ada banyak cara mengelola gaji 6 juta per bulan namun yang terpenting adalah komitmen
Cara Mengelola Gaji 6 Juta Per Bulan untuk Dapat Membangun Bisnis
Juni 16, 2018
Kamu Perlu Tahu Cara Hidup Irit dan Sehat Sehingga Tak Perlu Mengorbankan Diri Sendiri
Tips Lengkap Cara Hidup Irit dan Sehat namun Mudah Dilakukan
Juli 1, 2018

Tips Irit Ibu Rumah Tangga dalam Mengontrol Pengeluaran

harus tahu banyak tips irit ibu rumah tangga dalam mengontrol pengeluaran

harus tahu banyak tips irit ibu rumah tangga dalam mengontrol pengeluaran

Ada banyak tips irit ibu rumah tangga di seluruh dunia yang bisa kamu ikuti. Cari tahu bagaimana mereka mengelola keuangan. Dan ikuti cara tersebut.

Memang sudah sewajarnya tugas dan tanggung jawab mengontrol pengeluaran dalam sebuah rumah tangga diserahkan pada istri/ibu rumah tangga. Adapun alasannya antara lain adalah:

  • Wanita lebih teliti jika menyangkut keuangan
  • Lebih tahu seluk beluk kebutuhan rumah, seperti biaya memasak dan tagihan listrik
  • Pria tidak terlalu menyukai hal-hal yang bersifat penuh perhitungan matang

Nah, agar tugas dan tanggung jawab ini berhasil dikerjakan dengan sempurna, perlu pengetahuan yang lebih. Beberapa tips dan trik bagi seorang ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan berikut bisa kamu coba ikuti.

Buatlah Daftar Belanja Bulanan yang Wajib Dibeli

Perhatikan anggaran belanja bulanan yang kamu miliki. Lalu buatlah daftar apa-apa saja yang menjadi prioritas untuk dibeli. Dengan cara ini, tidak akan ada barang-barang prioritas yang lupa terbeli.

Setidaknya ada beberapa barang yang wajib masuk dalam prioritas barang belanjaan, yaitu sembako, lauk pauk, sayur-mayur, peralatan mandi dan kebersihan rumah, serta kebutuhan khusus seperti pampers dan obat.

Oh iya, setiap daftar belanja ini wajib kamu bagi menjadi daftar barang yang harus dibeli tiap minggunya ya. Jadi setiap bulan, kamu akan belanja sebanyak 4 kali.

Mengapa harus dibagi setiap minggu?

Hal ini untuk menghemat waktu, tenaga, dan ongkos. Ketimbang berbelanja setiap hari, berbelanja 4 kali dalam sebulan tentu akan lebih hemat.

Lantas mengapa tidak berbelanja 1 kali saja dalam sebulan?

Karena ada bahan makanan mentah yang harus kamu beli. Dan akan busuk jika harus disimpan lebih dari 1 minggu. Dan tentunya tidak ada yang ingin hal tersebut terjadi bukan.

Check Daftar Harga

Ada kalanya sebuah barang harganya berbeda-beda tergantung merk barang tersebut. Misalkan kebutuhan akan sabun mandi di mana merk A harganya 1500, namun merk B harganya 2500. Padahal fungsi dan manfaat yang dihasilkan sama persis.

Memang perbedaan harganya tidak terlalu besar. Hanya seribu rupiah. Namun jika list barang cukup banyak, maka selisih harganya akan begitu besar.

Setelah menemukan merk-merk barang dengan harga yang lebih murah, saatnya kamu mencari tahu toko mana yang menjual barang tersebut lebih murah. Kamu bisa mencari tahu di internet daftar harga beberapa barang seperti:

  • Harga barang jika dibeli di swalayan
  • Harga barang jika dibeli di pasar
  • Harga barang jika dibeli di toko online, dan
  • Harga barang jika dibeli langsung melalui agen distributornya

Tahukah kamu, bahwa dengan cara ini kamu bisa menghemat hingga 200 ribu Rupiah setiap bulannya!

Jadilah Pemburu Diskon, Promo, dan Cuci Gudang

Untuk menarik minat pelanggan, banyak toko yang mengadakan harga khusus. Entah itu berupa harga promo, diskon, ataupun karena sedang cuci gudang.

Kamu bisa berburu barang-barang kebutuhan rumah tangga dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk mendapatkan harga special ini, kamu bisa mencari infonya dengan cara:

  • Mengikuti akun media sosial swalayan-swalayan ternama
  • Rajin mengecheck informasi ada tidaknya diskon spesial di E-commerce Indonesia
  • Ikut dalam grup atau komunitas ibu-ibu pemburu diskon di social media (terutama facebook)

Namun ada hal yang perlu diingat bahwa belilah barang-barang yang memang kamu butuhkan. Dan memang menjadi prioritas belanjamu.

Jangan sampai uang belanja habis karena tergoda harga murah barang-barang yang sebenarnya tidak mendesak. Kecuali kamu ingin menjual lagi barang-barang tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Dengan berburu diskon ini, kamu bisa menghemat uang belanja dari 200 hingga 400 ribu rupiah loh.

Menyimpan Uang Receh Sisa Belanja

Jika biasanya uang receh sisa belanja akan dijajankan lagi (bahkan uang koin dibuang begitu saja), maka mengapa tidak ditabung saja?

Dengan menabungkan uang receh tersebut, lama kelamaan jumlahnya akan lumayan. Bahkan berdasarkan rata-rata, setiap orang dapat menabungkan recehan hingga 50 ribu rupiah setiap bulannya. Jumlah yang lumayan besar.

Jangan Ragu Meminta Tips Irit Ibu Rumah Tangga Lainnya

Nah tips terakhir adalah agar jangan malu-malu meminta tips dari orang-orang lainnya bagaimana berhemat dan mengontrol pengeluaran. Dan kamu juga jangan pelit untuk berbagi tips kepada tetangga ataupun teman-temanmu. Siapa tahu ada sharing yang berguna.

Komitmen

Itulah beberapa tips irit ibu rumah tangga yang bisa kamu ikuti. Agar tips-tips ini berhasil dengan baik, ada beberapa hal yang harus selalu diingat. Hal tersebut adalah:

  • Buat Target
    Kamu bisa membuat target berapa besar yang ingin kamu hemat dalam sebulan ini. Selain itu kamu juga bisa membuat target berapa uang tabungan yang ingin dimiliki dalam setahun mendatang.Dengan adanya target ini, kamu bisa lebih fokus dan termotivasi untuk terus berlaku hemat.
  • Fokus dan Komitmen
    Dalam menjalankan semua tips dan trik ini, godaan akan selalu ada. Misalnya tiba-tiba ada barang menarik di luar prioritas. Jangan sampai kamu tergoda untuk membelinya.Agar fokus dan komitmen ini tetap terjaga, maka perancangan keuangan sebaiknya didiskusikan bersama dengan seluruh anggota keluarga. Jangan lupa untuk meminta mereka saling mendukung dan saling mengingatkan.

Lihat Juga: Cara Hidup Irit dan Sehat

Nah itulah beberapa tips irit ibu rumah tangga untuk mengontrol dan mengelola pengeluaran. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *