investasi dan bisnis untuk pasangan yang baru menikah dan membangun rumah tangga
Cara Memilih Investasi Tepat untuk Keluarga yang Baru Menikah
Juli 17, 2018
Kemampuan Mengelola Keuangan Lebaran sangat Penting Dimiliki Terutama Oleh Ibu Rumah Tangga
5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Mengelola Keuangan Lebaran
Juli 28, 2018

Cara Mengatur dan Mengelola Keuangan Harian dengan Sangat Efektif

Mengelola keuangan harian diperlukan untuk kamu yang bekerja sebagai freelancer

Mengelola keuangan harian diperlukan untuk kamu yang bekerja sebagai freelancer

Masalah finansial sering terjaadi karena anda mengelola keuangan harian dengan buruk. Mengakibatkan adanya kebocoran anggaran. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan efektif.

Kesalahan dalam Pengelolaan Keuangan

Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi saat mengatur keuangan harian. Kesalahan tersebut meliputi:

  • Membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mendesak
  • Membeli barang yang harganya lebih mahal daripada yang seharusnya
  • Tidak tahu cara mengatur pos-pos anggaran dengan baik dan tepat.

Padahal jika kesalahan tersebut dibiarkan, kebocoran anggaran pasti terjadi. Bahkan menurut beberapa survey, 3 kebocoran di atas bisa mencapai 40 persen dari nilai total anggaran.

Tentu hal tersebut merupakan jumlah yang tidak sedikit. Lantas apa solusinya?

Cara yang Benar Mengelola Keuangan Harian

Untuk dapat memaksimalkan pengeluaran harian, ada 3 hal yang begitu penting dan wajib sehingga perlu kamu pelajari. Ketiga hal tersebut adalah perancangan, penghematan, dan pengukuran.

Perancangan yang Matang
Hal terpenting pertama yang kamu perlukan adalah perancangan keuangan. Perancangan ini akan meliputi begitu banyak hal, di antaranya adalah:

  • Buat Daftar Kegiatan Harian untuk 1 Bulan Ke Depan

    Apa yang akan kamu lakukan besok mungkin sulit untuk ditebak. Mengapa? Karena rencana-rencana baru mungkin saja akan terjadi.

    Namun bukan berarti membuat rancangan kegiatan harian tidak perlu dilakukan. Dengan perencanaan dan pemanfaatan waktu yang baik, kamu bisa tahu kebutuhan-kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk mendukung kegiatan tersebut.

  • Buat Daftar Barang dan Jasa yang Dibutuhkan berdasarkan Daftar Kegiatan

    Dengan daftar kegiatan yang sudah kamu buat sebelumnya, akan lebih mudah menentukan apa-apa saja yang diperlukan sebagai penunjang kebutuhan sehari-hari. Pastikan untuk memisahkan mana yang benar-benar kamu perlukan. Dan mana-mana saja yang sebenarnya tidak terlalu mendesak.

Penghematan dengan Belanja Irit
Hal terpenting kedua yang wajib kamu lakukan adalah soal penghematan. Pastikan kamu memiliki tekad yang kuat ketika berada di program “Mengelola Keuangan Harian.”

Mengapa? Karena beberapa orang akan mengalami malu, lelah, ataupun merasa tidak memiliki waktu untuk melakukannya.

Nah, untuk melakukan penghematan ini, ada trik yang bisa kamu lakukan, di antaranya adalah:

  • Berburu diskon-diskon

    Membeli barang-barang berkualitas yang sedang diskon memang sangat menyenangkan. Namun belum banyak yang belum tahu cara mengetahui di mana tempat yang menyediakan diskon.

  • Berburu cuci gudang

    Saat cuci gudang, setiap barang biasanya akan diberikan harga spesial. Sebuah harga yang bahkan lebih murah daripada barang-barang umum lainnya.

  • Membandingkan Harga

    Setiap toko biasanya akan memberikan harga yang berbeda-beda antara toko 1 dengan toko lainnya. Jangan takut untuk melakukan riset harga. Apalagi jika selisih harga bisa mencapai lebih dari 50 ribu.

    Dengan melakukan pembandingan harga, anda akan hemat pengeluaran lebih dari 40% setiap harinya. Benar-benar cara yang luar biasa dalam mengelola keuangan harian kan?

Analisa Hasil Pengelolaan Keuangan
Setelah melakukan kedua hal di atas, langkah selanjutnya adalah melihat laporan dan analisa apakah pengelolaan keuangan yang anda lakukan benar-benar berhasil.

Jika ditemukan peningkatan uang yang disimpan, kamu bisa tersenyum lebar. Namun jika masih belum ditemukan, berarti cara anda mengelola keuangan harian belumlah tepat.

Begitulah kira-kira cara yang tepat dan efektif dalam mengelola keuangan di daerah. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *