Begini Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa yang Ingin Bebas dari Masalah Finansial
Panduan Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa di Perantauan
September 15, 2018
Mempelajari Cara Hidup Hemat Anak Kosan dengan Cepat dan Mudah
Beginilah Cara Hidup Hemat Anak Kosan Kota Besar yang Wajib Ditiru
September 15, 2018

Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa yang Mudah Dilakukan dan Wajib Dicoba

Tips dan Trick Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa Senior yang Bisa Kamu Lakukan Sedari Semester Pertama

Tips dan Trick Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa Senior yang Bisa Kamu Lakukan Sedari Semester Pertama

Sebelum memasuki dunia kampus yang kejam, penting untuk mengetahui cara hidup hemat ala mahasiswa yang sudah dilakukan oleh para senior. Dengan demikian, uang bulananmu tidak akan menguap begitu saja.

Saat memasuki dunia perkuliahan, ini adalah saat dimana kita harus menjadi lebih mandiri dalam segala hal termasuk dalam mengatur keuangan kita.Terebih bila kita kuliah jauh dari rumah dan harus ngekos. Namun meski kita masih tinggal bersama orang tua, cara hidup hemat anak kuliahan tetap harus dipelajari. Tentunya kita juga malu kan sudah dewasa namun masih sering kehabisan uang sebelum akhir bulan. Belajar hemat juga sekaligus sebagai pembelajaran untuk mengatur keuangan di masa depan.

Panduan Singkat Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa Senior

Inilah beberapa tips asik dalam berhemat yang bisa diterapan oleh anak kuliahan tanpa menyiksa. Selamat membaca.

Mengatur Kebutuhan Di Awal Bulan

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah mengatur kebutuhan di awal bulan. Dengan terperinci kita bisa mengatur kebutuhan kita selama satu bulan ke depan. Pilihlah kebutuhan yang paling penting dan prioritaskan kebutuhan primer. Jangan lupa untuk menyisihkan terlebih dulu sekitar 15% dari uang kita untuk di tabung. Membiasakan diri menabung di awal bulan bisa melatih kita untuk membatasi pembelian barang yang tidak perlu.

Menggunakan Transportasi Umum

Tidak ada salahnya memang, bila kita memiliki atau difasilitasi kendaraan sendiri oleh orang tua. Namun, bila memungkinkan akan lebih baik bila menggunakan transportasi umum. Kalau dihitung-hitung, antara membeli bahan bakar untuk kendaraan pribadi, akan lebih hemat bila menggunakan transportasi umum. Ini merupakan salah satu cara hidup hemat anak kuliahan  yang cukup ampuh diterapkan, mengingat hampir setiap hari kita ke kampus.

Jangan Suka Kalap Belanja

Di awal bulan biasanya anak kuliah selalu ingin beli ini itu karena merasa uang jajan masih melimpah. Di awal-awal bulan nongkrong di kafe atau membeli pakaian tampak tak seberapa, namun bila ini sering dilakukan, maka sebelum akhir bulan kita akan kehilangan banyak uang. Kita akan sadar bahwa telah banyak uang yang terkuras untuk barang-barang yang kurang penting. Untuk itu, batasi pembelian barang yang kurang dibutuhkan hanya karena napsu semata. Kurangi juga nongrong di kafe yang mahal terlalu sering.

Mencuci Pakaian Sendiri

Cara hidup hemat anak kuliahan yang kelima adalah cermat dalam mencuci baju sendiri. Ditengah kesibukkan sorang anak kuliahan dengan banyak tugas pasti sangat sulit untuk membagi waktu. Karena merasa capek, akhirnya anak kuliahan lebih sering menyuci pakaian menggunakan jasa laundry. Namun, tanpa disadari, bila dihitung-hitung pengeluaran yang dikeluarkan untuk jasa laundry cukup banyak loh tiap bulannya. Bandingkan dengan mencuci baju sendiri.

Lihat Juga: Cara Mengatur Keuangan 2 Juta Per Bulan

Uang yang digunakan untuk jasa laundry itu, bila dibelikan deterjen sendiri sudah bisa untuk dua bulan loh. Memang membutuhkan sedikit upaya dan anak kuliahan harus pandai mengatur waktu. Tapi itu semua bisa mmbuat kita menjadi lebih rajin sekaligus lebih hemat loh.

Pintar Membeli Buku Kuliahan

Saat di awal semester, anak kuliahan akan dihadapkan dengan materi-materi baru. Dari materi baru tersebut pastinya membutuhkan buku-buku yang baru. Membeli buku di toko buku komersil biasanya memang lebih mahal. Untuk itu, kita bisa membeli buku di toko yang disediakan oleh kampus. Biasanya harga buku di toko buku kampus lebih murah loh. Selain itu, jika ingin lebih hemat, kita bisa meminjam kepada kakak tingkat yang sudah tidak memerlukan bukunya.

Menjadi hemat itu tidak sulit kan? Tergantung seberapa besar niat kita. Itulah beberapa cara hidup hemat ala mahasiswa atau anak kuliahan yang simpel dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tanpa menyiksa. Selamat belajar hidup hemat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *