin namun harganya tetap saja cukup tinggi

Meskipun kebanyakan orang lebih tertarik untuk melihat penampilan pengantin wanita, namun pengantin pria pun harus tetap terlihat baik. Dan untungnya harga pakaian untuk pengantin pria adalah jauh lebih murah ketimbang pengantin wanita.

Untuk menghemat anggaran pernikahan, anda bisa menghemat pengeluaran pakaian pria dengan cara-cara seperti mencari alternatif lain selain menggunakan tuksedo.

3. Rambut Pengantin

Banyak pilihan gaya rambut untuk pernikahan yang bisa dibuat tanpa bantuan seorang hairstyler profesional

Banyak pilihan gaya rambut untuk pernikahan yang bisa dibuat tanpa bantuan seorang hairstyler profesional

Memiliki stylist pribadi untuk hari besar pernikahan mungkin akan nyaman dan menyenangkan. Namun tagihan untuk jasa seorang stylist pribadi sangatlah besar. Sebagai alternatif, setidaknya ada 3 cara yang bisa anda lakukan, di antaranya adalah:

  • Ikut sekolah tata rias sehingga bisa menata sendiri rambut sesuai dengan apa yang anda inginkan
  • Meminta bantuan teman atau keluarga yang memahami dunia tata rias dan rambut
  • Menggunakan riasan aksesoris rambut yang sederhana dan hemat biaya

Dengan melakukan hal di atas, anda bisa setidaknya menghemat 50% anggaran untuk penataan rambut pengantin.

4. Rias Wajah untuk Pengantin

Merias sendiri wajah dapat menghemat cukup banyak pengeluaran

Merias sendiri wajah dapat menghemat cukup banyak pengeluaran

Sama seperti tata rambut dan busana untuk pengantin wanita, rias wajah juga dapat memakan biaya yang sangat besar. Sebagai alternatif untuk menghemat pengeluaran, anda bisa membeli riasan sendiri, dan merias wajah sendiri. Namun jika masih merasa mahal, anda bisa mempertimbangkan untuk memotong biaya rias wajah dengan beberapa cara, seperti:

  • Membeli rias wajah yang sedang memberikan harga promo
  • Membeli rias wajah dengan voucher diskon yang anda milik

Beberapa saran nyeleneh mengajak anda untuk mencoba makeover gratis yang kerap diadakan oleh kios kosmetik di departemen store. Namun sebaiknya jangan anda lakukan. Anda tidak akan tahu seberapa panjang antriannya nanti. Pokoknya jangan …

5. Perhiasan Pernikahan

Menyewa atau meminjam dan menggunakan perhiasan imitasi merupakan langkah jitu mengakali tingginya biaya untuk perhiasan saat menikah

Menyewa atau meminjam dan menggunakan perhiasan imitasi merupakan langkah jitu mengakali tingginya biaya untuk perhiasan saat menikah

Dalam upacara pernikahan, tidak hanya akan ada tukar cincin. Pengantin wanita tentu menginginkan adanya beberapa perhiasan di gaun pernikahannya. Untuk mengurangi pengeluaran akan perhiasan yang dikenakan, ada beberapa saran yang bisa anda pilih, di antaranya dengan meminjam perhiasan kepada teman.

Selain meminjam kepada teman ataupun anggota keluarga lainnya, andapun bisa memakai perhiasan imitasi untuk menghemat anggaran. Jikalau tetap bersikukuh ingin perhiasan asli, pastikan untuk membeli perhiasan yang memang memiliki nilai jual kembali yang tinggi. Setidaknya anda dapat menghitung pembelian perhiasan tersebut sebagai bagian dari invesasi.

Biaya-BIaya Pernikahan Lainnya

a. Undangan Pernikahan

Salah satu bentuk kartu undangan pernikahan unik di India

Salah satu bentuk kartu undangan pernikahan unik di India

Mencetak kartu undangan pernikahan dapat menelan biaya hingga beberapa juta Rupiah. Belum lagi jika anda meminta design yang unik, tentu akan ada biaya tambahan yang dikenakan. Untuk menghemat biaya pernikahan, anda bisa mencoba beberapa cara penghematan.

Cara pertama adalah dengan memilih design-design kartu undangan pernikahan menarik yang tersedia di internet. Dengan cara ini, anda akan menghemat cukup banyak biaya design. Selain itu, andapun bisa memilih diantara design-design standart yang tersedia. Pilihlah yang menurut anda paling menarik.

Cara kedua dalam menghemat biaya cetak undangan adalah dengan membeli printer cetak sendiri. Memang harganya cukup tinggi, namun jika anda menjual kembali printer tersebut, anda akan menyadari biaya cetaknya ternyata jadi jauh lebih murah.

Dan cara terakhir dalam menghemat biaya kartu undangan pernikahan adalah dengan mengirimkan undangan elektronik kepada teman-teman anda. Dengan cara ini, selain biayanya lebih murah, juga lebih cepat. Namun untuk beberapa orang tertentu, anda sebaiknya tetap mencetakkan kartu undangan pernikahan. Semisal untuk orang yang dituakan, teman yangtak memiliki fasilitas internet, ataupun orang-orang yang menurut anda sangatlah khusus dan berhak mendapatkan perlakuan yang sangat istimewa.

b. Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan tidak harus mahal namun harus berkesan atau memiliki nilai fungsi

Souvenir pernikahan tidak harus mahal namun harus berkesan atau memiliki nilai fungsi

Merupakan hal yang lumrah dan secara tradisional adalah bagian dari kewajiban untuk memberikan hadiah kepada tamu. Hal ini setidaknya sebagai ucapan terimakasih atas dukungan dan cinta mereka atas pernikahan anda. Untuk menghemat biaya suvenir, anda bisa melakukan beberapa hal yang cukup sederhana seperti membungkuskan sendiri souvenir.

Tidak perlu mencari souvenir pernikahan yang mahal. Yang terpenting adalah menarik dan membuat berkesan. Beberapa di antaranya seperti gelas dengan kata-kata motivasi, ataupun sebuah buku catatan yang dapat dimanfaatkan setiap tamu undangan.

c. MC atau Pembawa Acara

Anda harus selektif dalam memilih MC yang bisa menghidupkan suasana resepsi pernikahan anda

Anda harus selektif dalam memilih MC yang bisa menghidupkan suasana resepsi pernikahan anda

Suatu pesta pernikahan tak akan meriah jika tak ada seorang pembawa acara yang dapat memeriahkan suasana. Namun biaya MC profesional cukup tinggi. Untuk mengakali hal ini, anda bisa meminta bantuan teman dan keluarga anda.

Pastikan untuk mengajak teman atau keluarga anda tersebut untuk berlatih dan memahami alur acara selama pesta pernikahan. Jangan sampai MC justru kebingungan di pesta pernikahan.

d. Transportasi

Menjemput sendiri anggota keluarga yang jauh dapat menghemat biaya transportasi

Menjemput sendiri anggota keluarga yang jauh dapat menghemat biaya transportasi

Biaya transportasi untuk anda dan pasangan mungkin tidaklah mahal. Namun jika anda menginginkan orang-orang tertentu (seperti kakek, nenek, ataupun anggota keluarga lainnya) untuk datang, terkadang anda harus membiayai transportasi mereka. Apalagi jika mereka berada di luar kota.

Pengeluaran untuk transportasi ini bisa sangat besar. Oleh sebab itu, memutar otak wajib dilakukan. Ada beberapa solusi, di antaranya dengan membelikan tiket yang sedang promo.

Sekedar Saran dan Pengingat

Anda diharapkan dapat menghemat cukup banyak uang untuk pesta pernikahan. Dan dengan tips-tips di atas, pastinya pengeluaran dapat dipotong hingga lebih dari 50%. Namun terlepas dari itu semua, pastikan untuk memberikan kesan pernikahan terbaik untuk anda, pasangan, keluarga, dan semua tamu undangan.

Lihat Juga: Mengatur Manajemen Keuangan

Untuk dapat memberikan kesan terbaik untuk semua orang, pastikan merencanakan semuanya dengan lengkap dan sempurna. Membuat daftar keperluan pernikahan dengan detail dan lengkap. Setelah semua keperluan tersebut terdata, langkah selanjutnya adalah mencari cara agar setiap point-point keperluan tersebut dapat terpenuhi namun dengan budget seminimal mungkin.

Jika anda memberikan kesan yang baik dalam pernikahan, tamu undangan tak akan segan untuk memberikan hadiah tambahan. Entah itu berupa amplop, souvenir, ataupun hadiah-hadiah lainnya. Sering mengupload sesuatu yang anda sukai di social media bisa jadi strategi yang baik. Bisa jadi seseorang dari tamu undangan kemudian memberikan hal tersebut sebagai hadiah istimewa untuk anda dan pasangan.

Pesta pernikahan bukanlah kebahagiaan sesungguhnya tetapi keharmonisan rumah tangga adalah kebahagiaan itu sendiri

Pesta pernikahan bukanlah kebahagiaan sesungguhnya tetapi keharmonisan rumah tangga adalah kebahagiaan itu sendiri

Namun yang terpenting dari sebuah pesta pernikahan adalah kebahagiaan anda dan pasangan. Bagaimanapun juga, tidak ada korelasi secara langsung antara biaya pernikahan dan keharmonisan dalam berumah-tangga. Jadi jangan sampai melupakan bahwa yang terpenting adalah membangun rumah tangga yang harmonis, bukan mementingkan ego untuk memiliki kenangan yang indah ketika menikah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *