Kemampuan Mengelola Keuangan Lebaran sangat Penting Dimiliki Terutama Oleh Ibu Rumah Tangga
5 Hal yang Harus Kamu Ketahui tentang Mengelola Keuangan Lebaran
Juli 28, 2018
Panduan Mengatur Keuangan untuk Dapat Membeli Rumah Sendiri Seperti yang Diidamkan
Tips dan Cara Mengatur Keuangan untuk Beli Rumah Idaman
Juli 29, 2018

5 Langkah Mengatur Keuangan untuk Masa Depan Anda

Cara untuk Mengatur Keuangan demi Mendapatkan Masa Depan yang Lebih Baik

Cara untuk Mengatur Keuangan demi Mendapatkan Masa Depan yang Lebih Baik

Banyak yang bilang bahwa cara terbaik mengatur keuangan untuk masa depan adalah dengan menabung. Padahal hal tersebut sangatlah keliru. Lantas bagaimana cara yang benar? Artikel berikut semoga membantu anda mendapatkan jawaban yang tepat.

Kesalahan Berpikir

Jika berbicara mengenai nasihat keuangan, nasihat yang paling populer berbunyi “Hemat Pangkal Kaya”. Hal tersebut tidaklah salah, namun tidak 100% benar loh.

Coba deh anda pikirkan, setiap tahun depresiasi atau penurunan nilai mata uang mencapai lebih dari 10%. Sementara jika menabung di bank bunga kurang dari 10 persen. Jika menabung di brankas, bunganya justru tidak ada.

Jadi dapat dikatakan bahwa menabung bukanlah solusi untuk mengatur keuangan bagi kebutuhan anda di masa depan. Lantas apa langkah yang benar?

Cara Mengatur Keuangan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, anda perlu untuk mengelola keuangan dengan “jauuuuh” lebih baik. Ada setidaknya 5 langkah yang wajib anda lakukan.

Kelima langkah tersebut adalah:

1. Buat Rancangan Pengeluaran Bulanan

Buatlah sebuah list yang berisi kebutuhan pokokmu selama sebulan kedepan. Dengan list tersebut, anda harus membuat 3 komitmen yang menyatakan:

  • Seluruh isi list tersebut benar-benar merupakan kebutuhan pokok untuk sebulan ke depan
  • Akan memastikan seluruh kebutuhan tersebut terpenuhi untuk 1 bulan ke depan
  • Tidak akan menggunakan anggaran untuk hal-hal di luar rancangan atau list tersebut

Dengan demikian, anda akan tahu sesuatu boleh dibeli atau tidak. Hal ini sangat penting karena 70% sumber kebocoran terjadi saat seseorang mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang sebenarnya bisa diabaikan. Bagaimana anda bisa mengatur keuangan untuk masa depan jika masalah pengeluaran bulanan saja masih ada banyak kebocoran.

2. Hindari Hutang Berbunga

Berhutang memang sangat menyenangkan. Namun dalam mengatur keuangan untuk masa depan maka berhutang harus anda hindari. Tetapi tidak semua hutang harus dihindari.

Ada beberapa hutang yang boleh anda lakukan jika memenuhi kondisi tertentu. Kondisi yang dimaksud antara lain:

  • Hutang tersebut tidak berbunga (semisal pinjaman dari saudara dekat)
  • Digunakan untuk sesuatu yang bersifat sangat darurat
  • Anda yakin dan mampu untuk mengembalikan pinjaman tersebut sebelum tempo yang ditentukan
  • Dipergunakan untuk hal-hal yang memberikan keuntungan.

Yup. Berhutang tidaklah salah. Namun hindari hutang yang justru memberikan beban untuk anda. Jika belum mendapatkan pinjaman yang sesuai dengan 4 kriteria di atas, sebaiknya tahan keinginan anda berhutang.

3. Alokasikan Dana yang Terefisienkan pada Hal yang Tepat

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, menabung bukanlah cara yang tepat dalam mengelola keuangan untuk masa depan anda ataupun anak anda. Anda mengatur keuangan untuk mengefisiensikan pengeluaran. Lalu anda mendapatkan dana sisa. Lantas dana tersebut sebaiknya digunakan untuk apa?

Lihat Juga: Mengatur Keuangan yang Pas Pasan

Nah berikut ini beberapa alokasi penggunaan dana yang bisa anda pilih agar bisa memiliki modal hidup di masa depan. Anda bisa untuk:

  • Investasi Lending

    Merupakan investasi di mana anda meminjamkan uang tersebut kepada orang-orang yang butuh pinjaman. Beberapa fintech menyediakan investasi ini.

    Dengan investasi lending, anda diibaratkan menabung namun dengan bunga yang melampaui nilai depresiasi mata uang. Namun tentunya anda harus pintar memilih fintech. Pilihlah fintech yang menyediakan calon peminjam yang memiliki riwayat keuangan yang baik.

  • Asuransi Pendidikan

    Merupakan solusi untuk anda yang menganggap semua jerih payah anda adalah demi kebahagiaan anak di masa depan. Asuransi pendidikan akan memudahkan anda mempersiapkan pendidikan si buah hati.

    Tak perlu lagi repot memikirkan biaya pendidikan yang semakin tinggi. Juga tak perlu lagi kesulitan mencari universitas yang baik. Karena semuanya akan diurus oleh pihak asuransi.

  • Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan

    Masalah pada kesehatan bisa datang kapan saja. Dan menimpa siapa saja. Biaya berobat juga semakin tinggi. Jika sebuah kamar rumah sakit untuk seminggu opname menelan biaya sebulan gaji anda, namun di tahun depan mungkin biayanya akan menelan 2 bulan gaji anda.

    Oleh sebab itu, daripada menabung untuk dana kejadian tidak terduga, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan jauh lebih bermanfaat.

Itulah 3 alokasi terbaik untuk anda dalam mengatur keuangan yang tepat untuk masa depan anda dan keluarga. Namun tentunya semua jatuh pada keputusan anda.

4. Bukalah Bisnis Sekarang Juga

Salah satu kesalahan berpikir lainnya dalam pengelolaan keuangan adalah “bagaimana agar di masa depan memiliki cukup banyak tabungan untuk membangun sebuah usaha”. Padahal sebuah usaha atau bisnis harus dimulai dari sekarang.

Ada beberapa keuntungan jika memulai bisnis sejak dini, di antaranya adalah:

  • Menancapkan nama lebih dahulu daripada yang lain
  • Mulai mendapatkan keuntungan lebih cepat
  • Menghindari terjadinya “sekedar wacana membangun bisnis lalu senyap begitu saja

Tidak perlu terlalu takut dengan alasan-alasan klasik seperti tidak memiliki modal, ataupun belum paham dunia bisnis. Justru dengan mulai melakukannya dari sekarang, anda bisa mulai mempelajarinya lebih cepat.

Ada beberapa bisnis yang bisa anda pilih tanpa modal besar di awal. Contohnya adalah:

  • Jual Beli Barang Secara Dropshipping
  • Membuka Jasa Laundry
  • Membuka Agency Sesuai Kemampuan Anda (membuat design, mengurus social media, dll)
  • dan ribuan jenis bisnis lain yang bisa anda pilih dan mulai lakukan

Dengan membuka bisnis, anda sudah dapat memastikan memiliki aset di masa depan yang akan menghasilkan uang secara berkelanjutan.

5. Terus Belajar dan Menggali Informasi

Zaman semakin berubah. Oleh sebab itu, cara anda mengelola keuanganpun semakin berubah. Seiring waktu ada metode-metode baru, aplikasi-aplikasi baru untuk mengatur keuangan, dan ada ide-ide bisnis baru yang bisa anda coba.

Dengan terus belajar pengelolaan keuangan yang baik dan benar, anda akan semakin dapat mengefisiensikan pengeluaran anda.

Sebagai contoh:

Anda dulu kesulitan dalam hal transportasi yang murah dan cepat. Jika anda tidak mau mempelajari kemajuan teknologi, mungkin anda tidak akan mendapatkan keuntungan dari adanya transportasi online dengan segala potongan harganya.

Anda dulu mungkin kesulitan dalam mengatur keuangan yang baik dan benar itu seperti apa. Dan mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyusunnya. Namun kini anda sudah bisa menggunakan banyak sekali aplikasi yang dapat langsung memberikan suggest seperti apa pengelolaan keuangan yang tepat untuk anda.

Nah itulah kelima cara yang tepat dalam mengatur keuangan untuk masa depan anda dan keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *