Cara Hidup Hemat Ala Jepang
September 15, 2018
Cara Hidup Hemat Berumah Tangga
September 15, 2018

Cara Hidup Hemat Bagi Anak Sekolah

Saat masih duduk di bangku sekolah, tentunya seorang anak mendapatkan jatah full dari orang tua. Uang saku biasanya diberikan tiap hari karena kebanyakan anak sekolah masih hidup serumah dengan orang tua. Namun ada juga yang sudah ngekos. Bagaimanapun keadaannya, cara hidup hemat bagi anak sekolah tetap perlu dipelajari agar uang tidak terbuang percumah sekaligus untuk belajar menabung dari sekolah.

Lalu, bisakah anak sekolah memiliki tabungan dan hidup berhemat? Simak beberapa cara berikut ini!

Sarapan Di Rumah

Sarapan merupakan salah satu jam makan yang penting. Sarapan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Organ tubuh juga dapat berfungsi dengan baik apabila nutrisi di pagi hari tercukupi, termasuk ketika anak akan belajar di sekolah. Untuk itu jangan sampai melewatkan sarapan pagi, dan alangkah lebih baik bila sarapan di rumah. Dengan sarapan dirumah, akan menghemat uang jajan sekaligus akan mengurangi keinginan anak untuk jajan berlebihan selama di sekolah. Demi kesehatan dan juga mealkukan penghematan, anak sekolahan juga lebih baik menghindari jajanan yang kurang sehat. Dengan begitu, sisa uang saku bisa di hemat untuk hal-hal yang lebih penting lagi.

Tidak Harus Selalu Membeli Buku Baru

Ketika anak sekolah pastilah membutuhkan buku-buku sekolah. Buku-buku pelajaran yang berisi materi tersebut biasanya wajib dimiliki oleh anak sekolah sebagai buku pegangan. Nah, cara hidup hemat bagi anak sekolah, anak tidak harus membeli buku baru loh. Asalkan maish layak, siswa bisa membeli buku pelajaran bekas di toko-toko loak.

Lihat Juga: Cara Hidup Hemat Ala Jepang

Pastikan buku tersebut masih sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di sekolah. Harga buku di toko buku bekas tersebut pastilah lebih murah. Toh, nanti setelah ganti semester atau naik kelas bukunya sudah ganti lagi. Jika memungkinkan, siswa juga bisa loh meminjam buku ke kaka kelas yang sudah tidak memakai buku tersebut.

Menghemat Pengeluaran Untuk Alat-Alat Tulis

Saat naik ke kelas baru, di tahun ajaran baru biasanya siswa selalu ingin yang serba baru. Namun, bila yang kemarin masih bisa digunakan, tidak perlu loh membuang uang untuk membeli segala sesuatunya yang baru. Misalkan masih ada lembar sisa buku yang masih bisa di pakai, kemudian seragam yang masih muat dan layak, termasuk pada tas, tempat pensil, tempat makan, dan sepatu, bila masih layak dan muat tidak perlu harus baru. Dari sekolah, siswa harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan.

Membawa Bekal Ke Sekolah

Selain sarapan di rumah, hal lain yang bisa dilakukan untuk menghemat uang saku adalah dengan membawa bekal. Kita bisa mengkreasikan bekal kita sesuai selera. Dengan begini siswa tidak akan banyak jajan atau membeli makan di kantin. Nilai plus nya, bekal akan terjamin sehat dan kebersihannya. Anak sekolahan juga bisa memotivasi teman yang lainnya untuk ikut membawa bekal dari rumah, saling berkumpul, makan bersama dan bertukar bekal. Cara hidup hemat bagi anak sekolah yang satu ini asik juga loh buat diterapin.

Belajar Menabung

Ini dia poin hemat yang paling penting. Sisihkan uang saku untuk dana tabungan sejak dini mungkin. Tidak masalah berapa jumlah uang yang dimasukkan ke tabungan. Yang paling penting adalah konsisten dalam menabung. Seperti peribahasa dikit-dikit lama-lama menjadi bukit, maka tidak perlu ragu dan malas ya untuk menabung.

Mengawali berhemat dan menabung mungkin cukup sulit bagi pelajar apalagi di jaman yang semakin modern ini, namun semua bisa dibiasakan. Inilah tadi beberapa tips cara hidup hemat bagi anak sekolah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *