Cara Menabung Uang Receh yang Benar Menurut Warren Buffet

Jika cara menabung uang receh dilakukan dengan benar, uang akan cepat menjadi banyak. Warren Buffet telah sukses membuktikan hal ini. Oleh sebab itu, anda juga bisa meniru cara yang dilakukan oleh beliau.

Ya, uang receh walaupun dianggap remeh namun ternyata dapat berkembang menjadi lebih banyak jika benar dalam cara menabungnya. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu bagaimana melakukannya, ataupun tidak memiliki kemauan untuk melakukannya.

Cara Menabung Uang Receh Ala Warren Buffet

Panduan Cara Menabung Uang Receh Menurut Warren Buffet

Walaupun dikenal memiliki uang yang sangat banyak dan bisnis yang menjamur, nyatanya Warren Buffet sangat menghargai uang berapapun nominalnya. Bukan berarti terlalu mencintai uang, namun Warren Buffet menganggap kesuksesan bisa dicapai jika tidak meremehkan yang kecil, termasuk uang receh.

Warren Buffet memiliki pandangan tersendiri bagaimana seharusnya menabung uang receh yakni dengan:

Tabung di Bank

Kebiasaan seseorang adalah menabung uang receh di celengan. Ketika uang sudah banyak maka tabungan tersebut akan langsung digunakan untuk membeli barang yang diinginkan. Warren Buffet dalam bukunya menyarankan jika sudah menabung di celengan dan jumlahnya sudah cukup banyak, segeralah bawa uang tersebut ke bank. Tujuannya adalah agar nominal uang bisa bertambah.

Beliau juga menyarankan daripada uang celengan berisi receh tersebut dipecahkan untuk langsung digunakan, lebih baik tabung dahulu uang tersebut selama 1 bulan atau lebih di bank. Tujuannya bukan sekedar untuk mencari bunga tabungan namun untuk mengetahui apakah barang yang ingin dibeli dengan uang tabungan tersebut benar-benar kita butuhkan. Biasanya setelah uang ditahan selama 1 bulan, kita akan menyadari atau berubah pikiran terhadap keinginan membeli suatu barang.

Lihat Juga: Untung Rugi Menabung di Bank

Pindahkan dalam Bentuk Saham

Warren Buffet juga sangat menyarankan uang receh yang telah ditabung tersebut untuk digunakan sebagai modal berinvestasi saham. Memang bermain saham memiliki tingkat risiko. Oleh sebab itu, ada beberapa tips yang disarankan oleh Warren Buffet.

Tips pertama adalah cobalah cari saham yang memiliki tingkat pertumbuhan yang stabil dalam 3 tahun terakhir. Uang receh yang digunakan untuk membeli saham tersebut akan meningkat karena pertumbuhan nilai saham.

Tips kedua adalah cari saham dengan pemberian deviden yang stabil. Gunakan setiap recehan yang telah dikumpulkan dan tabung ke ekuitas saham untuk membeli saham yang rutin membagikan deviden.

Lihat Juga: Cara Bermain Saham untuk Pemula

Investasikan dalam Bentuk Peer 2 Peer Lending

Peer 2 peer lending adalah platform fintech yang memungkinkan setiap orang untuk meminjamkan uang kepada orang lain dalam jangka waktu tertentu. Uang tersebut kemudian bisa berkembang dalam bentuk imbal hasil. Warren Buffet menilai hal ini adalah suatu bentuk perkembangan keuangan di era modern yang harus dimanfaatkan dengan baik.

Namun diingatkan juga bahwa potensi gagal bayar sangat tinggi jika memilih cara menabung uang receh adalah dengan memasukkannya ke platform peer 2 peer lending. Oh iya, untuk memulai investasi di fintech yang menyediakan peer 2 peer lending bisa dengan modal mulai dari 100 ribuan. Tetapi pastikan legalitas fintech agar investasi di peer 2 peer lending menjadi lebih aman dan nyaman.

Lihat Juga: Cara Investasi Peer to Peer Lending

Ditabung untuk Disedekahkan

Warren Buffer memiliki jiwa filantropis. Oleh sebab itu, beliau juga menganjurkan cara menabung uang receh adalah dengan mendonasikan uang tersebut. Pilihan ini bukan sekedar untuk mendapatkan amal pahal atau sejenisnya. Pilihan ini diambil Warren Buffet jika memang uang receh tersebut merepotkan untuk ditabung ataupun repot untuk dikelola dalam bentuk saham atau lainnya. Jika hal tersebut terjadi maka lebih baik disedekahkan saja. Namun bukan berarti uang receh tersebut langsung begitu saja disedekahkan.

Adapun Warren Buffet menyarankan untuk menabung terlebih dahulu uang tersebut hingga terkumpul dalam jumlah yang dirasa cukup untuk kemudian disalurkan ke panti asuhan, ataupun badan amal atau donasi lainnya. Mengapa harus ditabung dan dikumpulkan terlebih dahulu?

Ternyata tujuan uang receh ditabung dahulu sebelum diberikan sebagai amal atau donasi adalah untuk merangsang rasa sabar terhadap uang sehingga melatih diri untuk menghargai uang tersebut. Selain itu, rasa ikhlas akan lebih terpupuk ketika uang receh ditabung dan menjadi banyak baru kemudian diserahkan kepada yang membutuhkan.

Lihat Juga: Aplikasi untuk Sedekah

Segera Gunakan untuk Berbelanja

Saat ada uang receh, ada baiknya uang tersebut segera dibelanjakan. Terutama jika merasa untuk mengumpulkan 10 dollar (sekitar 140 ribu rupiah) saja akan memakan waktu lebih dari 1 bulan. Mengapa lebih baik digunakan untuk belanja saja?

Nilai uang cenderung mengalami penurunan nilai seiring dengan waktu akibat adanya inflasi. Uang 2000 rupiah saat ini mungkin akan berbeda nilainya dibandingkan beberapa bulan kedepan. Oleh sebab itu, jika uang recehnya memang hanya sedikit, lebih baik dibelanjakan agar tidak mengalami inflasi. Namun pastikan penggunaan uang tersebut benar-benar untuk hal yang bermanfaat atau benar-benar dibutuhkan.

Beberapa contoh penggunaan uang receh yang benar dalam berbelanja adalah:

  • Membayar parkiran motor
  • Membayar barang dengan nominal yang tepat sehingga uang kembalian tidak diganti permen

Lihat Juga: Penghasilan Tukang Parkir Liar

Demikianlah cara menabung uang receh sehingga manfaatnya bisa didapatkan dengan optimal. Walaupun uang receh, jika ditabung dengan benar dan dipergunakan dengan baik ternyata dapat berkembang dan menjadi jauh lebih banyak. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.