Cara Hidup Hemat Berumah Tangga
September 15, 2018
Panduan Cara Hidup Hemat Anak Kuliah Berkantong Pass-Passan Agar Perkuliahan Lancar
Langkah dan Cara Hidup Hemat Anak Kuliah Berkantong Pass-Passan
September 15, 2018

Cara Hidup Hemat Bagi Pelajar

Kebanyakan pelajar atau mahasiswa memiliki pemasukan yang serba pas-pasan. Hal ini karena mereka mendapatkan uang itu dari suntikan orang tua. Bagi pelajar yang ingin memiliki uang lebih, mereka memilih untuk bekerja paruh waktu atau biasa dikenal dengan sebutan freelance. Uang dari hasil bekerja paruh waktu ini dapat menambah pemasukan mereka.

Nah, berikut ini adalah cara ampuh mengatur keuangan bagi Anda yang masih berstatus pelajar.

Tulis semua pengeluaran uang

Cara ini mungkin terdengar berlebihan. Karena suka tanpa sadar kita membeli sesuatu, seperti halnya jajan makanan. Tentu malas sekali kan jika harus mencatatnya satu per satu. Tetapi Anda perlu mencobanya, ini adalah salah satu cara agar Anda bisa mengetahui secara detail seberapa banyak pengeluaran Anda selama satu bulan.

Hindari kartu kredit

Kartu kredit memang lebih praktis, karena kita hanya cukup membawa sebuah kartu dan sudah bisa membeli banyak barang-barang. Tetapi kebiasaan ini tentu tidak baik, saat Anda menggunakan kartu kredit dengan cara yang tidak tepat. Anda akan membuat beban hutang, hal itu akan membuat Anda menjadi pusing sendiri. Mulai sekarang beralih lah menggunakan uang tunai. Saat Anda menggunakan uang tunai, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol. Beda halnya ketika Anda menggunakan kartu kredit, pasti Anda tanpa sadar akan menganggap sepele uang yang telah dikeluarkan.

Berhemat

Anda pasti sudah tidak asing mendengar istilah “Hemat pangkal kaya”. Sikap berhemat harus dibiasakan, terlebih untuk Anda yang masih berstatus pelajar. Anda tentu tidak inginkan jika harus menyusahkan orang tua terus menerus, bukan?. Maka dari itu berhemat adalah salah satu solusi untuk mengatur keuangan Anda sebagai pelajar.

Selalu bandingkan tarif

Membandingkan tarif ini sangat perlu untuk mengatur keuangan Anda sebagai pelajar. Tarif yang perlu Anda bandingkan seperti biaya sewa kos, bagi Anda yang tinggal di luar kota atau menjadi anak rantau. Paket data telepon atau kuota internet, biaya transportasi. Hal-hal itu mungkin terdengar sepele, tapi Anda perlu memperhatikannya. Biasakan untuk selalu mengecek harga sebelum menggunakan hal-hal itu.

Lihat Juga: Cara Hidup Hemat Berumah Tangga

Biasanya harga di setiap tempat itu berbeda. Lumayan kan jika Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari biasanya. Hitung-hitung untuk berhemat uang pengeluaran.

Menabung

Menabung memang cara efektif untuk mengatur keuangan bagi pelajar maupun Anda yang sudah bekerja. Biasakan menabung, tabungan Anda akan sangat berguna jika Anda sedang dalam kondisi terdesak. Biasakan untuk menyisihkan uang jajan yang diberikan orang tua.

Kebiasaan menabung ini juga akan membantu Anda jika ingin membeli sesuatu yang diinginkan tanpa meminta pada orang  tua. Suatu kebanggaan kan jika Anda bisa membelu sesuatu, seperti halnya gadget dengan uang sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *