nasib hidup dari orang yang pelit dan terlalu irit
Dampak Buruk Hidup yang Bersikap Terlalu Pelit dan Irit pada Diri Sendiri
Juli 4, 2018
investasi dan bisnis untuk pasangan yang baru menikah dan membangun rumah tangga
Cara Memilih Investasi Tepat untuk Keluarga yang Baru Menikah
Juli 17, 2018

Cara untuk Hidup Hemat Tanpa Memiliki Beban Hutang

pentingnya hidup hemat agar dapat terbebas dari hutang

pentingnya hidup hemat agar dapat terbebas dari hutang

Hutang sebagai sebuah tanggung jawab kerapkali tumbuh menjadi sebuah beban. Jika tidak segera dibayar, berbagai masalah akan muncul. Namun tidak mudah untuk dapat membayar hutang.

Salah satu solusi untuk memiliki kemampuan membayar hutang adalah dengan hidup lebih berhemat. Dengan demikian, ada uang yang dapat disisihkan untuk digunakan mencicil ataupun melunasi hutang.

Sayangnya, tidak semua orang tahu bagaimana caranya hidup berhemat. Alih-alih hemat, hutang justru kian menumpuk. Ya, gaya hidup yang boros memang menjadi sumber utama seseorang terjebak dalam siklus beban hutang.

Lantas bagaimana cara hidup hemat yang baik dan benar?

Untuk dapat berhemat, anda perlu melakukan 5 hal utama, yaitu:

1. Selalu Buat Perencanaan

Anda perlu membuat perencanaan mengenai 2 hal, yaitu:

Apa-apa saja yang boleh anda lakukan/beli
Apa-apa saja yang tidak boleh anda lakukan/beli

Dengan adanya perencanaan ini, maka anda tahu apa yang menjadi fokus anda. Pastikan untuk memilih kebutuhan-kebutuhan yang memang prioritas dan tak boleh untuk diabaikan. Beberapa yang menjadi prioritas tersebut antara lain adalah:

kebutuhan makanan
pembayaran cicilan
pembayaran tagihan air, listrik, kostan, dll
biaya kebutuhan sehari-hari seperti biaya transportasi
kebutuhan akan peralatan mandi yang utama seperti sabun, odol, dan shampoo
parfum

Selain itu, sangat penting untuk membuat perencanaan hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa berhemat ini. Adapun beberapa hal tersebut seperti kumpul-kumpul di mall, gathering yang tidak terlalu perlu, ataupun membeli pakaian-pakaian yang sedang tren.

2. Mulailah Bertindak Tegas

Anda mungkin memiliki teman yang senang menawarkan barang pada anda. Misalnya menawarkan produk kecantikan terbaru, mengajak ikut pre-order baju, atau mengajak ikut jalan-jalan. Biasakanlah untuk mulai tegas menolak rayuan tersebut.

Beberapa dari teman anda mungkin akan berkata bahwa apa yang mereka tawarkan sangatlah menjanjikan, dan dapat dibayar secara kredit/menyicil. Janganlah sampai tergoda. Ingatlah bahwa anda sedang ingin terbebas dari hutang. Jangan sampai justru jatuh ke jebakan hutang lainnya.

Jika terbawa gengsi dan sungkan ketika menolak tawaran mereka. Anda dapat mencoba beberapa contoh kata penolakan berikut ini:

  • Waduh maaf ya, mungkin bulan depan saja karena saya juga sedang butuh uang
  • Yah, kemarin saya sudah pesan sama teman saya yang lain
  • Kebetulan sudah punya barang yang sama di rumah. Dan belum terpakai
  • Terimakasih tawarannya. Tapi saya pikir-pikir dulu ya buat belinya.

Pastikan untuk memberikan jawaban penolakan yang halus sehingga tidak menyakiti perasaan siapapun. Andapun tidak perlu terlalu malu untuk berkata sedang butuh uang. Ingat, ketika anda kesulitan membayar, rasa malunya akan lebih besar.

3. Cari yang Dapat Memberikan Harga Lebih Murah

Anda tak perlu ragu untuk memilih membeli di tempat yang dapat memberikan harga jauh lebih murah. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah anda bisa melakukannya dengan cara:

Membandingkan harga antara toko yang satu dengan toko yang lainnya
Mengecheck harga yang ada di toko online
Mencari barang-barang yang kebetulan sedang promo
Mencari diskon atau event cuci gudang

Untuk dapat mencari promo, diskonan, ataupun event-event yang dapat memberikan harga murah, anda dapat melakukannya dengan cara ikut di beberapa grup pemburu diskon yang ada di FB maupun twitter.

Baca Juga Solusi Jika : Istri Tidak Bisa Mengatur Keuangan

Yup, bagaimanapun juga dalam berhemat tidak perlu malu dan gengsi. Justru malu ketika memiliki hutang. Dan merasa aib ketika tidak mampu membayar hutang tersebut.

4. Cari Pendapatan Tambahan

Hidup hemat tidak bermakna sebatas hidup dengan menekan pengeluaran seminimal mungkin. Hidup hemat adalah cara bagaimana agar pendapatan anda mencukupi.

Sebagaimana pepatah “menyerang adalah pertahanan terbaik”, meningkatkan pendapatan adalah gaya hidup hemat yang terbaik. Berhutangpun bukan ide yang buruk. Ada begitu banyak cara untuk meningkatkan pendapatan anda. Beberapa di antaranya adalah dengan:

Membuka bisnis sendiri
Freelance di waktu senggang
Mencari lemburan
ataupun kegiatan-kegiatan bermanfaat dan menghasilkan lainnya.

Memang agak melelahkan, namun sepanjang itu halal sebaiknya terus untuk disyukuri.

5. Cari Pinjaman yang Bersahabat

Hidup hemat bukan berarti hidup tanpa hutang. Anda masih boleh berhutang jika memang dalam kondisi tertentu seperti:

Hutang digunakan untuk membayar kebutuhan yang sangat mendesak
Kebutuhan mendesak ini seperti adanya anggota keluarga yang tiba-tiba jatuh sakit dan membutuhkan dana segera. Namun untuk masalah ini, dapat diperingan jika anda sudah terdaftar dalam jaminan kesehatan seperti asuransi ataupun BPJS.Selain adanya anggota keluarga yang sakit, kebutuhan mendesak lainnya adalah adanya masalah-masalah seperti kecurian, kerampokan, atau hilang barang.

Uang pinjaman akan diputar untuk suatu bisnis yang dapat menghasilkan profit
Penggunaan hutang terbaik adalah jika digunakan untuk memulai suatu bisnis. Dengan demikian, ada manfaat secara berkelanjutan yang akan anda dapatkan dari hal tersebut.Namun pastikan anda mengetahui mengenai seluk beluk bisnis yang dipilih. Jangan sampai anda buta terhadap bisnis tersebut.

Jika anda membutuhkan pinjaman, anda tidak boleh sembarangan memilih tempat peminjaman. Ada beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan, di antaranya:

  • Besaran bunga pinjaman
  • Waktu pengembalian pinjaman
  • Kemampuan anda mencicil/mengembalikan pinjaman

Pastikan anda memilih tempat meminjam dengan bunga yang kecil (atau bahkan 0%), dan dengan waktu pengembalian yang tidak terlalu cepat. Dan ingatlah, anda memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan pinjaman. Oleh sebab itu, pastikan besaran pinjaman yang anda ambil jumlahnya dapat anda cicil atau bayar lunas tepat pada waktunya.

Baca Juga Ide Bisnis : Usaha yang Menguntungkan di Desa

Nah itulah beberapa solusi hidup hemat yang dapat memungkinkan anda untuk hidup nyaman tanpa tekanan hutang. Jangan jadikan hidup anda stress karena adanya beban hutang. Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah ini.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.

——————————————————————

Posted By Admin | 5 | 921

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *