Pelajari Alasan Anda Kerja Terus Tapi Tetap Miskin dan Bagaimana Solusi Mengatasinya
Penyebab Sudah Kerja Terus Tapi Tetap Miskin dan Solusinya
Februari 3, 2019
Jangan Mudah Teriak Tolong Bantu Saya Bayar Hutang Namun Percayalah Anda Dapat Melunasinya Sendiri
Solusi untuk Anda yang Berteriak “Tolong Bantu Saya Bayar Hutang”
Februari 5, 2019

5 Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk dengan Mudah

Panduan dan Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk dengan 5 Langkah Mudah

Panduan dan Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk dengan 5 Langkah Mudah

Tetaplah optimis karena cara mengatasi hutang yang menumpuk sebenarnya ada. Dan ternyata sangat mudah untuk dipraktekkan. Ini caranya.

Berhutang memang tidak baik, namun terkadang perlu dilakukan. Nah, kadangkala kita kesulitan untuk melunasi hutang. Dan celakanya justru terjebak dalam skema “Gali Lubang, Tutup Lubang”. Akibatnya, bukan hutang yang berkurang, justru semakin menumpuk.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ternyata ada caranya loh!

Panduan Cara Mengatasi Hutang yang Menumpuk

Pada dasarnya mengatasi hutang yang menumpuk adalah dengan melunasinya. Semua orang tahu hal tersebut. Namun bagaimana mendapatkan uang dalam sekejap untuk melunasi utang-utang yang sudah menumpuk tersebut?

Ternyata caranya sangat sederhana, yakni dengan melakukan 5 cara untuk melunasi hutang menumpuk berikut ini:

Hilangkan Pengeluaran Buruk dan Konsumtif

Ada 2 jenis pengeluaran. Yang pertama adalah pengeluaran yang baik dan yang kedua adalah pengeluaran buruk. Pengeluaran buruk ini harus dibuang sehingga pendapatan bisa disisihkan lebih besar untuk melunasi hutang.

Apa saja yang dimaksud dengan pengeluaran buruk ini? Segala sesuatu yang bersifat konsumtif adalah pengeluaran yang buruk loh. Misalnya makan-makanan mahal. Atau kebiasaan jalan-jalan untuk “have fun” dengan teman.

Pokoknya, selama anda masih memiliki hutang, kurangi bersenang-senang. Fokuslah untuk mencari cara melunasi hutang-hutang anda yang menumpuk ini.

Jaga Kesehatan

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan. Karena dalam situasi hutang menumpuk, jatuh sakit adalah hal yang sering terjadi. Baik karena stress dan banyak pikiran, ataupun karena terlalu berhemat sehingga lalai akan asupan gizi ke tubuh.

Jangan sampai ketika situasi ekonomi sedang tidak baik, kesehatan justru drop. Bagaimanapun juga berobat itu mahal. Namun tidak mampu beraktivitas dengan baik adalah kerugian yang jauh lebih besar.

Mari Lanjut Berhutang

Oke, persiapan sudah selesai. Mari kita lanjut ke tingkat yang lebih tinggi. Cara melunasi hutang dengan mudah walaupun hutang tersebut sudah sangat menumpuk.

Hutang anda memang sudah menumpuk. Gali lobang tutup lobangpun sebaiknya dihindari. Karena akan menjerat anda untuk semakin banyak hutang. Namun bukan berarti anda tidak boleh berhutang!

Justru dalam situasi ini, kembali berhutang adalah solusi termudah. NAMUN ada hal yang perlu diperhatikan di sini. PASTIKAN ANDA TIDAK BERHUTANG UNTUK MENUTUP HUTANG. Hindari gali lubang tutup lubang. Mari gunakan uang tersebut untuk berinvestasi.

Gunakan Uang Hutang Sebagai Modal Investasi

Uang yang anda dapatkan harus digunakan untuk diputar kembali dan menghasilkan lebih banyak uang. Ada beberapa investasi yang menjadi solusi cepat mendapatkan uang, di antaranya:

  1. Membeli motor second
    Dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan sampingan. Misalnya untuk kerja sampingan sebagai ojek online. Atau bisa digunakan untuk disewakan kepada tetangga yang tidak memiliki motor namun ingin bekerja sebagai pengemudi ojek online.
  2. Bisnis jual beli online
    Di zaman digital sekarang ini, berjualan online dapat membantumu mendapatkan puluhan juta per bulannya. Cobalah untuk menjadi reseller sebuah produk. Cukup upload produk-produk tersebut ke toko online.Bingung hendak menjual apa? Cobalah untuk mencari reseller apa saja. Kunci terpenting kesuksesan berjualan secara online adalah upload semua produk ke ecommerce, dan sering share toko onlinemu ke teman ataupun grup-grup di facebook! Lakukan saja, dan buktikan hasilnya.
  3. Tanam modal ke usaha teman
    Masih bingung mengenai cara berjualan online? Tidak paham bagaimana caranya untuk meyakinkan customer agar membeli produk anda?Cara mengatasi hutang yang menumpuk selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan gunakan uang hutang sebagai modal anda berinvestasi. Mungkin ada teman anda yang ingin berjualan online. Ingin import barang, namun dia tidak memiliki modal. Mengapa tidak joinan saja dengan dia dengan pembagian hasil. Keuntungan jual barang import bisa lebih dari 300% modal loh!

Selain ketiga investasiĀ  di atas, anda bisa memilih jenis investasi lainnya. Namun pastikan anda memilih investasi yang jelas cara kerjanya. Jangan sampai uang anda justru hilang sia-sia sehingga makin terjebak dalam hutang yang semakin menumpuk.

Lunasi Hutang Segera

Setelah perputaran uang sudah jelas, maka langkah selanjutnya adalah melunasi hutang-hutang. Pastikan hutang tersebut terbayarkan sebelum bunganya semakin membengkak. Namun dalam pelunasan hutang ini ada prosedur dan tips yang perlu dilakukan.

Tips tersebut antara lain adalah:

  • Pastikan bayar hutang walaupun harus dengan mencicil karena kondisi investasi anda belum stabil
  • Gunakan hanya keuntungan investasi untuk melunasi hutang
  • Jangan langsung menggunakan seluruh keuntungan, sisihkan sebagian untuk menambah modal
  • Dan sisihkan sebagian lagi dari keuntungan untuk beramal dan berbagi rasa syukur.

Namun bagaimana jika investasi yang dipilih macet dan bermasalah? Bukankah hutang akan semakin menumpuk? Jangan takut, karena selama hutang-hutang anda sebelumnya anda coba lunasi dengan mencicil, anda akan tetap diterima untuk kembali berhutang dan kembali mendapatkan modal dari dunia perbankan.

Triknya adalah: jangan pernah bilang anda sedang merugi. Cukup katakan ” Butuh suntikan modal untuk mengembangkan omset di angka yang lebih besar“.

Demikianlah beberapa solusi untuk mengatasi hutang anda yang sudah melilit dan menumpuk banyak. Semoga cara mengatasi hutang yang menumpuk ini bermanfaat dan utamanya segera anda coba praktekkan. Dan ingatlah, jangan lagi terjebak dalam hutang-hutang yang tak bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *