step by step cara mengatur keuangan pribadi sebagai modal mempersiapkan masa depan
Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik untuk Masa Depan
Juni 14, 2018
jangan sampai pusing atur gaji suami, pelajari cara bagaimana membagi gaji ke dalam beberapa pos anggaran
Solusi Jika Pusing Atur Gaji Suami yang Dirasa Kurang
Juni 16, 2018

35 Contoh Usaha yang Menguntungkan di Desa dengan Modal Kecil

inilah beberapa contoh usaha yang menguntungkan di desa yang pastinya menginspirasi

inilah beberapa contoh usaha yang menguntungkan di desa yang pastinya menginspirasi

Banyak jenis usaha yang menguntungkan di desa terpencil. Bahkan dengan modal kecil bisa menghasilkan profit besar. Berikut ini beberapa peluang yang bisa kamu manfaatkan.

Namun sebelum memulai jenis usaha, cobalah untuk memahami beberapa hal, yaitu:

  • Potensi Desa

    Kamu perlu mencari tahu apa yang dimiliki desa yang kamu pilih. Apakah memiliki kuliner yang unik dan lezat, apakah memiliki hasil produksi yang baik, dan lain-lain.Dengan mengetahui apa potensi menjual dari sebuah desa, kamu dapat fokus untuk menggali keuntungan dari hal tersebut. Sebagai contoh, jika sebuah desa memproduksi lada putih dalam jumlah besar, kamu bisa mencoba menjadi suplier lada putih se Indonesia. Menguntungkan sekali bukan?

  • Potensi Diri

    Setelah menemukan potensi desa yang kamu kunjungi, ada baiknya kamupun mencari tahu potensi dirimu sendiri. Apakah kamu lebih menyukai dunia jual-beli dan distribusi barang, ataukah senang beternak, berkebun, dan lain sebagainya.

    Jika kamu merasa belum memiliki potensi untuk menjadi seorang pengusaha, jangan menyerah. Cobalah untuk belajar mengenai seluk beluk bisnis yang akan dikerjakan. Pastikan kamu mendapatkan informasi mengenai teknik pemasaran yang tepat, cara menanggulangi resiko usaha, dan cara mengelola usaha dengan sebaik mungkin.

  • Jangan Jadikan Hanya Rencana

    Pastikan kamu mengeksekusi rencanamu membangun usaha di desa. Gunakan pengetahuan dan potensi lainnya dari dirimu untuk mengembangkan potensi desa yang kamu pilih.

    Jangan takut pada modal alias duit. Kamu bisa mengajukan permodalan kepada perbankan, koperasi, ataupun pegadaian.

Jika kamu sudah memahami hal-hal di atas, rencanamu untuk membangun usaha yang menguntungkan di desa pasti akan berhasil. Kamu bisa memiih salah satu bisnis berikut:

Beternak di Desa

Tidak bisa disangkal bahwa lahan di desa cukup luas. Kamu bisa memanfaatkan lahan-lahan tersebut untuk membangun usaha peternakan. Ada beberapa jenis ternak yang bisa kamu kembangkan, yaitu:

  • Ternak Ikan

    Ada beberapa jenis ternak ikan yang bisa kamu kembangkan di pedesaan. Kamu bisa beternak ikan lele, ikan mas, ikan nila, dan jenis ikan lainnya.Ada beberapa keuntungan dari ternak ikan di pedesaan yaitu air bersih yang murah dan mudah didapat, juga pakan ikan yang murah. Apalagi jika di desa tersebut ada pabrik pengolahan tahu. Biaya makan ikan akan jadi lebih murahkan.

  • Ternak Hewan

    Beberapa hewan cocok untuk diternakkan di pedesaan. Beberapa di antaranya antara lain ayam, bebek, sapi, kambing, dan entok. Namun kamu juga bisa beternak beberapa hewan tidak biasa.

    Ada beberapa jenis hewan tak biasa namun memiliki nilai jual yang tinggi. Di antaranya adalah jangkrik, ular, kalajengking, burung hantu, dan hewan-hewan lainnya.

    Sebagai informasi, kamu juga bisa beternak buaya di pedesaan. Namun tentu saja dengan perizinan yang ketat dan prosedur yang rumit.

Berladang dan Berkebun

Berbisnis dalam bidang agrikultur cocok dilakukan di pedesaan. Kamu bisa menjadi pengusaha sayur mayur. Ada beberapa komoditi yang cukup memiliki nilai jual.

Adapun usaha komoditi kebun yang dapat kamu ambil antara lain:

  • Berkebun Kelapa
  • Berkebun Pisang
  • Berkebun Singkong
  • Berkebun Jagung
  • Berkebun Sayur Mayur
  • Berkebun Buah-Buahan
  • Berkebun Cabe
  • Membuka Kebun Sawit
  • Membuka Kebun Karet

Usaha Kerajinan

Berbicara mengenai usaha yang menguntungkan di desa maka membuka usaha kerajinan bisa jadi pilihan terbaik. Ada beberapa jenis kerajinan yang bisa diambil, seperti:

  • Pembuatan Batik
    Membangun usaha pembuatan kain batik bisa dilakukan di pedesaan. Modal menjalankan usaha ini memang cukup besar, namun murah dari beberapa sisi.Apa maksudnya murah jika usaha batik di pedesaan? Kamu bisa menghemat biaya tenaga kerja, biaya bahan-bahan yang dibutuhkan, dan pajaknyapun lebih kecil.
  • Barang Kerajinan Tangan Khas Daerah
    Setiap desa memiliki kerajinan khas daerah masing-masing. Kamu bisa mencari desa yang hasil kerajinan tangannya belum dilirik pengusaha-pengusaha lainnya.Ada beberapa kerajinan daerah yang menjadi favorit lokal maupun masyarakat internasional. Beberapa di antaranya adalah keris, kain daerah, alat musik daerah, dan barang kerajinan lainnya.

Berdagang | Peluang Usaha yang Menguntungkan di Desa

Banyak produk-produk di pedesaan yang bisa kamu jual secara online. Bagaimana caranya? Tips berikut bisa kamu coba:

  1. Carilah Produk-Produk Hasil Desa
    Ada beberapa produk yang bisa kamu jual. Kamu bisa menjadi distributor sayur mayur, hewan ternak, ataupun kerajinan tangan.

    Tidak wajib untuk mendapatkan produk yang memiliki nilai jual, pangsa pasar, dan harganya tergolong murah namun bisa dijual mahal di kota. Apapun produk desa yang ada, kumpulkan. Ajukan kerjasama pemasaran.

    Apa isi kerjasamanya? Cukup sederhana. Intinya kamu yang akan menjualkan produk-produk tersebut ke masyarakat di kota.

  2. Buat Skema Pemasaran
    Skema pemasaran terbaik saat ini adalah dengan berjualan online. Kamu bisa membuat toko online yang memasarkan produk-produk desa.

    Jika ada pemesanan, barulah kamu menghubungi pemilik barang. Dengan cara ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya produksi. Hebatnya lagi, kamupun tidak perlu modal untuk pengiriman.

    Mengapa? Tentu saja karena biaya pengiriman biasanya akan ditanggungkan kepada pembeli. Sangat menguntungkan bukan?

  3. Manajemenkan!
    Aturlah semuanya dengan sebaik mungkin. Mulai dari skema pembayaran, sistem distribusi barang, perjanjian kerjasama tertulis, dan detail-detail lainnya.

    Kesempurnaan bermulai dari keteraturan. Dengan alur yang baik, maka kamu bisa meningkatkan pendapatanmu dari usaha menjual produk-produk di desa secara online.

Itulah beberapa usaha yang menguntungkan di desa yang bisa kamu pilih. Yang terpenting adalah tekad untuk mau maju! Ayo berdayakan desa.

Fidusiana | Majalah Ekonomi Terbaik di Indonesia

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *