Cara Hidup Hemat Bagi Pelajar
September 15, 2018
Tips Mengatur Keuangan Lajang yang Ingin Segera Menikah dan Memiliki Bisnis Sendiri
Cara Mengatur Keuangan Lajang Agar Dapat Berbisnis dan Segera Menikah
September 15, 2018

Langkah dan Cara Hidup Hemat Anak Kuliah Berkantong Pass-Passan

Panduan Cara Hidup Hemat Anak Kuliah Berkantong Pass-Passan Agar Perkuliahan Lancar

Panduan Cara Hidup Hemat Anak Kuliah Berkantong Pass-Passan Agar Perkuliahan Lancar

Patungan membayar kosan merupakan salah satu cara hidup hemat anak kuliah yang bisa kamu coba. Terutama jika kamu merantau. Dan memiliki dana terbatas untuk kehidupan sehari-hari.

Menjadi mahasiswa bukan hanya soal mengerjakan tugas dan nongkrong bareng temen, tapi juga latihan mengatur keuangan. Agar tidak kalap dan mengahmburkan uang untuk hal yang tidak penting, mahasiswa perlu belajar tentang cara hidup hemat bagi mahasiswa. Lalu bagaimana caranya agar hemat namun tetap enjoy dan masing ada sisa uang untuk sekedar kumpul dengan teman-teman?

Untuk bisa mengatur keuangan bulanan, mahasiswa harus memiliki trik tersendiri. Inilah dia beberpa trik yang bisa dilakukan.

Lihat Juga: Mengatur Keuangan Bagi Pelajar

Berpikir Cermat Sebelum Membeli

Di usia-usia mahasiswa, biasanya seseorang cenderung ingin membeli banyak barang yang diiginkan. Namun tunggu dulu, sebelum benar-benar membelinya mahasiswa harus berpikir dahulu dengan cermat apakah barang tersebut memang dibutuhkan atau hanya nafsu sesaat saja. Caranya pikirkan dulu paling tidak 1×24 jam dengan menimbang-nimbang. Apalagi apabila barang tersebut termasuk barang yang mahal. Intinya tidak boleh asal lapar mata.  Mahasiswa juga harus pandai bergaul agar tidak terbawa arus hidup yang serba mewah dan bersenang-senang saja.

Cara Hidup Hemat Anak Kuliah dengan Memanfaatkan Fasilitas Kampus

Cara hidup hemat bagi mahasiswa yang kedua, jika ada tugas dari dosen yang menuntut mahasiswa mencari literatur dari berbagai sumber, mahasiswa bisa memanfaatkan Wi-fi gratis di kampus. Tidak perlu mengerjakan tugas bersama teman di kafe yang ujungnya hanya ngobrol saja. Lebih baik segera mencari bahan-bahan yang dibutuhkan melalui wi-fi gratis kampus. Cara itu lebih hemat daripada membayar wi-fi di kafe atau bahkan menghabiskan kuota pribadi. Selain fasilitas wi-fi gratis, mahasiswa juga bisa memanfaatkan fasilitas perpustakaan kampus. Buku-buku di perpustakaan kampus cukup lengkap dan bebas diakses mahasiswa secara gratis.

Mencari Tempat Nongkrong atau Makanan yang Sesuai Dengan Kantong Mahasiswa

Tidak perlu malu dan tidak perlu gengsi apabila kita makan sehari-hari di warung yang biasa saja. Yang murah dan sesuai harga anak kuliahan bukan berarti tidak enka loh. Untuk itu jika nongkrong cari tempat yang biasa saja. Apalagi untuk kebutuhan makanan, tidak perlu yang mewah terus setiap hari. Hal itu bisa membuat pengeluaran membengkak. Jika ingin lebih hemat, lebih bagus lagi apabila memasak sendiri. Selain sehat, membeli bahan makanan mentah dan mengolahnya sendiri bisa menghemat pengeluaran harian.

Belajar Berbisnis dan Bekerja Paruh Waktu

Selain meminimalkan pengeluaran yang tidak penting, cara hidup hemat bagi mahasiswa adalah dengan belajar berbisnis dan bekerja paruh waktu. Kita bisa memulai dari hal yang sederhana, semisal memberikan bimbingan belajar kepada anak sekolah, menjadi penulis freelance, hingga belajar berbisnis dengan berjualan. Dunia kampus adalah pasaran yang bagus untuk menjual produk atau barang tertentu. Tidak perlu langsung mengeluarkan modal yang besar, mulai saja dari yang paling sederhana semisal jualan jilbab, pulsa, atau makanan. Bila produk mu bagus pasti orang-orang akan memesan lagi.

Belajar Yang Rajin dan Berfokus untuk Lulus tepat Waktu

Semakin rajin belajar maka kemungkinan untuk lulus tepat waktu sangatlah besar. Coba bayangkan bila lulus tidak tepat waktu, maka kelulusan akan molor dan itu artinya biaya hidup juga harus diolor. Fokuslah untuk lulus tepat waktu agar tidak mengeluarkan biaya lebih banyak. untung-untung jika bisa mendapatkan beasiswa. Bukan hanya hemat, namun juga ikut meringankan beban orang tua.

Itulah tadi beberapa tips mudah cara hidup hemat anak kuliah dan para mahasiswa yang bisa kamu terapkan. Memang pada awalnya akan terlihat sulit dan receh untuk dilakukan. Namun cepat ataupun lambat kamu pasti akan sadar hal tersebut penting untuk dilakukan agar perkuliahanmu tidak harus sengsara secara ekonomi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *