Cara Hidup Hemat Bagi Anak Sekolah
September 15, 2018
Cara Hidup Hemat Bagi Pelajar
September 15, 2018

Cara Hidup Hemat Berumah Tangga

Saat kita sudah berumah tangga, kehidupan kita pastilah berbeda dibandingkan dengan saat kita masih lajang. Kita telah hidup mandiri dan banyak keperluan untuk kehidupan sehari-hari. Cara hidup hemat berumah tangga wajib dipelajari, bukan hanya untuk kebutuhan bulanan namun juga untuk persiapan di masa depan. Bila sebuah keluarga tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, bisa-bisa akan mengalami kesulitan ekonomi.

Lalu bagaimanakah cara paling jitu berhemat dalam rumah tangga? Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Mengatur Tempat Tinggal

Berkeluarga berarti hidup mandiri termasuk dari segi tempat tinggal. Apabila kita memutuskan untuk mengangsur sebuah rumah, pastikan cicilannya tidak lebih dari 25% dari pendapatan kita setiap bulan. Cermat dalam memilih perumahan dengan cicilan yang ringan juga akan sangat membentu. Banyak-banyaklah mencari informasi. Apabila memang maish belum bisa mengangsur sebuah rumah, lebih baik mencari kontrakan yang murah. Untuk membantu mengangsur biaya cicilan atau sewa kontrakan, kita bisa menyewakan salah satu kamar di rumah untuk anak kos. Dari uang sewa tersebut, bisa menambah biaya untuk cicilan rumah maupun biaya sewa setiap bulannya.

Prioritaskan Kebutuhan Pokok

Tips cara hidup hemat berumah tangga selanjutnya adalah dengan membuat rencana pengeluaran selama satu bulan. Kita lebih baik membuat daftar pengeluaran selama satu bulan dari kebutuhan yang paling penting. Membuat daftar perencanaan selama satu bulan ini penting agar kita tahu kebutuhan apa saja yang dibutuhkan. Jangan mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder atau tersier sebelum kebutuhan pokok terpenuhi. Beberapa kebutuhan tersier tersebut antara lain kebutuhan shopping yang kurang penting, travelling dan hangout.

Tidak harus Membeli Barang Yang Baru

Saat membeli kebutuhan rumah tangga, kita tidak harus membeli barang yang baru. barang lama atau bekas, namun masih layak pakai merupakan pilihan yang bagus. Sebagai contoh, bila kita membeli barang yang kardusnya sudah di buka namun belum sering digunakan, maka kualitas barang tersebut masih bagus namun harganya sudah jauh lebih murah. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut untuk lebih berhemat. Tidak perlu selalu menginginkan barang yang baru, yang penting fungsi dan kualitasnya.

Mengurangi Makan di Luar

Salah satu pemborosan dalam rumah tangga adalah terlalu banyak makan di luar rumah. Harga makanan matang tentunya lebih mahal, terlebih jika kita makan di restoran yang mahal. lebih baik, kita memasak sendiri di rumah. Dengan memasak sendiri, kita telah menghemat pengeluaran dan juga makanan yang kita makan lebih sehat. Cara hidup hemat berumah tangga yang satu ini cukup ampuh lo, mengingat kebutuhan makanan termasuk dalam kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi setiap harinya. Sesekali boleh makan di luar, namun jangan sampai setiap hari.

Menambah Penghasilan

Sebagai ibu rumah tangga juga bisa loh menambah pemasukkan keuangan keluarga. Meski bukan kewajiban pokok, namun bila ibu rumah tangga bisa memiliki penghasilan tambahan, maka uang bulanan bisa dialokasikan lebih ke tabungan keluarga. Menambah penghasilan ini bisa dilakukan dengan menjual barang secara online, menjadi penulis freelance, atau menjual pulsa dan lain-lain.

Lihat Juga: Cara Hidup Hemat Bagi Anak Sekolah

Mengatur keuangan keluarga memang dibutuhkan upaya dan kecermatan. Bila sampai terburu napsu dan mengikuti trend dan gaya semata, maka bisa-bisa tidak memiliki tabungan. Padahal tabungan sangat penting untuk masa depan keluarga. Inilah tadi beberapa cara hidup hemat berumah tangga. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *