5 Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Pinjam Uang Tanpa Riba

Beberapa tempat memberikan layanan pinjam uang tanpa riba dan dengan persyaratan yang sederhana.  Misalnya cukup membawa KTP elektronik. Bahkan beberapa tempat yang direkomendasikan berikut ini bisa memberikan pinjaman dalam jumlah yang cukup besar.

Walaupun demikian, agar pinjaman ini benar-benar membawa berkah, pastikan untuk menggunakan pinjaman hanya untuk hal-hal yang halal dan baik. Jangan menggunakan pinjaman untuk kebutuhan konsumtif yang notabene akan membebani anda ketika harus melakukan pelunasan.

Solusi Terbaik Pinjam Uang Tanpa Riba

Ada beberapa tempat yang bisa menjadi solusi bagi anda yang sedang membutuhkan pinjaman dana. Tempat berikut memiliki keunggulan memberikan pinjaman uang tanpa riba dan dengan persyaratan cukup sederhana.

Adapun tempat pinjam uang tanpa riba yang bisa anda pilih diantaranya adalah:

  1. Bank Syariah

    Pinjaman Dana Melalui Bank Syariah
    Perbankan syariah sudah bekerjasama dengan MUI untuk memberikan layanan pinjaman yang tidak tergolong kedalam riba. Pinjaman di Bank Syariah tergolong tanpa riba karena sistem pinjam meminjamnya cukup berbeda dengan bank konvensional.

    Jika di bank konvensional ada bunga pinjaman yang merupakan riba, di bank syariah tidak ada bunga pinjaman. Di bank syariah menerapkan sistem bagi hasil dan bagi resiko sehingga menurut para ulama hal ini tidak tergolong dalam riba.

    Untuk meminjam uang di bank syariah, cukup datang ke bank syariah terdekat dengan domisili anda. Ajukan pembuatan rekening, lalu anda bisa mengajukan pembuatan pinjaman syariah. Detail lebih pastinya akan dijelaskan oleh pihak bank syariah.

  2. Aplikasi Pinjaman Online Syariah

    Finansial Technology Berbasis Syariah
    Kebanyakan pinjaman online memberikan bunga mencekik. Namun ternyata pinjaman online berbasis syariah itu ada. Pinjaman online biasanya adalah perusahaan fintech berbasis Peer to Peer (P2P) lending syariah.

    Untuk pemberi pinjaman, keuntungan yang didapatkan dari memberi pinjaman adalah berupa pahala memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan, sekaligus keuntungan dari adanya biaya sewa manfaat atas barang dan jasa yang dibeli dengan uang pinjaman. Misalnya anda meminjam 5 juta untuk membeli laptop. Maka selain wajib mencicil hutang, anda akan dikenakan biaya sewa laptop sebesar 10 ribu rupiah per harinya.

    Untuk mendapatkan layanan pinjol berbasis syariah, anda bisa mencari aplikasi-aplikasi pinjol syariah di aplikasi play store. Setelah menginstal aplikasi, silahkan mengisi data diri dan ajukan saja pinjaman yang anda butuhkan. Semakin lengkap data anda, dan jika memang pinjaman anda adalah pinjaman untuk hal bermanfaat maka anda pasti akan mendapatkan pinjaman tanpa riba ini.

  3. Pegadaian Syariah

    Pegadaian Syariah sebagai Tempat Pinjam Uang Tanpa Riba
    Sarana pinjam uang tanpa riba selanjutnya adalah dengan mendatangi pegadaian syariah. Perbedaan pegadaian biasa dengan pegadaian syariah adalah cara mengambil keuntungan dari peminjam dana.

    Pada pegadaian konvensional, ada bunga pinjaman yang diberikan oleh pegadaian. Namun pada pegadaian syariah, peminjam akan dikenakan biaya pemeliharaan barang jaminan yang digadaikan. Jadi pada pegadaian syariah, anda akan membayar cicilan hutang ditambah jasa sewa gudang untuk penyimpanan dan pemeliharaan barang yang telah anda titipkan.

    Sudah cukup banyak pegadaian syariah di sekitar kita. Silahkan datang ke pegadaian syariah dengan membawa barang yang hendak anda gadaikan.

  4. Kartu Kredit Tanpa Bunga

    Kartu Kredit Tanpa Bunga
    Kartu kredit sangat identik dengan riba karena pinjaman kartu kredit memberikan bunga berbunga. Otomatis hal ini termasuk kedalam riba. Sebenarnya banyak juga kartu kredit yang memberikan pinjaman kredit tanpa bunga. Karena tanpa bunga, otomatis kita bisa mengatakan bahwa peminjaman terhadap kartu kredit tersebut bukanlah riba.

    Tetapi memang ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa walaupun tanpa bunga, kartu kredit yang dikeluarkan oleh institusi berbasis riba tetaplah haram. Sebagai solusinya, anda bisa mencoba menggunakan kartu kredit syariah yang telah difatwa MUI boleh digunakan selama mengikuti ketentuan fatwa DSN-MUI no.54/DSN-MUI/X/2006.

    Keuntungan dari kartu kredit syariah didapatkan bukan dari membebankan bunga pada peminjam. Bank syariah mendapatkan keuntungan dari iuran anggotan yang wajib dibayarkan oleh anggota untuk dapat tetap menggunakan kartu kredit.

  5. Pinjam Uang Tanpa Riba dari Teman dan Sanak Keluarga

    Pinjam uang kepada teman
    Rekomendasi solusi selanjutnya adalah dengan meminjam uang kepada teman ataupun sanak keluarga. Mereka bisa membantu anda untuk memberikan pinjaman tanpa adanya bunga riba

    Mungkin anda akan kesulitan dalam meminjam uang karena mereka ragu uang yang anda pinjam akan dikembalikan. Untuk itu, sangat disarankan untuk memberikan jaminan. Dengan demikian, mereka juga akan bisa memberikan pinjaman dengan tenang.

    Pinjaman kepada sanak saudara memang bisa tanpa riba. Namun jangan sampai pinjaman yang kita lakukan bersifat hanya menguntungkan kita, dan merugikan mereka. Loooh bukankah kita mengembalikan dana sesuai nominal peminjaman? Ya memang kita mengembalikan sesuai nominal peminjaman, namun ada beberapa kerugian yang sebenarnya dialami pemberi pinjaman.

    Kerugian pertama pemberi pinjaman adalah adanya resiko inflasi. Uang yang anda kembalikan walaupun jumlahnya sama-sama 10 juta, namun nilainya mungkin berbeda. Sebagai contoh ketika anda meminjam uang 10 juta bisa membeli 11 gram emas, namun saat anda mengembalikan uang tersebut nilainya hanya setara dengan 10 gram emas.

    Kerugian kedua adalah bahwa pemberi pinjaman sebenarnya bisa memanfaatkan uang tersebut untuk diputar sebagai modal usaha. Artinya, meminjamkan uang pada anda sebenarnya mereka ada kerugian.

    Oleh sebab itu, sangat penting untuk berterimakasih kepada sanak saudara saat anda diberi pinjaman dan setelah anda melunasi hutang tersebut. Selain dengan ucapan terimakasih, ada baiknya juga memberikan oleh-oleh ringan seperti buah, ataupun parsel sederhana. Dengan demikian, silahturahmi bukan hanya tetap terjalin namun juga semakin erat.

Lihat Juga: Cara Meningkatkan Omset Penjualan

Itulah beberapa pilihan ketika anda ingin pinjam uang tanpa riba dan tanpa ribet. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan kepada mereka yang sedang membutuhkan dana yang halal dan syari.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.