Penyebab Mengapa Saldo di ATM dan Buku Tabungan Berbeda

Tetap tenang saat saldo di atm dan buku tabungan berbeda jauh. Ada beberapa penyebab dan langkah yang harus segera dilakukan. Langkah yang perlu dilakukan bisa berbeda tergantung penyebab mengapa hal ini bisa terjadi.

Namun saran terbaik yang bisa dilakukan adalah menghubungi layanan customer service di bank atau kantor cabang terdekat. Dengan demikian, anda bisa meminta dilakukan pembaharuan data.

Penyebab Saldo di ATM dan Buku Tabungan Berbeda

Bingung dengan Perbedaan Antara Buku Tabungan dan Saldo di Mesin ATM

Jika saldo di ATM jauh lebih besar daripada yang tertulis di buku tabungan, kita tentu akan merasa bahagia. Tetapi jika saldo di ATM jauh lebih kecil daripada buku tabungan ataupun dari yang kita hitung sebelumnya, tentu hal ini membuat resah. Adapun beberapa kemungkinan penyebab perbedaan saldo atm dan buku tabungan antara lain:

  1. Selisih Uang Mengendap

    Biasanya di ATM menampilkan hanya total nilai uang yang bisa ditarik. Sementara di buku tabungan akan menampilkan seluruh saldo rekening, termasuk dana mengendap yang tidak bisa kita tarik di mesin ATM. Besarannya biasanya adalah Rp50.000,00. Hal ini menjadi penyebab paling sering mengapa saldo di atm dan buku tabungan berbeda jumlahnya.

  2. Ada Bunga ataupun Potongan Biaya Admin

    Nominal di buku tabungan tidak langsung terupdate jika ada perubahan dana keluar masuk. Misalnya ada bunga ataupun ada biaya admin. Maka bisa saja ada selisih dana sebesar bunga ataupun sebesar biaya admin. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengecek history transaksi dengan melakukan pembaharuan cetak buku rekening.

  3. Transaksi yang Belum Tercatat di Buku Tabungan

    Bank selalu berusaha sebisa mungkin mengupdate transaksi sedetail dan setransparan mungkin. Perbedaan saldo antara saldo atm dengan buku rekening mungkin terjadi karena ada transaksi yang belum terprint out ke buku tabungan. Maka dari itu, ketika terjadi perbedaan mencolok nominal uang, silahkan cek detail transaksi 1 bulan bahkan 3 bulan kebelakang dengan mencetak rekening koran. Cek apakah ada transaksi yang menurut anda mencurigakan.

  4. Kesalahan di Mesin Print Out

    Bisa jadi ada kesalahan di mesin print saat cetak buku. Hal ini menyebabkan angka yang tertulis di buku tabungan tidak sesuai dengan nominal yang seharusnya. Misalnya saldo sebenarnya adalah Rp3.000.000,00 namun tercetak Rp3.999.999,99 karena adanya kesalahan pada mesin print. Maka dari itu, saat mencetak buku tabungan kitapun harus mengecek apakah buku tabungan sudah terprint dengan benar.

  5. Kesalahan Sistem pada Perbankan

    Namun bisa jadi perbedaan antara saldo di buku tabungan dengan di atm memang terjadi karena sedang ada masalah di sistem atm tersebut. Misalnya karena mesin atm rusak, atau sistem dari banknya sedang ada suatu masalah. Oleh sebab itu, silahkan menghubungi kontak resmi customer service dari bank tersebut untuk mendapatkan penjelasan.

Tindakan yang Harus Dilakukan

Meminta Print Out untuk Buku Tabungan Terbaru Sehingga Nominal Saldo Lebih Update

Meminta Print Out untuk Buku Tabungan Terbaru Sehingga Nominal Saldo Lebih Update

Jangan panik berlebihan ketika menemukan saldo di atm sangat berbeda dengan apa yang anda yakini selama ini. Jika memang memiliki akses ke internet banking, cobalah cek history transaksi beberapa bulan belakangan. Namun cara terbaik yang disarankan adalah dengan mengunjungi dan berkonsultasi dengan customer service yang ada di kantor cabang bank terdekat.

Jika memang terjadi transaksi-transaksi yang tidak seharusnya terjadi, mintalah saran tindakan apa yang bisa dilakukan agar transaksi tersebut tidak terjadi lagi. Jika diperlukan, mintalah informasi kemana uang tersebut terkirim. Dari sana anda mungkin bisa memilih melaporkan kejadian ini kepada pihak berwenang.

Perlu diingat bahwa kejadian dimana saldo di atm dan buku tabungan berbeda umum terjadi pada mereka yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Membagi akses atm kepada orang lain (baik sadar ataupun tidak)
  • Kurang aktif menggunakan atm dan jarang melihat sisa saldo

Hal-hal tersebut menyebabkan terjadinya kebingungan karena lebih percaya kepada buku tabungan tanpa melihat bahwa selama ini saldo berkurang oleh sebab-sebab tertentu. Maka dari itu, sangat disarankan untuk lebih aktif menggunakan mesin ATM maupun internet banking (ataupun mobil banking) sehingga setiap arus uang di rekening kita bisa terus terpantau.

Lihat Juga: Cara Keluar dari Saham Nyangkut

Semoga informasi penyebab saldo di atm dan buku tabungan berbeda ini bermanfaat untuk kita semua. Jika memang dirasa bermanfaat, silahkan membagikan informasi yang kami berikan ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.