Mau Tahu Apa Untung Rugi Menabung di Bank? Ini Jawabannya

Walaupun aman, namun ternyata ada untung rugi menabung di bank. Maka putuskan dengan bijak sebelum mulai membuka rekening tabungan. Putuskan juga akan membuka rekening di bank apa. Karena beda bank akan ada tawaran fitur dan fasilitas yang berbeda.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang sembarangan dalam membuka tabungan di bank tanpa melihat untung ruginya. Padahal produk tabungan dari tiap bank bisa berbeda-beda. Produk tabungan yang sama bisa dirasa cocok pada saya, namun tidak cocok untuk anda.

Untung Rugi Menabung di Bank

Memahami Untung Rugi Menabung di Bank Akan Bermanfaat Sebelum Memilih Membuka Rekening Tabungan

Memahami untung rugi dari tawaran setiap bank akan membantu anda memahami jenis tabungan seperti apa yang lebih menguntungkan, memudahkan, dan sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, memahami setiap untung rugi juga akan membantu memilih diantara penawaran jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank sehingga tidak akan terjadi kasus dimana anda merasa dijebak atau ditipu oleh marketing bank.

Penasaran? Mari simak penjelasan berikut ini:

Keuntungan Menabung di Bank

Kita semua tentu memahami berbagai kelebihan menabung di bank. Apalagi jika dibandingkan tabungan seperti celengan. Sebenarnya keuntungan menabung di bank masih lebih banyak lagi. Beberapa keuntungan menabung di bank antara lain:

  1. Bunga Tabungan

    Bank akan memberikan bunga tabungan yang akan diberikan setiap bulan. Besarannya berbeda-beda antar bank. Selain itu, semakin besar nominal uang yang ditabung maka semakin besar juga tawaran bunga yang diberikan oleh bank.Jika ingin bunga lebih besar lagi, kita bisa menyimpan uang dalam bentuk deposito. Bunga deposito sangat besar dan tentunya akan lebih menguntungkan daripada disimpan dalam bentuk tabungan biasa.

    Lihat Juga: Suku Bunga Menurut Alkitab

  2. Jauh Lebih Aman

    Menabung di celengan ataupun di dalam lemari atau brankas memang bisa saja aman jika disimpan dengan baik dan benar. Namun risiko seperti pencurian ataupun raya bisa saja terjadi.Menabung di bank akan lebih aman karena nominal uang tidak bisa dimakan oleh rayap. Selain itu, pencurian uang di bank cenderung sangat sulit dilakukan. Jikapun terjadi, bank dan pemerintah akan turun tangan untuk mengembalikan dana yang hilang (jika kehilangan dana bukan terjadi karena kesalahan nasabah).

    Lihat Juga: Cara Menyimpan Uang Kertas Agar Bebas dari Rayap

  3. Terintegrasi dengan Dompet Digital

    Saat ini pembayaran berbagai kebutuhan sehari-hari bisa menggunakan dompet digital. Misalnya memesan barang dari ecommerce, memesan ojek online, ataupun memesan makanan secara online. Untuk mengisi saldo dompet digital tentunya harus menggunakan uang tabungan yang kita simpan di dalam rekening.Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa menbung di bank akan memudahkan kita memiliki akses mengisi dompet digital sehingga dapat berbelanja atau memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih mudah.

    Lihat Juga: Kelebihan dari Dompet Digital

  4. Tabungan Bisa Digunakan Kapan Saja Ketika Dibutuhkan

    Ketika kita berada di luar rumah, tentu tidak mungkin menggunakan uang celengan yang ditaruh di rumah. Namun dengan menabung di bank akan mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk menarik uang di mana saja. Kartu ATM juga bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara debit sehingga lebih praktis dan tidak perlu membawa banyak uang tunai.Tentunya kemudahan ini harus digunakan secara bertanggung jawab. Karena uang tabungan sangat mudah ditarik, kita harus membatasi diri berapa yang boleh ditarik secara total dalam sehari atau dalam sebulan. Dengan demikian tujuan menabung di bank benar-benar untuk menabung.

    Lihat Juga: Mengatasi Kecanduan Belanja Online

  5. Berkesempatan Mendapatkan Hadiah Undian

    Selain mendapatkan bunga, menabung di Bank juga bisa mendapatkan banyak hadiah yang biasanya diundi secara berkala. Hadiahnya juga beragam. Mulai dari barang-barang kebutuhan dapur, hingga motor, mobil, bahkan rumah.Memang harus bersaing dengan ratusan ribu, bahkan jutaan nasabah lainnya, namun kesempatan menang akan selalu ada. Bahkan semakin besar nominal tabungan maka kesempatan menang juga akan semakin besar. Sayangnya hal ini kerap dijadikan kesempatan oleh komploton penipu untuk menipu nasabah dengan iming-iming hadiah dari bank. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak langsung percaya jika mendapatkan hadiah dari bank. Lakukan konfirmasi langsung ke bank jika memang mendapatkan berita memenangkan hadiah dari bank.

    Lihat Juga: Modus Undian Berhadiah

  6. Mendapatkan Penawaran dan Promo

    Keuntungan menabung di bank selanjutnya adalah adanya promo dan penawaran menarik yang tentunya akan menguntungkan. Misalnya cashback jika menabung dalam jumlah tertentu. Atau penawaran cicilan 0 persen dengan memiliki tabungan di bank tertentu.

    Walaupun promo menarik, pastikan untuk berhati-hati terhadap setiap penawaran yang datang. Terutama jika penawaran ini melibatkan hal-hal seperti asuransi, mengubah tabungan jadi investasi, dan tawaran lainnya. Konsultasikan dan tanyakan untung rugi setiap penawaran dan promo yang ditawarkan oleh sales bank kepada pihak lain yang lebih paham agar anda dapat mengambil keputusan dengan benar.

    Lihat Juga: Promo Buka Rekening Bank Online

  7. Keuangan yang Lebih Terdata

    Seringkali perselisihan terjadi di rumah ketika merasa uang tabungan berkurang. Bisa jadi memang ada yang mengambil uang tabungan kita di dalam lemari. Namun bisa jadi kita yang salah menghitung uang atau lupa pernah mengambil sebagian uang tersebut.

    Hal ini tidak akan terjadi jika menabung di bank karena setiap uang yang keluar dan masuk akan terdata dengan baik. Data ini juga bisa kita gunakan untuk melihat pemasukan dan pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan sehingga bisa lebih baik dalam mengontol pengeluaran.

    Lihat Juga: Mengapa Saldo di ATM dan Buku Tabungan Berbeda

  8. Bisa Menabung Sekaligus Berinvestasi

    Bunga bank memang menarik. Namun bunga bank sebenarnya tergolong kecil. Apalagi mengingat tingkat inflasi (penurunan nilai mata uang) lebih tinggi daripada nilai bunga. Maka dari itu, tabungan bisa diubah dari tabungan biasa menjadi bentuk investasi yang memiliki tingkat pengembalian uang yang lebih besar. Misalnya deposito, atau bahkan reksadana.

    Jika memilih deposito, uang akan dipegang oleh bank selama beberapa waktu lamanya. Uang ini tidak bisa kita tarik, namun setelah waktu tersebut, uang akan berkembang dalam jumlah yang lumayan besar. Ingin pengembalian uang yang lebih besar?

    Reksadana bisa menjadi solusinya. Namun dalam memilih reksadana memiliki tingkat risiko. Misal reksadana dapat menjanjikan bahwa ada keuntungan 12 hingga 20 persen dalam setahun, tetapi ada potensi rugi hingga 5 persen. Oleh sebab itu, memilih reksadana harus dipikirkan secara matang.

    Lihat Juga: Cara Buka Rekening Saham Online

Ternyata sangat banyak keuntungan dari menabung di bank. Namun demikian, untung rugi menabung di bank akan selalu ada. Memahami kerugian apa saja yang mungkin terjadi menjadi sangat penting karena akan membantu anda dalam memilih layanan dan produk tabungan yang tepat.

Kerugian Menabung di Bank

Disadari atau tidak, sebenarna ada kerugian jika menabung di bank. Kerugian ini bahkan bisa semakin besar jika salah dalam memilih jenis tabungan.

Adapun kerugian menabung di bank antara lain:

  1. Biaya Administrasi Bulanan

    Menabung di bank akan memotong uang tabungan. Besarannya tergantung pada bank tempat menabung, juga bergantung pada jenis tabungan yang kita pilih.

    Untungnya masalah ini bisa diatasi dengan cara menambah jumlah uang tabungan di bank. Semakin besar uang tabungan di bank, semakin besar juga bunganya. Ketika jumlah bunga lebih besar dari biaya bulanan, maka biaya bulanan ini akan tampak tidak ada dan tidak akan terasa.

    Cek Rekomedasi Artikel Berikut Ini: Bank dengan Biaya Admin Murah

  2. Ada Batas Penarikan Harian

    Tujuan menabung salah satunya adalah agar memiliki uang yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Namun tabungan di bank pada umumnya memiliki batas penarikan harian dan batas transfer harian. Misalnya hanya bisa tarik tunai maksimal 5 juta rupiah per hari. Atau hanya bisa transfer ke bank yang sama sebesar 25 juta per hari.

    Batasan dalam penarikan ataupun transfer ini bisa mengganggu semisal ingin menggunakan dana sebesar 30 juta rupiah karena kondisi darurat. Memang penarikan lebih dari limit harian bisa dilakukan dengan datang ke teller bank, namun jika kebutuhan dana ini terjadi pada malam hari atau di hari Sabtu dan Minggu tentu akan merepotkan.

    Oleh sebab itu, jika memang sering harus menarik atau transfer uang dalam jumlah besar, sangat disarankan untuk mengatasi hal ini dengan memilih tabungan dengan limit transaksi harian yang lebih besar. Tetapi biasanya biaya administrasi bulanannya akan lebih tinggi.

    Cek Rekomedasi Artikel Berikut Ini: Cara Transfer Uang Diatas 1 Milyar

  3. Dana Mengendap

    Setiap kali kita menabung, biasanya ada nilai setoran awal yang harus ditabung. Hal ini tentu tidak terlalu menjadi masalah. Bagian yang cukup merugikan adalah bahwa seringkali uang dalam tabungan tidak bisa ditarik kembali 100 persen atau dalam kata lain harus ada yang mengendap.

    Untungnya tidak semua jenis tabungan memiliki sistem dana mengendap. Beberapa bank memperbolehkan nasabahnya menarik semua uang hingga nol di rekening masing-masing. Tetapi jika anda memilih produk rekening dengan fitur bisa tarik uang hingga nol, biasanya jenis tabungan yang diberikan adalah tabungan dengan bunga relatif jauh lebih kecil.

    Cek Rekomedasi Artikel Berikut Ini: Tabungan Tanpa Saldo Mengendap

  4. Masalah Waris

    Banyak orang yang membuat rekening tabungan di bank tanpa memberitahu pihak keluarga atau orang terdekat. Bahkan seringkali data seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon berubah-ubah. Hal ini menyulitkan pihak bank dalam memberikan hak atas dana tabungan kepada ahli waris. Apalagi jika nasabah tidak memiliki surat wasiat hak waris. Selain itu, banyak bank juga yang tidak terlalu aktif dalam mengurus waris nasabahnya kecuali pemilik hak waris melakukan klaim.

    Maka dari itu, saat membuka rekening untuk menabung di bank, pastikan memberikan data diri yang jelas, lengkap, benar, dan memudahkan semua pihak untuk menghubungi anda dan ahli waris. Jika perlu, buatlah surat keterangan waris untuk bank sehingga jika terjadi sesuatu, proses pengalihan hak dapat berlangsung dengan lancar.

    Cek Rekomedasi Artikel Berikut Ini: Cara Membuat Surat Keterangan Waris untuk Bank

Demikianlah beberapa hal yang menjadi untung rugi menabung di bank yang perlu dipahami oleh kita sebelum membuka rekening. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi panduan yang menunjukkan kepada banyak orang mana yang menjadi pilihan yang tepat dalam menabung.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.