Orang Tua yang Baik Tahu Cara Mengajarkan Hidup Hemat untuk Anak Kesayangannya
Cara Mengajarkan Hidup Hemat Untuk Anak yang Anda Sayangi
September 29, 2018
Keuntungan dan Manfaat Transaksi Non Tunai Serta Kelemahan Transaksi Non Tunai yang Perlu Diperbaiki
Kelebihan dan Manfaat Transaksi Non Tunai Bagi Kita Semua
November 20, 2018

Cara Mengatur Keuangan 2 Juta Per Bulan Agar Meningkatkan Penghasilan

Perhitungan yang Cermat adalah Salah Satu Cara Mengatur Keuangan 2 Juta Per Bulan dengan Cermat dan Tepat

Perhitungan yang Cermat adalah Salah Satu Cara Mengatur Keuangan 2 Juta Per Bulan dengan Cermat dan Tepat

Mempelajari cara mengatur keuangan 2 juta per bulan sangatlah penting. Dengan demikian, ada alokasi untuk tabungan dan investasi.

Namun ternyata, pengalokasian 2 juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan tidaklah mudah. Apalagi jika tidak tahu bagaimana mengatur keuangan dengan baik dan benar. Nah, untuk anda yang ingin lebih berhemat, cara berikut ini bisa anda coba. Bagaimana caranya?

Cara Mengatur Keuangan 2 Juta Per Bulan dengan Baik

Hal terpenting dalam mengatur keuangan bulanan bukanlah bagaimana agar dana yang dimiliki mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Karena jika berpikir demikian, kehidupan anda akan tetap seperti itu-itu saja. Tidak ada peningkatan dalam hidup.

Oleh sebab itu, sangat penting agar tahu cara mengatur keuangan di mana uang 2 juta yang anda miliki dapat digunakan untuk:

  • Memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan
  • Ada sisa untuk ditabung (dana darurat dan keperluan membeli sesuatu di masa depan)
  • Dan ada uang untuk digunakan berinvestasi

Terlihat tidak mungkin? Sangat mungkin jika anda tahu caranya. Nah ada beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

  1. Buat Rancangan Anggaran

    Tidak mungkin dana 2 juta mencukupi untuk 1 bulan jika anda tak melakukan rancangan anggaran dengan baik. Nah, untuk melakukan pengganggaran ini, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Apa saja tips tersebut?

    Buat Alokasi Dana
    Tips pertama adalah alokasikan dana dengan cermat. Sebagai saran pengalokasian dana, gunakan 1,2 juta rupiah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Gunakan 400 ribu untuk dana tabungan (termasuk di dalamnya dana darurat). Dan 400 ribu sisanya digunakan untuk berinvestasi.

    Rancang 1,2 Juta untuk Kebutuhan Hidup 1 Bulan
    Dari dana 2 juta rupiah, pastikan anda hanya mempergunakan 1,2 juta rupiah untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Nah untuk dapat melakukannya, pengetatan anggaran adalah kuncinya. Pastikan kamu mempersiapkan dana pokok untuk biaya makan, transportasi, dan biaya sewa kamar (jika hidup di kontrakan/kosan).

    Hindari Hal-Hal yang Dapat Membengkakkan Anggaran
    Biaya transportasi dan biaya makan adalah 2 pos anggaran yang cukup menyedot pengeluaran. Oleh sebab itu, anggaran ini (dan anggaran lainnya) harus ditekan seminimal mungkin. Dan wajib menjaga agar tak terjadi pembengkakan anggaran. Misalnya tergoda untuk ikut teman acara-acara hang out. Atau keinginan memesan makanan di restoran yang baru saja buka. Dan yang paling parah, tergoda membeli barang yang sedang diskon padahal barang tersebut tidaklah terlalu dibutuhkan secara mendesak.

  2. Mulailah Berhemat

    Kunci berikutnya agar dengan 2 juta anda mampu memenuhi kebutuhan hidup, mampu menabung, dan bisa berinvestasi adalah dengan BERHEMAT. Tanpa penghematan dalam pengeluaran, mustahil untuk hidup cukup dengan 2 juta rupiah. Apalagi jika anda sudah menikah dan memiliki anak.

    Nah berhemat bukan berarti mengorbankan beberapa kebutuhan dan keinginan dalam hidup anda. Namun lebih kepada mengontrol dana yang keluar seminimal mungkin. Bagaimana caranya?

    Membeli Barang di Toko yang Lebih Murah

    Harga antara toko yang 1 dengan toko lainnya bisa berbeda. Ada yang memberikan harga murah, namun ada yang mengambil untung cukup tinggi. Namun bukan berarti anda harus selalu membeli di toko yang lebih murah. Jika toko tersebut cukup jauh, lebih baik membeli di toko dengan harga sedikit lebih mahal (selama harga tersebut masih masuk di akal).

    Mencari Diskon

    Terkadang suatu barang dijual dengan harga diskon. Nah kamu bisa menggunakan diskonan tersebut untuk meringankan biaya pengeluaranmu. Biasanya diskon ini muncul ketika supermarket hendak mengosongkan stock barang, atau ketika sedang ada promo barang. Namun berhati-hatilah dalam mencari barang diskonan. Jangan sampai anda tergoda membeli barang yang sebenarnya bukan prioritas belanja.

    Membeli Barang dalam Jumlah Banyak

    Membeli kebutuhan pokok dalam jumlah tertentu biasanya akan lebih murah. Dan oleh karena itu, anda bisa membeli suatu barang kebutuhan pokok dalam jumlah yang besar. Perbedaan harganya cukup besar loh. Hitung-hitung anggap saja stock untuk beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan. Dan karena merupakan stock, sebaiknya beli barang yang memang tahan lama, dan sebaiknya anda memiliki tempat penyimpanan yang cukup aman di rumah.

    Belanja Sekaligus Semua Kebutuhan Pokok untuk 1 Bulan

    Ada penghematan yang cukup besar dengan berbelanja kebutuhan pokok untuk 1 bulan ke depan. Dan menurut beberapa ahli keuangan, ini merupakan cara mengatur keuangan 2 juta per bulan yang paling tepat dan ideal. Dengan carai ini, ada beberapa keuntungan yang bisa anda peroleh.

    Keuntungan pertama adalah anda akan menghemat waktu, tenaga, dan mungkin biaya transportasi untuk mengunjungi pasar/toko berkali-kali.  Keuntungan kedua adalah anda lebih mudah untuk berkata “Semua kebutuhan pokok untuk sebulan ke depan sudah terpenuhi. Saya tidak perlu mengeluarkan uang untuk belanja lagi”. Dan keuntungan ketiga adalah adanya potongan harga dan reward spesial karena anda membeli barang dalam nominal tertentu. Dan hal ini tentunya cukup membantu berhemat bukan?

  3. Rawat Barang dengan Baik

    Masalah yang menyebabkan usaha mengatur keuangan 2 juta per bulan menjadi sebuah kegagalan adalah adanya kebutuhan tak terduga. Misalnya motor tiba-tiba rusak. Laptop tiba-tiba bermasalah. Atau handphone dan barang elektronik lain tiba-tiba tidak berfungsi dengan normal.

    Tidak perlu panik, apalagi menyalahkan orang lain atas kejadian tersebut. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mulai menjaga baik-baik barang-barang lain yang anda miliki. Agar barang-barang tersebut terawat dengan baik, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan.

    Lakukan Perawatan Berkala
    Untuk kendaraan, sebaiknya tidak lupa untuk melakukan perawatan atau service berkala. Jangan sampai kerusakan muncul karena biaya perbaikan biasanya akan lebih tinggi dari pada biaya 6 bulan perawatan berkala.

    Untuk barang-barang elektronik, perawatan berkala bisa dilakukan dengan cara membersihkan barang tersebut dari debu dan kotoran. Juga bisa dilakukan dengan melakukan update software secara berkala.

    Jaga Barang dari Hal-Hal yang Dapat Merusak
    Barang yang kotor dapat berkarat atau bau sehingga tak layak pakai. Barang yang disimpan sembarangan juga dapat rentan rusak oleh banjir ataupun tikus dan serangga. Oleh sebab itu, semua barang (terutama simpanan kebutuhan pokok anda untuk 1 bulan kedepan) harus disimpan dengan baik.

    Ada beberapa cara untuk menjaga barang dari kerusakan. Salah satunya dengan rajin membersihkan barang yang sudah disimpan. Ataupun menggunakan barang yang dapat mengusir serangga dan tikus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cara mengatur keuangan 2 juta per bulan bukan saja soal berhemat, dan bukan saja soal mencari harga yang lebih murah. Namun juga bagaimana menjaga dan merawat apa yang kita miliki dengan sebaik mungkin.

  4. Jaga Kesehatan

    Apapun cara yang anda lakukan untuk mengatur keuangan, akan gagal jika anda tidak menjaga 2 hal. Hal pertama adalah nafsu berbelanja. Dan hal kedua adalah kesehatan anda sendiri.

    Ya, kesehatan adalah kunci utama untuk dapat terus produktif. Jika anda sakit, tidak hanya pendapatan bisa terhenti. Anda juga perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Lantas bagaimana cara untuk menjaga kesehatan anda tetap prima?

    Istirahat yang Cukup

    Langkah pertama adalah dengan istirahat yang cukup. Sebaiknya anda tetap tidur minimal 6 jam sehari. Jangan kurang dari itu. Apalagi jika pekerjaan anda termasuk pekerjaan berat dan sangat memerlukan fisik yang prima.

    Rekreasi

    Langkah kedua adalah dengan sesekali berekreasi. Tidak harus ke tempat wisata yang memerlukan biaya. Anda bisa mencoba untuk berekreasi dengan jalan-jalan sore bersama teman, keluarga, atau sendiri. Menikmati udara segar di pagi hari juga dapat menjadi alternatif rekreasi. Dengan cara ini, anda bisa terhindar dari beberapa penyakit akibat melemahnya daya tahan tubuh yang diakibatkan oleh adanya stress.

    Cukup Nutrisi

    Langkah ketiga adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sesuai kadar asupan gizi yang disarankan. Jangan sampai tubuh mengalami kekurangan asupan baik itu protein, karbohidrat, vitamin, maupun nutrisi lainnya. Dan jangan sampai juga tubuh mengalami masalah yang diakibatkan dehidrasi. Jadi ketika haus, segeralah menenggak minimal satu gelas air putih.

    Berolahraga

    Langkah terakhir untuk menjaga kesehatan anda, dan memastikan cara mengatur keuangan 2 juta per bulan yang anda lakukan berada di jalur yang benar adalah dengan berolahraga. Tidak harus ke gym. Ada banyak contoh olahraga yang mudah, murah, dan bisa dilakukan kapan saja. Misalnya jogging di pagi hari, senam, berjalan kaki ketika berbelanja ke warung, ataupun melakukan gerakan ringan untuk meregangkan badan setiap 30 menit.

  5. Dapatkan Penghasilan Tambahan

    Finansial freedom atau bebas dari masalah keuangan adalah harapan banyak orang. Oleh sebab itu, jangan sampai anda terus-menerus terpaku dan puas karena tahu cara mengatur keuangan 2 juta per bulan. Bagaimanapun juga, 2 juta dalam sebulan bukanlah jumlah yang cukup. Apalagi saat ini kita hidup dalam situasi ekonomi di mana setiap barang pasti akan mengalami kenaikan harga seiring dengan waktu.

    Solusi menghindari masalah keuangan dari kondisi 2 juta per bulan ini adalah dengan meningkatkan penghasilan anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tambahan uang. Apa saja cara tersebut?

    Meminta Kenaikan Gaji

    Jika anda merasa sudah memberikan kontribusi yang cukup kepada perusahaan tempat anda bekerja, tidak ada salahnya untuk meminta kenaikan gaji. Namun hal ini perlu dilakukan dengan sopan, dan penuh alasan yang kuat.

    Beberapa alasan yang bisa anda gunakan adalah sudah cukup lama bekerja di tempat tersebut, belum pernah mendapatkan kenaikan gaji sebelumnya, merasa sudah selayaknya mendapatkan kenaikan gaji, dan adanya kebutuhan yang meningkat pada diri anda (misalnya karena kini sudah memiliki anak).

    Berinvestasi dan Membuka Usaha

    Bukankah anda sudah menyisihkan Rp400.000,- per bulan untuk investasi? Mulailah mencoba-coba berbagai jenis investasi yang ada. Mulai dari berinvestasi di toko yang hendak dibangun oleh sahabat, kerabat, atau tetangga. Atau berinvestasi di fintech lending, saham, forex, dll.

    Anda juga dapat mencoba membuka sebuah usaha kecil-kecilan. Misalnya warung kelontongan, menjual gorengan, makanan ringan, dan usaha kecil-kecilan lainnya. Tujuan utama dari membuka usaha ini bukanlah sekedar untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun agar memiliki pengalaman lebih jauh dalam mengelola sebuah bisnis yang lebih besar kedepannya.

    Melakukan Kerja Sampingan

    Tak perlu berlama-lama hidup dalam aturan bagaimana cara mengatur keuangan 2 juta per bulan terus menerus. Anda bisa meningkatkan penghasilan dengan melakukan kerja sampingan. Dan di era seperti sekarang ini, ada banyak sekali kerja sampingan yang bisa anda pilih.

    Kerja sampingan ini antara lain menjadi ojek online selepas bekerja, atau menjadi pengajar untuk anak-anak SD berhitung, menulis, ataupun belajar mengaji. Atau bisa juga kerja sampingan dengan mengerjakan project secara freelance. Seperti membantu membuatkan artikel, mengedit foto/gambar, dan pekerjaan-pekerjaan freelance lainnya.

Itulah beberapa cara terbaik yang bisa anda lakukan untuk memastikan anggaran 2 juta per bulan dapat mencukupi kebutuhan hidup, tabungan, dan bisa membantu anda mendapatkan lebih banyak uang. Terlihat mustahil untuk dilakukan?

Tentunya tidak. Yang terpenting adalah konsekuen dalam melakukannya. Dengan demikian, anda tidak tergoda untuk melakukan pembelanjaan di luar kebutuhan pokok dan anggaran belanja yang sudah dibuat.

Berikut ini beberapa tips untuk menjadikan anda fokus dalam melakukan rancangan penggunaan uang untuk sebulan kedepan:

  • Jangan ragu menolak ajakan teman untuk hang out, terutama di tempat yang biaya makannya mahal
  • Tak perlu malu untuk membiasakan diri berjalan kaki ke warung, walaupun jaraknya cukup jauh
  • Dan selalu bersyukur atas segala rahmat yang diterima. Berapapun besar yang diterima
  • Dan teruslah berjuang untuk mencari rahmat dan rezeki yang lebih besar lagi. Bagaimanapun juga, bersyukur bukan berarti pasrah dengan apa yang sudah diterima selama ini.

Anda masih bingung bagaimana cara mengatur keuangan 2 juta per bulan? Sebagai acuan, silahkan check contoh penggunaan uang dalam 1 bulan di bawah ini.

Contoh Cara Mengatur Keuangan 2 Juta Per Bulan yang Bisa Ditiru

Bagi anda yang kesulitan dalam membuat anggaran belanja untuk 1 bulan ke depan, contoh anggaran berikut ini bisa menjadi solusinya. Dengan contoh ini, anda bisa meniru, atau memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan anda.

Buat Pos Anggaran Besar

Mula-mula anda dapat membuat pos anggaran. Ada 3 jenis pos anggaran, yaitu:

  • Pos untuk memenuhi kebutuhan pokok
  • Pos untuk tabungan dan dana darurat
  • Serta pos untuk investasi

Dengan 2 juta rupiah per bulan, sangat disarankan untuk memiliki pembagian sebagai berikut:

  • Gunakan 1,2 juta untuk keperluan pokok selama 1 bulan ke depan
  • Sisihkan 400 ribu untuk tabungan (200 ribu tabungan murni, dan 200 ribu sebagai dana darurat)
  • Pisahkan 400 ribu lagi untuk digunakan sebagai modal investasi

Anda juga bisa menggunakan format seperti ini:

  • Gunakan 1,4 juta untuk keperluan pokok selama 1 bulan ke depan
  • Sisihkan 300 ribu untuk tabungan (100 ribu tabungan murni, dan 200 ribu sebagai dana darurat)
  • Pisahkan 300 ribu lagi untuk digunakan sebagai modal investasi

Pada intinya, pastikan anda memiliki dana untuk tabungan, dan dana untuk investasi. Karena tanpa adanya kedua hal tersebut, kehidupan keuangan anda akan menjadi sesuatu yang stagnan atau bahkan menjadi lebih buruk.

Bagi Anggaran untuk Pemenuhan Kebutuhan Pokok

Hal paling sulit dalam cara mengatur keuangan 2 juta per bulan adalah ketika harus menghadapi bagaimana mencukupkan 1,2 juta untuk 1 bulan. Terutama jika sudah berkeluarga.

Nah, pembagian anggaran berikut bisa anda coba, yaitu dengan menentukan besaran biaya untuk:

  • Biaya makan 1 bulan ke depan

    Misalnya ada 4 orang di rumah anda. Maka solusi dan cara mengatur keuangan 2 juta per bulan yang bisa diterapkan adalah dengan menyisihkan sekitar 600 ribu untuk biaya makan 1 bulan.

    Agar cukup untuk 1 bulan, disarankan memasak sendiri makanan yang ada. Agar mudah melakukan pembagian anggaran memasak, anda bisa menentukan biaya makan harian dengan cara membagi biaya makan per hari sebesar 20 ribu rupiah. Uang ini bisa dialokasikan untuk membeli beras, membeli telur, tempe, dan sayur.

  • Transportasi yang diperlukan untuk 1 bulan ke depan

    Sebisa mungkin anda harus bekerja di tempat yang tidak begitu jauh dari rumah. Dengan demikian, kebutuhan biaya transportasi bisa ditekan sebisa mungkin. Dan begitu juga tempat sekolah anak sebaiknya ada di sekolah negeri yang tidak begitu jauh dari rumah sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Atau anda bisa mengantarnya ke sekolah dengan motor (berbarengan dengan anda berangkat kerja).

    Dengan kondisi di atas, biaya transportasi per bulannya hanya akan ada di kisaran 50 ribu sampai 80 ribu Rupiah saja.

  • Kebutuhan rumah tangga seperti peralatan mandi

    Sabun, odol, shampoo, dan parfum adalah sesuatu yang sangat diperlukan. Pada dasarnya, biaya keperluan ini tidak akan mencapai lebih dari Rp100.000,- per bulannya. Yang terpenting, tidak perlu terlalu banyak menggunakan parfum. Dan tidak perlu sampai membeli parfum mahal.

  • Kebutuhan jajan dan keperluan sekolah untuk anak

    Untuk jajan, anda bisa membuatkannya bekal makan siang. Namun sesekali anda bisa memberikannya uang jajan. Jadi kebutuhan untuk uang jajan bisa dialokasikan sekitar Rp60.000,- untuk 1 bulan (12 hari sekolah mendapatkan uang jajan, 13 hari lainnya membawa bekal makanan).

    Sementara untuk keperluan sekolah anak, seperti alat tulis, buku gambar, dan biaya print ataupun foto copy, anda bisa menganggarkan Rp40.000,- per bulan.

  • Kebutuhan pribadi seperti pulsa dan obat tertentu

    Untuk biaya ini, anda bisa menganggarkan Rp100.000,- per bulan. Ya, di zaman teknologi seperti sekarang ini, memiliki pulsa dan jaringan internet adalah sesuatu yang wajib. Dengan demikian, anda tidak akan ketinggalan akan adanya peluang. Misalnya anda bisa mencari-cari pekerjaan sampingan yang bertebaran di internet.

  • Biaya gas, listrik, air, dan sewa rumah

    Biaya gas untuk rumah tangga pada umumnya cukup dengan 1 tabung gas 3kg per bulan. Dengan demikian, biaya gas tidak lebih dari Rp20.000,- per bulan.

    Sementara biaya listrik dan air bisa ditekan di angka 150 ribu per bulan. Dengan demikian keperluan yang tersisa adalah biaya kredit rumah ataupun membayar kontrakan. Untuk biaya tersebut sebaiknya tidak menggunakan pendapatan anda dari pekerjaan tetap. Solusinya adalah dengan menggunakan pekerjaan sampingan untuk memenuhi biaya-biaya tersebut.

    Ya, karena pada dasarnya, biaya kontrakan ataupun kredit rumah adalah anggaran yang sangat besar. Oleh sebab itu, sebaiknya jadikan tagihan tersebut pelecut anda agar semangat dalam melakukan kerja sampingan atau kerja paruh waktu.

Demikianlah beberapa solusi menentukan anggaran yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda sekeluarga selama 1 bulan ke depan. Tidak mustahil bukan melakukan semua cara mengatur keuangan 2 juta per bulan ini? Jika mereka yang sudah berkeluarga saja memungkinkan untuk hidup dengan biaya 1,2 juta sebulan, masa anda yang belum berkeluarga tidak mampu melakukannya?

Lihat Juga: Mengatur Keuangan Setelah Lebaran

Nah, berikutnya adalah bagaimana cara meningkatkan pendapatan dengan dana investasi yang sudah anda sisihkan tadi?

Bukankah akan menjadi sia-sia jika anda sendiri tidak tahu akan digunakan untuk apa uang tersebut. Tidak perlu khawatir. Karena dana tersebut bisa anda gunakan untuk membuka usaha dan investasi kecil-kecilan loh.

Usaha dan Investasi Bagi yang Berpendapatan 2 Juta Per Bulan

Percuma saja anda mengetahui cara mengatur keuangan 2 juta per bulan jika hal tersebut tidak meningkatkan taraf hidup anda. Dengan adanya uang sisihan untuk menabung dan berinvestasi, seharusnya memotivasi anda untuk meningkatkan pendapatan bulanan. Bukankah anda tidak ingin selalu terjebak dalam masalah finansial?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa dengan 2 juta per bulan, anda masih bisa menabung Rp400.000,- dan menyiapkan dana Rp400.000,- untuk investasi. Pertanyaan yang pasti ada di benak kita adalah, investasi seperti apa yang bisa dicoba dengan dana 400 ribu per bulan?

Ada cukup banyak contoh investasi yang bisa anda coba dengan modal Rp400.000,- per bulan. Di antaranya adalah:

  • Fintech Lending

    Adalah sebuah peluang investasi di mana anda dapat mencari orang yang sedang membutuhkan pinjaman secara online lalu meminjamkannya uang. Investasi ini cukup mudah dilakukan karena modalnya pun bisa dimulai dari hanya Rp100.000,-.

    Kelemahan investasi ini adalah resiko yang mungkin terjadi jika peminjam gagal melakukan pembayaran. Namun masalah ini bisa tertatasi jika anda menggunakan jasa fintech yang memberikan pilihan calon peminjam kredibel dan memiliki riwayat keuangan yang baik.

    Untuk keuntungan sendiri, dengan modal Rp400.000,- (jumlah yang sama dari uang sisihan dalam mengatur keuangan 2 juta per bulan) anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar 40 sampai 80 ribu Rupiah per bulannya.

  • Berjualan Online

    Adapun cara mengatur keuangan 2 juta per bulan yang terbaik adalah dengan menambah penghasilan itu sendiri. Dan salah satu cara terbaik menambah penghasilan adalah dengan berjualan online. Jenis usaha ini dapat dilakukan dengan modal di bawah 400 ribu per bulannya.

    Yang terpenting dari berjualan online adalah memiliki produk yang bisa dijual, memasarkannya, dan memenuhi pesanan pelanggan. Jika anda kesulitan dalam mencari produk yang bisa dijual, jangan khawatir. Ada sangat banyak suplier yang siap mensupport anda untuk menjual produk mereka. Baik dengan menjadi reseller, ataupun dengan sistem dropship.

    Untuk memasarkannyapun tidaklah sulit di era seperti sekarang ini. Yang dibutuhkan adalah ketekunan untuk terus menerus memasukkan produk anda ke dalam toko online (e-commerce), forum-forum, social media, dan website-website lainnya.

  • Membuka Warung Makan

    Bagi anda penyuka sesuatu yang konvensional, usaha membuka warung makan adalah pilihan yang tepat. Namun apakah modal 400 ribu sudah cukup? Jawabannya adalah ya … sudah cukup.

    Segala sesuatu tentunya harus dimulai dari sesuatu yang kecil. Nah, anda tidak harus langsung membuka rumah makan besar, lengkap dengan meja dan kursi mewah. Dengan 400 ribu, mungkin anda bisa memulainya dengan membuka toko kecil yang menyediakan kopi, indomie, dan gorengan.

    Seiring dengan waktu, anda bisa menambah isi warung dengan berbagai menu lainnya. Misalnya kue, rokok, dan menu tambahan lainnya. Oh iya, untuk memastikan omset anda selalu bisa diputar, pastikan untuk tidak memberikan hutang kepada siapapun. Karena matinya warung dan kios pada umumnya disebabkan oleh adanya hutang menumpuk dari para pelanggan.

  • Membuka Usaha Reparasi

    Tolong jangan bilang bahwa anda tidak memiliki kemampuan memperbaiki barang. Hanya dalam 3-4 bulan sebenarnya anda sudah bisa membuka usaha reparasi barang. Bagaimana cara melakukannya?

    Cara pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan belajar cara-cara memperbaiki barang rusak. Bisa dilakukan dengan ikut orang sebagai karyawan paruh waktu. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan ilmu yang cukup untuk diserap.

    Cara dan langkah kedua adalah dengan membeli barang-barang yang kiranya diperlukan untuk mereparasi barang. Entah itu obeng, skrup, dan benda-benda lainnya.

    Dan langkah ketiga adalah dengan menyewa kios kecil sebagai kios perbaikan barang. Dengan demikian, anda sudah memiliki usaha dan investasi anda sendiri.

Demikianlah beberapa cara mengatur keuangan 2 juta per bulan yang mudah diterapkan namun dapat meningkatkan penghasilan anda. Semoga artikel ini mudah dimengerti dan mampu memotivasi anda untuk lebih teliti dalam pengaturan dan pengelolaan keuangan. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *