Mempelajari Strategi Perang Sun Tzu Dalam Bisnis dan Keuangan

Anda mungkin heran bagaimana strategi perang Sun Tzu dalam bisnis ternyata relevan. Bahkan membantu mengatasi masalah keuangan. Hal tersebut tidak mengherankan, mengingat kehebatan Sun Tzu tidak hanya terletak pada jumlah strategi yang dimilikinya.

Strategi-strategi Sun Tzu terkenal juga akan kefleksibelannya dalam mengatasi masalah di berbagai sektor. Misanya masalah-masalah pada sektor:

  • Medan perang
  • Administrasi publik
  • Perencanaan
  • Politik
  • Diplomasi
  • Negosiasi antar kerajaan
  • Hingga masalah ekonomi, keuangan, dan perdagangan

Semua itu menjadikannya adalah salah satu figur penting dalam wawasan kebudayaan, ilmu pengetahuan, sastra, dan prinsip hidup. Pada dasarnya, prinsip hidup Sun Tzu sendiri selalu didasarkan pada pentingnya mengikuti keadaan dan kemampuan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Ya, prinsip beradaptasi dengan perkembangan zaman inilah yang selalu mendasari berbagai pemikiran beliau. Maka tak heran, apapun filsafat yang ditelurkannya, kita yang hidup di zaman inipun merasa bahwa hal tersebut relevan. Karena prinsip yang beliau buat, adalah prinsip yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman itu sendiri. Bersifat universal, dan tak lekang oleh waktu.

Nah, sebelum kita berbicara mengenai strategi perang Sun Tzu dalam bisnis, kita perlu mengetahui beberapa bahwa seluruh bisnis harus diawali dengan perencanaan finansial yang kuat. Oleh sebab itu, sebaiknya andapun tahu bagaimana Sun Tzu mengajarkan cara mengatur keuangan dengan baik.

Tips Pengelolaan Finansial dari Sun Tzu

Jangan heran jika banyak pengikut filsafat Sun Tzu berhasil dalam hal bisnis dan keuangan. Karena memang tips-tips nya ampuh dan relevan di sepanjang waktu.

Berikut ini beberapa tips Sun Tzu dalam mengelola keuangan yang bisa anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Kelola Keuangan Dengan Baik Berapapun Jumlahnya

Ada beberapa orang yang menganggap uang sedikit sebagai sesuatu yang tak berharga. Oleh sebab itu, dibelanjakan begitu saja. Padahal pengelolaan finansial yang baik, perlu dilakukan meskipun pendapatan anda sangat rendah.

Ini bukan soal menyimpan uang dan menjadikan pengeluaran lebih sedikit. Namun lebih kepada “habit” atau kebiasaan untuk mengelola uang dengan baik. Tidak mungkin anda bisa mengikuti strategi perang Tsun Zu untuk memajukan bisnis, jika anda saja belum bisa mengelola keuangan dengan baik.

Dengan mampu menghargai yang kecil, anda bisa melihat setiap detail dalam berbagai hal. Dan dapat sigap melihat peluang, dan menghindari masalah yang mungkin datang di masa depan.

Coba saja lihat bagaimana orang kaya banyak yang begitu menghargai uang kembalian yang kurang 500 perak. Bukan karena mereka pelit. Karena pada kenyataannya, sumbangan mereka di tempat ibadah biasanya begitu besar. Tidak percaya?

Persiapan yang Matang Adalah Kunci dari Semuanya

Sun Tzu pernah memberikan nasehat dalam salah satu strategi perangnya “Jenderal yang kalah perang adalah yang melakukan sedikit perhitungan sebelumnya”. Dan inipun berlaku ketika anda hendak mengatur keuangan pribadi maupun keuangan dan pengembangan bisnis anda.

Perhitungan yang matang akan menghasilkan:

  • Simpanan uang yang aman tanpa membuat masalah
  • Adanya investasi yang aman dan memberikan keuntungan secara simultan
  • Kepastian keuangan dan perkembangan bisnis yang signifikan

Sementara itu, perhitungan yang terburu-buru akan menyebabkan kerugian. Akh, hal seperti ini siapapun pasti sudah memahaminya bukan? Jadi tak perlu diperpanjang.

Ada beberapa contoh perhitungan matang dalam pengaturan keuangan. Salah satunya ketika memilih kartu kredit. Anda bisa memilih di antara kemudahan yang ditawarkan kartu kredit, atau biaya-biaya yang akan dibebankan kepada anda karena memiliki kartu kredit.

Atau ketika teman/kerabat mengajak untuk ikut dalam sebuah investasi. Andapun harus melihat dengan matang apakah ikut dalam investasi tersebut. Atau menjauhi investasi yang dimaksud. Semua hal tersebut memerlukan perhitungan yang matang.

Jangan Ada yang Ditunda, Lakukan Dari Sekarang

Sun Tzu memang menganjurkan setiap orang untuk berhati-hati. Mengambil keputusan dalam segala hal dengan sebijak mungkin. Namun di sisi lain, Sun Tzu tidak menyukai hal yang lambat dan bertele-tele.

Oleh sebab itu, salah satu strategi perang Sun Tzu adalah “Kecepatan adalah Inti dari Perang”.

Apa artinya? Artinya, anda harus berpikir dan memutuskan segala sesuatu dengan cepat namun tetap bijak. Nah, hal inipun berlaku dalam dunia bisnis dan usaha. Bahkan seorang Bill Gates yang notabene hidup ribuan tahun setelah Sun Tzu-pun mengamini strategi perang ini.

Bill Gates mengatakan” Jika anda menyadari sedang ada dalam masalah, maka anda sudah terlambat untuk menyelamatkan diri.”

Itulah beberapa strategi perang Sun Tzu yang bisa diterapkan dalam bisnis dan keuangan anda. Semoga hal ini bisa bermanfaat. Salam hangat dari kami yang juga belajar untuk terus memberikan informasi bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.