Memahami Perbedaan dan Ciri Keuangan Di Antara yang Sehat dan Bermasalah
Kenali Ciri Keuangan yang Sehat dengan 9 Langkah Mudah
Desember 9, 2018
Peran Istri Menjadi Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga yang Tidak Bisa Dipungkiri
Kunci Sukses Mengatur Keuangan Keluarga Agar Semakin Mapan
Desember 25, 2018

Deretan Manfaat Fintech yang Bisa Langsung Dirasakan

Daftar Lengkap Manfaat Fintech Bagi Finansial Masyarakat Umum

Daftar Lengkap Manfaat Fintech Bagi Finansial Masyarakat Umum

Ada berbagai manfaat fintech yang bisa dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Di Indonesia layanan inipun mulai menggerus peran perbankan. Bukan hal yang mengejutkan mengingat begitu banyak fungsi bank yang tergantikan oleh keberadaan sistem keuangan berbasis teknologi ini.

Dengan artikel ini, diharapkan kita semua dapat memanfaatkan keberadaan fintech. Dan bukan justru takut dan menolak kemajuan ini. Bagaimanapun juga, setiap hal bagaikan pisau yang memiliki dua sisi. Jika tidak dipergunakan dengan benar, dapat melukai diri sendiri ataupun orang lain.

Mendapatkan Pinjaman dengan Cepat

Memang tidak dapat dipungkiri bahwasanya fintech identik dengan sarana mendapatkan pinjaman secara online. Nah, pinjaman dari fintech ini bersifat mudah diajukan dan prosesnya sangat cepat.

Biasanya persyaratannya hanyalah cukup mengajukan pinjaman, menyerahkan foto KTP, dan mengisi formulir secara online. Sangat mudah dan sangat praktis. Proses diterima atau tidaknya pinjamanpun sangatlah cepat. Hanya dalam hitungan jam, bahkan menit, status peminjaman sudah bisa didapatkan.

Dengan demikian, keberadaan fintech akan sangat membantu kamu yang sedang membutuhkan uang. Namun tentunya hal ini harus dilakukan dengan bijak mengingat bunga fintech cukup besar. Jadi pergunakan pinjaman tersebut dengan sebaik mungkin.

Mempermudah Melakukan Pembayaran

Dengan adanya fintech, maka mata uang digital semakin luas dikenal dimasyarakat. Sebut saja beberapa mata uang digital yang sudah terkenal seperti Go-Pay dan Tokocash (yang sekarang sudah berganti nama menjadi OVO).

Mata uang digital tersebut memudahkan kita untuk berbelanja di berbagai merchant tanpa perlu repot membawa uang. Memang debit dan kredit yang disediakan oleh dunia perbankan juga mempermudah melakukan pembayaran, namun mata uang dari fintech ini memiliki kelebihan yaitu tidak membebankan biaya dalam setiap transaksinya.

Jadi secara singkat dapat dikatakan manfaat fintech adalah memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran dan pembelian apapun secara online dari mana saja dan kapan saja.

Dapat Melakukan Pembayaran Tanpa Biaya Tambahan

Ketika melakukan pembayaran dengan debit ataupun kartu kredit, seringkali kita akan mendapatkan tagihan yang lebih besar daripada sebelumnya. Entah itu karena adanya biaya admin bank, ataupun karena adanya bunga. Nah, hal tersebut tidak terjadi jika kamu memanfaatkan teknologi pembayaran melalui fintech.

Hal paling menarik dari penggunaan mata uang digital yang disediakan fintech adalah adanya bonus dan cashback dalam setiap transaksi dengan fintech. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena perbankan yang selama ini menarik biaya tambahan, fintech justru memberikan cashback yang cukup besar.

Namun sebaiknya jangan mencoba mencurangi fintech dengan manipulasi untuk mendapatkan cashback ini. Karena ada jerat hukum juga bagi yang memiliki niat jahat ini. Sudah ada beberapa kasus terjadi jadi jangan sampai kejadian tidak baik tersebut sampai terjadi menimpa kamu.

Ada Juga Manfaat Fintech sebagai Sarana Investasi

Memang dunia perbankan menawarkan beberapa produk investasi. Namun fintech juga menawarkan investasi yang lebih mudah untuk diikuti, memberikan peluang keuntungan yang lebih besar, dan jaminan balik modal yang lebih cepat.

Saat ini sarana investasi dari fintech yang paling terkenal adalah bisnis Peer To Peer Lending. Ini adalah sebuah bisnis dan investasi di mana kamu bisa memberikan pinjaman secara online kepada orang yang mengajukan pinjaman di fintech.

Bisnis Peer to Peer Lending ini cukup menguntungkan karena keuntungan bisa langsung dirasakan, keuntungan cukup besar, dan kamu bisa mengontrol penuh uang tersebut akan dipinjamkan kepada siapa. Namun satu hal yang perlu diingat, kamu perlu berhati-hati dan teliti dalam melihat profil keuangan orang yang mengajukan pinjaman. Jangan sampai orang yang kamu beri pinjaman memiliki potensi yang tinggi untuk gagal bayar.

Fintech Membantu Mengatur Keuangan dengan Lebih Baik

Mungkin terdengar ironis mengingat banyak kasus orang yang menjadi konsumtif dengan keberadaan fintech. Padahal sejatinya fintech justru dapat membantu mengatur keuanganmu agar menjadi lebih baik. Bagaimana bisa?

Dengan adanya teknologi keuangan ini, setiap pengeluaranmu akan tercatat dengan baik. Dengan demikian, kamu akan lebih sadar sudah menghabiskan uang berapa dalam beberapa hari atau beberapa minggu belakangan. Selain itu, teknologi keuangan berbasis digital ini juga membantu kamu mereminder ketika penggunaan budget sudah mencapai ambang yang ditentukan. Dengan demikian, kamu bisa lebih sadar kapan seharusnya mulai berhenti menghamburkan uang.

Lihat Juga: Ciri Keuangan yang Sehat

Hal lain yang bisa diambil manfaatnya dari fintech adalah adanya fasilitas konsultasi keuangan. Memang tidak semua perusahaan menyediakan konsultasi keuangan. Namun kamu bisa memanfaatkan konsultasi keuangan secara gratis yang disediakan beberapa perusahaan financial technology ini.

Mendekatkan Siapapun Kepada Fasilitas Perbankan

Jika dahulu hanya orang yang memiliki rekening yang bisa mendapatkan layanan perbankan, maka keberadaan fintech memungkinkan setiap orang tanpa rekeningpun dapat menikmati fasilitas perbankan. Contohnya bisa menabung, berinvestasi, melakukan transfer uang, dan berbagai fasilitas lainnya.

Tidak hanya fasilitas perbankan, ada manfaat fintech yang memungkinkan setiap orang memiliki akses kepada perbankan kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentu berbeda dengan beberapa tahun lalu di mana saat itu financial technology belum berkembang. Saat ini dengan adanya fintech kamu bisa dekat dengan fasilitas perbankan tanpa harus ke bank, dan bisa mendapatkan fasilitas tersebut walaupun jam kantor sudah usai.

Memicu Persaingan Pelayanan di Sektor Finansial

Menjamurnya keberadaan layanan fintech secara tidak langsung merangsang persaingan yang sengit di sektor finansial. Setiap perusahaan dan institusi berusaha mengembangkan layanan finansialnya agar lebih baik, menarik, dan menguntungkan.

Persaingan tersebut tentunya akan menjadikan layanan finansial kepada setiap konsumen finansial menjadi lebih baik. Maka tidak heran, saat ini menjamur promo-promo baik berupa diskon, cashback, ataupun bonus barang untuk menarik konsumen.

Demikianlah seluruh manfaat yang bisa kita rasakan dengan kehadiran fintech. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manfaat fintech sangatlah banyak sehingga perlu dijelajahi lebih jauh. Terimakasih sudah menyempatkan membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *