Tips dan Trick Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa Senior yang Bisa Kamu Lakukan Sedari Semester Pertama
Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa yang Mudah Dilakukan dan Wajib Dicoba
September 15, 2018
Cara Hidup Hemat Biar Kaya
September 15, 2018

Beginilah Cara Hidup Hemat Anak Kosan Kota Besar yang Wajib Ditiru

Mempelajari Cara Hidup Hemat Anak Kosan dengan Cepat dan Mudah

Mempelajari Cara Hidup Hemat Anak Kosan dengan Cepat dan Mudah

Memikirkan bagaimana cara hidup hemat anak kosan di kota besar dapat membuat siapapun merasa tertekan. Ini solusinya untuk anda.

Ketika seseorang sudah mulai ngekos, saat itu juga kemandirian harus sudah dimulai. Berbeda saat tinggal serumah dengan orang tua, apa-apa bila kekurangan uang jajan bisa langsung minta. Nah, kalau sudah ngekos apalagi dengan jarak yang cukup jauh dari rumah semua harus bisa diatasi dalam keadaan darurat sekalipun.

Lalu cara hidup hemat ala anak kosan yang seperti apa yang bisa kita tetapkan? Agar kita tidak sampai kehabisan uang dan tetap punya simpanan di saat akhir bulan, kita perlu belajar berhemat.

Untuk anak kos-kosan, inilah beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan!

Prioritaskan Kebutuhan Primer atau Penting

Sangat penting bagi anak kos untuk memprioritaskan kebutuhan yang penting terlebih dahulu. Di awa bulan, sisihkan terlebih dahulu uang untuk kebutuhan primer seperti biaya kuliah, kos, hingga anggaran makan dan jajan setiap harinya. Dengan begitu anak kos tidak akan langsung membelanjakan uang untuk hal-hal yang kurang penting di awal bulan. Anak kosan juga akan bisa memperkirakan kebutuhan pengeluaran selama sebulan. Kalau sudah dihtung, barulah bila sisa bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sekunder.

Lihat Juga: Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Jangan Mengambil Uang Sekaligus

Kadang, anak kosan ingin mengambil jatah uang saku selama satu bulan sekaligus di awal bulan dengan alasan biar tidak peru bolak-balik ke ATM. Tapi tunggu dulu, kalau anak kos tersebut kurang vermat dalam menggunakan uang, bisa-bisa uang itu akan langsung habis dalam hitungan minggu. Cara hidup hemat ala anak kosan selanjutnya adalah dengan mengambil uang di ATM perminggu. Dengan membuat anggaran untuk kebutuhan perminggu, maka anak kos akan berusaha membuat uang tersebut pas untuk kebutuhan satu minggunya.

Aktif Dalam Kegiatan Kampus

Sebagai mahasiswa harusnya memang harus lebih aktif dalam kegiatan kampus. Dalam kegiatan kampus, mahasiswa akan disibukkan dengan berbagai macam kegiatan kampus. Dengan begitu akan mengurangi keinginan untuk nongkrong atau jalan-jalan yang tidak penting yang menguras lebih banyak uang saku. Bahkan bila aktif dalam kegiatan kampus dengan mengadakan berbagai macam acara seperti seminar dan lain-lain, kita bisa mendapatkan banyak manfaat termasuk belajar mencari penghasilan sampingan loh!

Selektif Memilih Toko Dengan Harga Terjangkau

Cara hidup hemat ala anak kosan yang keempat adalah selektif dalam memilih tempat belanja. Sedikit jeli melakukan survey dan membandingkan harga dari satu toko ke toko lain tidak menjadi masalah. Justru hal ini bisa berdampak bagus untuk jangka panjang.

Meski harga hanya selisih sedikit, namun bila untuk jangka panjang, coba bayangkan berapa banyak penghematan yang harusnya bisa kita lakukan. Ini semua termasuk dalam memilih toko sembako, kebutuhan harian, hingga peralatan dan buku pelajaran kampus ya!

Nah, agar lebih murah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika hendak ataupun saat berbelanja. Terutama oleh kamu yang masih bingung bagaimana cara hidup hemat anak kosan di kota besar namun tetap dapat memuaskan hasrat berbelanja. Adapun tips tersebut antara lain adalah:

  • Carilah informasi adanya promo dan diskon
  • Buat perhitungan yang matang untung tidaknya membeli barang dari toko yang jauh
  • Jual kembali barang yang dibeli untuk mendapatkan keuntungan

Yup… Jika kamu memiliki hobby berbelanja, kamu bisa tetap berbelanja namun tetap hemat. Asalkan barang yang kamu belanjakan kamu putar kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Belajar Memasak Sendiri

Meski terlihat sepele, kebutuhan makanan bisa menjadi kebutuhan dengan aggaran yang paling besar. Apalagi bila kita makan di café, mall dan lain-lainnya. Untuk itu akan sangat bagus bila anak kosan belajar memasak sendiri makanan setiap hari. Coba hitung-hitung deh, anggaran makan yang dibeli setiap hari bila digunakan untuk memasak sendiri, bisa menghasilkan makanan yang lebih banyak loh. Jadi, bekali dan latih diri dengan kemampuan memasak agar lebih hemat.

Menjadi hemat memang harus cermat. Tetapi dengan berhemat kita akan melatih diri untuk masa depan yang lebih teratur dari segi keuangan.

Pelajari Cara Hidup Hemat Anak Kosan Lainnya dari Para Senior

Kamu bukanlah yang pertama mengalami siklus hidup merantau dan mengekos. Nah, oleh sebab itu, masalah keuangan selama mengekos pasti bukan hanya dialami oleh kamu seorang.  Senior-seniormu juga pasti pernah mengalaminya.

Pengalaman mereka tidak boleh disia-siakan. Kamu bisa meminta cerita bagaimana mereka mengatur keuangan selama masa-masa tersebut. Ada 3 hal yang perlu kamu perhatikan dari cerita yang mereka sampaikan, yaitu:

  • Kesalahan pengaturan keuangan apa yang pernah mereka lakukan
  • Bagaimana mereka menghadapi masalah keuangan selama mengekost
  • Tips hemat apa saja yang mereka bisa berikan

Dengan tahu semua hal tersebut, pengalaman tinggal dan hidup di kosan akan terasa lebih ringan. Bukan begitu?

Demikianlah tadi beberapa tips dan cara hidup hemat anak kosan yang bisa diterapkan dengan mudah. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *