Mengatur Keuangan Wajib Dilakukan Sebelum Memutuskan Merantau untuk Kuliah di Luar Kota
Cara Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Kota
Agustus 12, 2018
Hal-Hal yang Harus Dihindari Istri Dalam Mengatur Keuangan Suami Tercintanya
Kesalahan Saat Mengatur Keuangan Suami yang Harus Dihindari
Agustus 17, 2018

Cara Mengatur Keuangan yang Pas Pasan dengan Tepat

4 Langkah dalam Mengatur Keuangan yang Pas Pasan dengan Cermat dan Tepat

4 Langkah dalam Mengatur Keuangan yang Pas Pasan dengan Cermat dan Tepat

Hampir mustahil untuk dapat menabung jika anda tak mampu mengatur keuangan yang pas pasan dengan baik. Triknya ternyata sangat sederhana. Cukup dengan 4 langkah saja, kondisi keuangan anda akan berubah drastis. Kok bisa.

Kunci dari mengatur keuangan sebenarnya sangat sederhana. Buat rancangan, optimalkan, dan eksekusi dengan konsisten. Tidak percaya? Silahkan check dan ikuti artikel berikut ini.

4 Cara Mengatur Keuangan yang Pas Pasan

Untuk menghasilkan kondisi di mana kebutuhan anda terpenuhi seutuhnya, anda memerlukan perancangan yang matang. Untuk itu, ada 4 langkah yang harus dilakukan, yaitu:

Buat Rancangan Anggaran Pengeluaran

Anda tentu memiliki pendapatan yang terbatas. Namun bukan berarti harus berputus asa. Buatlah rancangan anggaran yang meliputi kebutuhan-kebutuhan pokok untuk 1 bulan ke depan. Pastikan anda menuliskan semuanya dan tidak ada yang terlewatkan. Mengapa?

Jawabannya sangatlah simple. Karena apa yang tidak tertulis di rancangan anggaran pengeluaran ini, tidak boleh anda beli! Jadi pastikan anda menuliskan semuanya secara lengkap ya.

Jumlahkan Semua Pendapatan Anda

Merasa pendapatan anda pass-passan? Coba jumlahkan dulu seluruh pendapatan anda. Pendapatan yang diikutsertakan meliputi juga seperti bantuan bulanan dari RT/RW ataupun uang pensiun. Dengan demikian, jumlah keuangan anda benar-benar jelas.

Seleksi Anggaran Pengeluaran yang Sudah Anda Rancang

Setelah mengetahui total pendapatan bulanan yang anda dapatkan, sekarang saatnya memastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan. Jika masih “besar pasak daripada tiang”, buanglah beberapa pengeluaran yang dirasa tidak diperlukan.

Untuk memudahkan anda menyeleksi anggaran yang tidak diperlukan, anda dapat menggunakan sistem Primer-Sekunder-Tersier. Kategorikan setiap jenis rancangan pengeluaran dalam kebutuhan primer, sekunder, atau tersier. Untuk setiap kebutuhan tersier, singkirkan kebutuhan tersebut. Untuk setiap kebutuhan primer, tetap pertahankan. Dan untuk kebutuhan sekunder, masukkan jika memang masih memungkinkan.

Lihat Juga: Mengatur Keuangan Suami

Seleksi anggaran ini selesai setelah memenuhi kondisi di mana besar rancangan pengeluaran tidak melebihi pendapatan. Dan rancangan pengeluaran bisa memenuhi kebutuhan anda selama sebulan.

Rancang Pengoptimalan Biaya Pengeluaran

Setelah mendapatkan rancangan pengeluaran untuk sebulan ke depan, langkah selanjutnya adalah memastikan anda mendapatkan harga termurah untuk setiap pengeluaran. Untuk itu, beberapa langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari diskon, event cuci gudang, dan flash sale.

Selain itu, agar pengeluaran jadi lebih hemat, anda juga bisa melist di mana harus membeli barang-barang yang dibutuhkan. Cobalah survey tiap-tiap toko. Pilihlah toko yang memberikan harga yang lebih murah.

Nah itulah beberapa cara mengatur keuangan yang pas pasan dengan tepat. Pastikan setiap rancangan yang sudah disusun diikuti dengan konsisten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *