Menabung sebagai Bagian dari Pola Hidup Irit untuk Tetap Kaya Raya
Pandangan Bahwa Hidup Irit Kunci Tetap Kaya Ternyata Menyesatkan
Agustus 24, 2018
Rasionalitas dalam Mengatur Keuangan Merupakan Kiat Mudah Utama untuk Tetap Hidup Irit
Kiat Hidup Irit Paling Rasional dan Mudah Dilakukan
Agustus 27, 2018

Cara dan Pola Hidup Irit Ibu Rumah Tangga di Berbagai Negara

Penerapan Pola Hidup Irit Ibu Rumah Tangga di Berbagai Belahan Negara

Penerapan Pola Hidup Irit Ibu Rumah Tangga di Berbagai Belahan Negara

Menerapkan pola hidup irit adalah seseuatu yang wajib bagi seorang ibu rumah tangga agar seluruh kebutuhan pokok tercukupi. Namun selalu saja ada kendala untuk melakukannya. Karena masalah selalu ada.

Nah, di artikel ini semoga membantu untuk memahami cara-cara mengatur keuangan dan mengatasi persoalan yang muncul ketika mencoba hidup irit. Silahkan membaca dan semoga jadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Pola hidup Irit Ibu Rumah Tangga di Berbagai Negara Asia

Setiap ibu rumah tangga di berbagai negara memiliki pemahamannya masing-masing bagaimana menerapkan cara hidup hemat. Dan cara-cara tersebut sedikit banyak berlaku universial. Dengan kata lain, kita yang berada di Indonesia pun bisa menerapkan hal yang sama.

Nah, beberapa pola hidup tersebut antara lain adalah:

Jepang
Di Jepang, ibu rumah tangga akan selalu menyimpan bon belanja. Penyimpanan ini untuk memastikan bahwa setiap pembelian harganya memang susah sesuai. Juga untuk membandingkan harga setiap item antara toko yang satu, dengan toko yang lainnya. Jadi tidak heran jika banyak ibu rumah tangga di Jepang membeli ke beberapa supermarket, padahal item-item yang dibeli sebenarnya bisa didapatkan di 1 supermarket saja.

Dari pola hidup irit ibu rumah tangga di Jepang ini, kita bisa mencontoh perilaku agar membandingkan harga yang ditawarkan oleh toko yang 1 dengan toko yang lainnya. Juga untuk selalu menyimpan bon, agar dapat dicheck kembali kesesuaian harganya.

China
Untuk para istri di dataran Tiongkok, secara tradisi mereka akan menerapkan pola hidup hemat dengan cara tidak terlalu memperdulikan gengsi akan merk. Selama suatu barang memiliki manfaat dan kualitas yang serupa, atau hampir serupa, mereka pasti membelinya.

Pola hidup ini cukup cocok untuk diterapkan di Indonesia. Dengan melakukan hal ini, biasanya bisa memotong pengeluaran hingga lebih dari 50%.

India
Ibu rumah tangga di India seringkali melakukan pengeluaran yang begitu besar. Karena ada beberapa perayaan yang memang membutuhkan biaya tinggi, seperti Dilwali, pesta pernikahan, dan hari-hari keagamaan, Namun dibalik semua kemewahan dan pengeluaran itu, ibu rumah tangga di India bertugas untuk menghitung secara rinci setiap kebutuhan acara. Dan adalah hal yang wajib bagi seorang istri untuk menekan pengeluaran dengan mendetailkan apa-apa saja yang dibutuhkan, di mana bisa membelinya dengan harga yang paling cocok, dan melakukan penawaran sampai ke titik harga terendah.

Apa yang dilakukan ibu rumah tangga di India cocok diterapkan oleh ibu rumah tangga di Indonesia. Pola hidup irit yang mereka lakukan bisa diterapkan ketika hendak merayakan pesta pernikahan, ataupun perayaan kelulusan.

Pola hidup Irit Ibu Rumah Tangga di Berbagai Negara Eropa

Sebagai sebuah benua yang diisi negara-negara maju, pola pikir ibu rumah tangga di negara inipun agak berbeda dengan negara-negara Asia lainnya. Selain pola pikir bahwa mencari uang bukan hanya tanggung jawab suami, ada beberapa lagi pola hidup yang mereka lakukan.

Adapun beberapa pola hidup irit tersebut antara lain:

Italia
Di negara ini, seorang istri memiliki hak 100% untuk mengatur keuangan seorang suami. Dan seorang istri memili tanggung jawab yang besar untuk memaksimalkan pendapatan yang ada agar mencukupi semua kebutuhan. Nah, pola hidup irit ibu rumah tangga di Italia biasanya berpusat pada 3 kebutuhan pokok, yaitu sandang, pangan, dan papan.

Untuk urusan pakaian, seorang ibu rumah tangga biasanya akan menjahit sendiri pakaian yang robek, kancing terputus, ataupun mencuci sendiri pakaian yang kotor. Bagi kebanyakan orang Italia, mengurus pakaian dan penampilan harus dapat dilakukan sendiri sebab merupakan hal yang bersifat pribadi, dan mudah dilakukan.

Lihat Juga: Mengatur Keuangan Anak Muda

Untuk urusan makanan, biasanya seorang ibu rumah tangga akan memasak sendiri dengan bumbu dan bahan-bahan seadanya. Namun agar hemat, biasanya mereka menyetok cukup banyak bahan makanan yang awet untuk disimpan lama, seperti telur dan pasta. Tujuannya adalah agar bisa menghemat hingga 30% karena membeli dalam jumlah cukup banyak, akan memberikan potongan harga yang cukup besar.

Dan untuk urusan tempat tinggal, biasanya akan sangat ketat dalam urusan penggunaan listrik, air bersih, dan sewa tempat.

Inggris
Sebenarnya banyak ibu rumah tangga di Inggris yang mulai boros dan tak mampu mengatur keuangan. Namun pada dasarnya, mereka memiliki tradisi pola hidup irit ibu rumah tangga yang sangat ketat. Pola hidup irit tersebut meliputi mengerjakan seluruh pekerjaan rumah sendiri, mencari pekerjaan sampingan, dan mulai berinvestasi.

Ya, ibu rumah tangga di Inggris dituntut untuk tahu bahwa hidup irit bukan sekedar soal menyimpan uang, namun juga meningkatkan pendapatan. Oleh sebab itu, tak heran banyak investasi di Inggris yang menyasar ibu-ibu rumah tangga. Beberapa investasi yang disukai di sana adalah asuransi, fintech lending, dan pasar saham.

Nah itulah beberapa pola hidup irit di beberapa negara yang biasa dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Semoga informasi ini menjadikan anda menjadi ibu rumah tangga yang semakin memahami bagaimana mengurus keuangan dengan sebaik mungkin. Terimakasih sudah membaca, dan semoga artikel cara hidup irit ibu rumah tangga di berbagai negara ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *