Cara Menukar Uang Rusak ke Bank Indonesia dan Bank Umum

Ketika uang yang dipegang mengalami kerusakan, ada cara menukar uang rusak ke bank untuk diganti dengan yang baru. Namun ada syaratnya. Dan tentu saja ada ketentuan dan batasan dalam penukaran.

Pada dasarnya tidak semua bank menerima penukaran uang rusak. Bank yang menerima penukaran uang rusak juga biasanya memiliki jadwal khusus kapan memberikan layanan ini. Hanya bank sentral, yaitu Bank Indonesia, yang pasti menerima penukaran uang rusak (selama batas kerusakan masih dalam ketentuan bank sentral).

Cara Menukar Uang Rusak Ke Bank Indonesia

Setiap kantor layanan Bank Indonesia akan menerima penukaran uang rusak dan uang tidak layak edar. Penukaran uang rusak tidak akan dipungut biaya selama keaslian uang dapat dengan mudah diketahui.

Bagaimana jika Bank Indonesia membutuhkan waktu untuk memproses keaslian uang? Jika hal demikian terjadi, maka penukar akan dikenai biaya pengecheckan. Lalu bagaimana proses penukaran uang rusak di Bank Indonesia?

  1. Kunjungi Kantor Bank Indonesia

    Selain kantor Bank indonesia, bisa juga mendatangi layanan kas keliling yang disediakan oleh Bank Indonesia. Layanan penukaran uang rusak ini hanya berlaku di jam kerja. Pastikan membawa uang rusak agar bisa langsung ditukarkan.

    PENTING
    Baik Bank Indonesia maupun bank lainnya hanya menerima penukaran uang yang tingkat kerusakannya kurang dari 1/3. Artinya, 2/3 bentuk uang harus dikenali dan dalam keadaan baik.

    Jika uang yang anda miliki buntung atau rusak lebih dari 1/3, maka pasti penukaran akan ditolak oleh pihak bank. Hal yang sia-sia ini tentu akan merugikan waktu dan tenaga anda.

  2. Beritahukan Petugas Bank Mengenai Kebutuhan Anda

    Saat berada di lokasi, beritahukan kepada satpam atau petugas yang ada di sana mengenai kebutuhan anda. Anda akan diarahkan untuk mengambil antrian yang tepat, atau langsung diarahkan kepada teller yang memang mengurus penukaran uang rusak.

  3. Pengisian Formulir

    Setelah mengantri dan diarahkan ke teller, biasanya anda akan diminta mengisi formulir mengenai kebutuhan anda, dan anda akan diminta menjelaskan mengenai kebutuhan anda.

  4. Penaksiran Tingkat Kerusakan Uang

    Setelah semua formulir diisi, teller akan meminta seluruh uang rusak yang hendak ditukarkan. Anda akan diminta menunggu sementara teller dan team melakukan pemeriksaan tingkat kerusakan, dan jumlah uang yang sah untuk ditukarkan.

    Jika ada uang yang agak sulit untuk untuk diteliti mengenai keasliannya maka pihak teller akan memberitahukan anda akan adanya pengecheckan lebih mendetail. Teller akan memberitahu bahwa pengecheckan akan memakan waktu, dan ada biaya pengecheckan yang akan dibebankan kepada anda.

  5. Proses Penggantian Uang Rusak

    Jika seluruh proses di atas sudah dilalui, teller akan memberitahukan total nominal uang anda yang akan digantikan. Anda akan mendapatkan juga penjelasan uang-uang mana saja yang ditolak oleh pihak bank beserta alasan penolakannya.

    Uang rusak yang ditolak oleh Bank Indonesia akan dikembalikan kepada anda sebagai kenang-kenangan.

Wah ternyata cara menukar uang rusak ke Bank Indonesia itu mudah… Namun apakah kamu sudah tahu di mana saja kantor Bank Indonesia yang menerima penukaran uang rusak?

Check: Daftar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Terdekat

Namun penukaran uang rusak juga dilayani di bank konvensional. Seperti bank BRI, bank Mandiri, dan beberapa bank lainnya. Proses dan cara penukarannya hampir sama, hanya saja tidak semua bank menyediakan fasilitas penukaran ini.

Daftar Bank yang Melayani Penukaran Uang Rusak

Jika kantor perwakilan cabang Bank Indonesia cukup jauh dari lokasi anda, maka anda bisa mengunjungi bank umum/konvensional terdekat. Namun tidak semua bank bersedia memberikan layanan ini. Hanya bank yang sudah ditunjuk sebagai cash center oleh Bank Indonesia yang menyediakan layanan penukaran uang kertas tidak layak edar (rusak).

Adapun bank tersebut antara lain adalah:

Bank Mandiri

Merupakan bank pertama yang ditunjuk oleh Bank Indonesia sebagai cash center untuk penukaran uang rusak. Prosedur penukarannya sama seperti prosedur penukaran di Bank Indonesia.

Untuk beberapa cabang Bank Mandiri, penukaran uang rusak hanya bisa dilakukan di hari atau jam tertentu. Namun biasanya Bank Mandiri menerima penukaran dari jam 09.00 s/d 15.00 WIB.

Bank BCA

Sebagai bank dengan jaringan terbesar di Indonesia, Bank BCA juga ditunjuk sebagai cash center. Melayani penukaran uang rusak dari masyarakat untuk kemudian ditukarkan kepada Bank Indonesia.

Cara menukar uang yang rusak di Bank BCA sama saja seperti menukar di Bank Indonesia. Hanya saja untuk beberapa cabang, penukaran hanya bisa dilakukan di jam 09.00 s/d 12.00 WIB. Oleh sebab itu, sebelum mengantri harap konfirmasi kepada petugas.

Bank BNI

Sama halnya dengan Bank BCA dan Bank Mandiri, Bank BNI juga melayani penukaran uang rusak. BNI ditunjuk sebagai cash center untuk penukaran uang oleh Bank Indonesia sejak tahun 2008.

Prosedur menukarkan uang rusak di Bank BNI sama seperti di Bank Indonesia. Namun hanya bisa dilakukan jika anda memiliki rekening BNI.

Bank BRI

Di Bank Rakyat Indonesia (BRI) penukaran uang rusak dapat dilakukan apabila fisik uang tersebut masih berwujud atau dikenali. Namun tidak semua Bank BRI menerima penukaran uang rusak. Biasanya Bank BRI cabang pusat saja yang menerima. Selain itu, penukaran juga hanya bisa dilakukan pada hari dan jam tertentu sesuai kebijakan kantor BRI.

Maka dari itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada satpam, petugas, dan teller sebelum anda mengambil nomor antrian dan sebelum anda harus lama menunggu.

Untuk prosedur penukaran, prosedurnya sama saja seperti prosedur penukaran uang rusak di Bank Indonesia.

Beberapa Bank Daerah

Walaupun tidak semuanya, namun beberapa bank daerah sudah ditunjuk menjadi cash center penukaran uang tidak layak edar. Oleh sebab itu, pastikan untuk menanyakan kepada petugas apakah boleh menukarkan uang anda yang rusak.

Bank daerah biasanya menerapkan kebijakan penukaran hanya pada hari dan jam tertentu saja.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai cara menukar uang rusak ke Bank sehingga anda bisa mendapatkan uang layak edar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.