Cara Hidup Hemat Biar Kaya
September 15, 2018
Cara Hidup Hemat Bagi Anak Sekolah
September 15, 2018

Cara Hidup Hemat Ala Jepang

Bila kita melihat negara Jepang, yang terlintas di pikiran kita adalah segala macem kemoderenan dan perkembangan teknologi yang amat pesat. Namun yang mungkin jarang kita tahu, orang Jepang memiliki cara tersendiri untuk hidup hemat dan minimalis. Justru cara hidup hemat ala jepang yang menyukai hal-hal simple ini saat ini malah yang paling digemari di Jepang. Minimalis adalah gaya modern masyarakat Jepang.

Seperti apa sih cara hemat orang Jepang? Inilah beberapa cara yang bisa kita jadikan inspirasi!

Kamar Yang Sederhana

Jika kita membayangkan senang dan merasa nyaman dengan kondisi tempat tidur spring bed yang empuk dan mahal bak kamar hotel, maka tidak demikian dengan prinsip hidup orang Jepang. Mereka lebih memilih dan merasa nyaman dengan kasur lantai yang biasa mereka sebut dengan futon. Kebiasaan tidur di kasur futon ini merupakan kebiasaan masyarakat Jepang yang sudah turun menurun. Bila dibandingkan dengan kasur spring bed, kasur lantai ini tidaklah lebih empuk, namun orang Jepang lebih merasa nyaman dan mereka juga percaya ini baik untuk kesehatan.

Tidak Hedon Dalam Berbelanja Baju

Mungkin kita akan senang dengan banyaknya koleksi baju di lemari kamar kita. Apalagi untuk para wanita, memiliki baju yang banyak pun kadang maish terasa kurang. DItambah dengan banyaknya diskon di mall, pasti keinginan untuk berbelanja semakin tinggi. Nah, ini berbeda dengan cara hidup hemat ala Jepang. Mereka tidak suka membeli terlalu banyak pakaian. Mereka lebih suka menyimpan pakaian yang seperlunya saja. Orang sana tidak gengsian dan orang lain pun tidak akan banyak berkomentar. Bahkan pakaian yang mereka gunakan untuk bekerja setiap hari memiliki warna yang sama dan itu-itu saja.

Menyukai Ruang Minimalis

Salah satu kebiasaan masyakarat Jepang lainnya adalah menyukai ruangan yang simpel dan minimalis. Mereka tidak suka banyak perabotan di dalam rumah. Perabotan yang banyak tersebut menurut orang Jepang justru bisa menyita banyak waktu mereka karena harus bersih-bersih. Padahal waktu tersebut bisa digunakan untuk hal-hal lain yang lebh bermanfaat. Selain itu, dengan membeli banyak perabotan yang kurang berguna juga termasuk pemborosan.

Menggunakan Peralatan Makan Secukupnya

Ada lagi satu kebiasaan kita yang berbeda dengan orang Jepang. Yaitu dalam hal membeli peralatan makanan sehari-hari. Coba kita ingat-ingat lagi, ada berapa banyak alat makan yang kita sediakan di dapur. Bisa jadi piring, gelas, sendok, dan lain-lain jumlahnya ada lebih dari 1 lusin. Nah, sebenarnya tidak semua alat-alat itu digunakan kan?

Lihat Juga: Cara Hidup Hemat Biar Kaya

Nah, inilah yang tidak dilakukan orang Jepang. Cara hidup hemat ala jepang, mereka sengaja membatasi pembelian alat makan yang terlalu banyak. Jumlah alat makan bahkan bisa jadi hanya sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Menggunakan Alat Kamar Mandi Seadanya

Berbeda dengan kita yang senang sekali meletakkan pasta gigi, sikat dan sabun dalam rak-rak dengan berbagai macam model, hal ini tidak dilakukan oleh orang Jepang. Mereka lebih melihat ke fungsi dan kebutuhan. Jika menurut mereka sudah cukup untuk meletakkan sikat gigi di tepian kamar mandi, maka mereka tidak membutuhkan alat-alat lain.

Orang Jepang yang modern ternyata tidak selalu bergaya hidup mewah ya? Modern bukan berarti mahal juga. Dengan inspirasi gaya hidup orang Jepang ini, kita bisa menjadi lebih hemat lo.. semoga informasi cara hidup hemat ala jepang ini bermanfaat. Sampai jumpa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *