harus tahu banyak tips irit ibu rumah tangga dalam mengontrol pengeluaran
Tips Irit Ibu Rumah Tangga dalam Mengontrol Pengeluaran
Juni 16, 2018
Berbagi Suka Duka Pengalaman Hidup Irit di Ibukota Jakarta
Berbagi Pengalaman Hidup Irit untuk Bertahan di Ibukota yang Kejam
Juli 1, 2018

Tips Lengkap Cara Hidup Irit dan Sehat namun Mudah Dilakukan

Kamu Perlu Tahu Cara Hidup Irit dan Sehat Sehingga Tak Perlu Mengorbankan Diri Sendiri

Kamu Perlu Tahu Cara Hidup Irit dan Sehat Sehingga Tak Perlu Mengorbankan Diri Sendiri

Banyak orang yang menekan pengeluaran sehingga cara hidup irit dan sehat terabaikan begitu saja. Pada akhirnya, kesehatan diri sendiri dipertaruhkan.

Ya, dalam kehidupan sehari-hari sudah sepantasnya kamu untuk mulai berhemat. Hidup irit dengan cara menekan pengeluaran sebisa mungkin. Namun bagaimanapun juga, kesehatan harus tetap dijaga.

Kesalahan dalam Berhemat

Ada orang yang untuk menghemat pengeluaran, justru melakukan hal-hal yang beresiko, seperti:

  • Menekan Pengeluaran Biaya Makan

    Sebenarnya, menekan biaya makan sangatlah baik. Namun bukan berarti kamu boleh menghiraukan asupan gizi dan vitamin. Pastikan makanan yang kamu makan mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, gula, dan lain-lain dalam asupan yang mencukupi.Kamu tentu tidak ingin sudah cape-cape berhemat, namun jatuh sakit. Lalu biaya berobatnya begitu besar. Kalau sudah seperti itu, di mana hematnya?

  • Bekerja Terlalu Memforsir Diri Sendiri (Bekerja Berlebihan)

    Berhemat bukan sekedar menekan pengeluaran, namun juga menambah pendapatan. Untuk menambah pendapatan, beberapa orang bekerja dengan lembur ataupun kerja tambahan.Namun karena terlalu ingin menambah pendapatan, banyak yang akhirnya bekerja berlebihan. Bekerja terlalu lelah, begadang, dan mengkonsumsi minuman energi penyebab diabetes. Uang memang akan didapatkan, namun biaya untuk berobat dikemudian hari patut diwaspadai.

  • Pelit

    Karena terlalu berhemat, banyak orang yang jatuh pada jurang yang disebut PELIT. Padahal hidup irit bukan berarti kamu harus menjadi seseorang yang tidak mau berbagi.Justru ketika kamu pelit, secara spiritual akan ada masalah. Selain itu, lingkup teman-teman di sekitarpun menjadi tidak sehat.Namun bukan berarti kamu harus boros. Kamu tidak harus terlalu mudah memberikan hutang kepada temanmu. Alih-alih memberikan bantuan keuangan, kamu bisa menawarkan bantuan misalnya mempromosikan dagangan temanmu.Alih-alih memberikan bantuan keuangan, kamu juga bisa menawarkan bantuan untuk memberikan ide-ide menarik bagaimana menghasilkan uang. Kamu tidak harus memberikan ikan, namun kamu bisa menawarkan pancingan.

Cara Hidup Irit dan Sehat yang Baik dan Benar

Lantas bagaimanakah sebaiknya kita berhemat? Beberapa tips berikut bisa kamu coba, dan pastinya mudah dilakukan:

1. Hindari Konsumsi Mie Instan

Jangan coba-coba mengkonsumsi mie instan ketika kamu ingin menekan pengeluaran. Mengapa? Alasannya sangat sederhana, yaitu:

  • Energi yang Dihasilkan Mie Instan Tidak Bertahan Lama

    Karena tidak tahan lama, pada akhirnya kamu akan cepat kehabisan energi. Kamu jadi mudah lelah, dan hilang konsentrasi. Pada akhirnya, kamu akan lebih mudah jatuh sakit.Selain energi yang disimpan lebih cepat habis, mengkonsumsi mie instan juga membuatmu lebih cepat lapar. Akibatnya, kamu akan lebih sering dan mudah tergoda untuk icip-icip jajanan.

  • Pada Dasarnya Mie Instan Itu Mahal

    Percaya atau tidak, mie instan itu sebenarnya mahal. Mengapa? Karena kamu harus memasaknya terlebih dahulu. Ada biaya gas untuk memasaknya. Dan konon sebungkus mie instan itu tidak cukup memuaskan kebutuhan perut.Jadi daripada makan mie instan, lebih disarankan untuk makan nasi + telur di warung.

2. Lakukan Sendiri Secara Mandiri

Cara hidup hemat tapi tetap sehat berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan banyak hal sendiri. Tanpa meminta jasa dari orang lain.

Kamu bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Mencuci Baju Sendiri
  • Memasak Makanan Sendiri dengan Bahan Baku yang Bisa Dibeli di Pasar
  • dan berbagai hal lainnya

Selain menghemat pengeluaran, juga akan menyehatkan. Badan akan lebih sering bergerak. Akan mengurangi resiko terjadinya stroke, serangan jantung, dan penggumpalan darah.

3. Atur Pengeluaranmu

Pastikan kamu hanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang menjadi prioritas. Dengan demikian, tidak ada pengeluaran pada bidang-bidang yang tidak penting.

Lihat Juga: Tips Menghemat Uang

Kurangi atau hilangkan hal-hal yang bisa membuat uangmu bocor dari dompet. Kurangi shopping, hang out, dan nyemil. Selain itu, kamu juga bisa mengatur pengeluaran dengan cara:

  • Atur Pengeluaran Pulsa dan Kuota Internet

    Hal yang paling sering menghabiskan kuota internet adalah video. Baik itu video youtube, ataupun video di facebook dan instagram.Kamu bisa mulai menghemat pengeluaran kuota internet dengan hanya membuka video ketika benar-benar dibutuhkan, atau ketika sedang ada wifi gratisan. Untuk pulsa, kamu bisa menggunakan panggilan gratis ataupun chat gratis yang disediakan beberapa social media.

  • Buat Daftar Prioritas

    Pastikan kamu membuat daftar apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dibeli. Daftar prioritas artinya adalah sebuah rancangan pembagian anggaran pengeluaran.Pastikan kamu memiliki anggaran tabungan, dana untuk hal-hal tidak terduga, dan daftar barang-barang yang dibutuhkan dalam 1 bulan ke depan.

4. Buang Jauh-Jauh Pedoman Hidup Hemat Pangkal kaya

Kesalahan terbesar seseorang ketika hendak berhemat adalah mengira menabung akan menjadikan kaya. Pola pikir tersebut tidaklah salah, hanya saja kurang tepat. Menabung bukanlah cara hidup irit dan sehat yang baik dan benar.

Dengan menabung, kamu akan memiliki uang. Namun uangmu hanya akan “segitu-segitu saja”. Padahal, seiring waktu nilai uang akan semakin turun. Inflasi nilai uang adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan.

Jika saat ini dengan 200 juta kamu bisa membeli rumah, di 10 atau 20 tahun ke depan, uang tersebut tidak akan cukup. Lantas apa jawaban terbaik untuk kaya?

Jawabannya adalah : Gunakan uangmu untuk investasi.

Ada banyak jenis investasi yang bisa kamu pilih. Kamu bisa membeli (dengan kredit ataupun cash) beberapa properti, seperti rumah, ataupun tanah.

Kamu juga bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk investasi membuka usaha kecil-kecilan. Dengan memiliki usaha sendiri, nilai uang mungkin akan turun, namun nilai usahamu akan semakin tinggi.

Itulah beberapa cara hidup hemat tapi tetap sehat yang bisa (dan wajib) untuk diikuti. Jika memiliki pertanyaan seputar cara hidup irit dan sehat, silahkan tuliskan dalam kolom komentar. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *