Panduan Mengatur dan Mengelola Keuangan Hasil Dagang dan Bisnis
Cara Mengelola Keuangan Hasil Dagang Agar Meningkatkan Omset
Agustus 19, 2018
Langkah Tepat Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru yang Ingin Segera Sukses
5 Cara Terbaik Mengatur Keuangan untuk Pengantin Baru
Agustus 20, 2018

9 Tips Menghemat Uang yang Paling Mudah untuk Anda Ikuti

9 Hal yang Secara Tidak Langsung Merupakan Bentuk Menabung dan Menghemat Uang

9 Hal yang Secara Tidak Langsung Merupakan Bentuk Menabung dan Menghemat Uang

Masalah utama dalam berbagai tips menabung adalah bahwa sering kali kiat-kita tersebut membutuhkan pengorbanan besar sehingga sulit untuk diikuti. Namun beberapa tips berikut hanya membutuhkan perubahan sederhana pada gaya hidup anda. Dengan mengikuti tips-tips ini, anda dapat berhemat ratusan ribu, bahkan jutaan Rupiah setiap bulannya.

Ada berbagai tips menghemat uang yang terbukti sukses menghasilkan orang-orang sukses. Apakah kamu mau menjadi salah satunya?

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini beberapa tips menghemat uang yang bisa anda ikuti:

Kurangi Menonton Televisi

Mungkin anda berpikir bahwa tujuan tips pertama ini adalah untuk mengurangi konsumsi listrik. BUKAN! Tujuan dari mengurangi menonton televisi adalah untuk menghindari godaan-godaan yang sering muncul dari informasi komersial (iklan televisi).

Selain itu, lebih sedikit waktu menonton televisi sama dengan lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan lain yang lebih produktif. Termasuk lebih banyak waktu untuk mencari uang tambahan.

Efek Menonton Televisi pada Anak-Anak
Efek Menonton Televisi pada Anak-Anak

Selain itu, dengan mengurangi menonton televisi, mungkin anda akan berpikir untuk menstop berlangganan TV berbayar ataupun menyewa film (DVD).

Lakukan Aturan 30 Hari

Mungkin hal ini kurang populer di Indonesia. Namun di luar negeri, peraturan 30 hari sudah mulai diajarkan bahkan di tingkat sekolah dasar. Aturan ini berbunyi “Jika ingin membeli sesuatu, tunggulah sebulan sebelum melakukan pembelian.”

Dengan cara ini, kebutuhan yang tidak terlalu penting bisa tereleminasi karena kemungkinan besar anda tidak lagi menginginkan barang tersebut.

Sistem Eleminasi Kebutuhan dengan Menunggu 30 Hari
Sistem Eleminasi Kebutuhan dengan Menunggu 30 Hari

Singkatnya, ini adalah metode dan tips menghemat uang di mana hal ini mendorong kita untuk membeli apa yang benar-benar dibutuhkan.

Minumlah Lebih Banyak Air Putih

Bukan karen minum kopi kekinian mahal. Ataupun karena jus jeruk itu lebih mahal dari pada air putih. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan minum lebih banyak air putih. Dan lebih hebatnya lagi, anda secara tidak langsung telah menabung.

Minum Air Putih sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan
Minum Air Putih sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Mengapa? Karena segelas air sebelum makan akan membantu anda untuk lebih cepat kenyang. Dengan demikian akan menghemat uang makan. Selain itu, air putih menjaga tubuh agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Dengan demikian, menjauhkan anda dari biaya ke rumah sakit.

Menghormati Daftar Anggaran Pengeluaran yang Sudah Anda Buat

Sangat penting untuk membuat daftar barang dan jasa yang boleh menjadi pengeluaran anda. Namun lebih penting lagi untuk menghormati daftar pengeluaran tersebut dengan cara mengikuti daftar anggaran pengeluaran yang sudah anda buat.

Kecuali ada hal-hal yang begitu mendesak, anggaran pengeluaran boleh diabaikan.

Siapkan Makanan untuk Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam dalam Sekali Masak

Tahukah anda, bahwa memasak 1 telur di pagi hari, dan 1 telur di siang hari akan memakan konsumsi gas yang lebih besar ketimbang memasak 2 telur dalam sekali masak?

Selain itu, memasak 2 telur sekaligus akan menghemat waktu anda untuk memasak. Nah, untuk menghemat keuangan, memasak sarapan, makan siang, dan makan malam dalam sekali masak sangatlah penting.

Stop Merokok adalah Tips Menghemat Uang Namun Sering Diabaikan

Dengan merokok, anda mungkin berpikir telah berkontribusi pada negara karena pajak rokok begitu besar. Padahal nyatanya, pemerintah terpaksa harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk merawat orang-orang yang sakit akibat rokok.

Dengan berhenti merokok, anda akan menghemat dan memiliki tabungan sebesar pengeluaran anda untuk rokok. Misalnya dalam sehari anda mengeluarkan Rp10.000,- untuk membeli rokok. Jika anda berhenti merokok, artinya anda telah menabung setidaknya Rp300.000,- per bulan.

Membiasakan Diri Mencuci Tangan

Mungkin terdengar nyeleneh, namun mencuci tangan merupakan bentuk tidak langsung dari menabung dan menghemat pengeluaran anda. Dengan teratur mencuci tangan, kesehatan anda akan lebih terjaga. Dan artinya tidak ada pengeluaran untuk berobat.

Namun jangan terlalu berlebihan dalam mencuci tangan dan menjadi sebuah OCD yang mengganggu kesehatan mental anda.

Jadi Pemburu Gratisan

Mencuci tangan dengan memboroskan air tentu akan meningkatkan tagihan listrik ataupun PAM. Namun ketika di kantor, cuci tangan tidak akan dipungut biaya.

Selain masalah cuci tangan gratis, anda juga bisa mencari hal-hal gratis di sekitar anda. Bahkan ikut dalam acara-acara gratis yang sering diadakan dalam bagian pagelaran seni, budaya, ataupun acara-acara tematik lainnya. Untuk mencari acara gratisan ini, anda bisa mencari di koran lokal, media sosial, ataupun searching melalui mesin pencari.

Bahkan dari acara gratisan itu, anda bisa mendapatkan makan dan minum gratis, bahkan kesempatan mendapatkan hadiah besar.

Sarapan Sebelum Bekerja

Tidak sarapan tentu akan menghemat pengeluaran. Namun tanpa sarapan, kinerja kerja akan menurun dan akan mengurangi kemungkinan mencapai tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, tanpa sarapan, konsumsi makan siang anda akan meningkat drastis.

Lihat Juga: Manfaat Fintech

Nah, itulah beberapa cara untuk menabung sekaligus tips menghemat uang yang paling mudah dan bisa anda lakukan sendiri. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat. Senang rasanya bisa menjadi inspirasi keuangan bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *