Kesalahan dalam Cara Mengatur Keuangan Freelancer Dapat Membuat Uang Selalu Habis
Cara Mengatur Keuangan Freelancer Agar Dapat Membangun Bisnis
September 12, 2018
Tips dan Trick Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa Senior yang Bisa Kamu Lakukan Sedari Semester Pertama
Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa yang Mudah Dilakukan dan Wajib Dicoba
September 15, 2018

Panduan Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa di Perantauan

Begini Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa yang Ingin Bebas dari Masalah Finansial

Begini Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa yang Ingin Bebas dari Masalah Finansial

Banyaknya kebutuhan selama menempuh mendidikan memaksa siapapun untuk memahami cara hidup hemat bagi mahasiswa perantauan. Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah mengetahui apa yang harus dilakukan agar semuanya menjadi lebih hemat?

Pasti ada kebanggan tersendiri ya dengan menjadi mahasiswa. Seorang anak yang menuntut ilmu untuk masa depan yang lebih baik. Namun bukan cuma belajar secara akademik, di usia-usia mahasiswa seorang abak sudah harus belajar mengatur kebutuhan ekonomi. Anak tersebut harus mengetahui cara hidup hemat ala mahasiswa agar tidak sampai merengek pada orang tua karena kehabisan uang bulanan. Lebih bagus lagi kalau mahasiswa juga sudah bisa mencari pemasukkan sendiri.

Inilah beberapa cara yang bisa diakukan mahasiswa untuk hidup lebih hemat.

Manfaatkan Status Sebagai Mahasiswa

Menjadi mahasiswa apalagi yang hidup di kota besar memang memiliki tantangan tersendiri. Tantangan tersebut adalah mahalnya kebutuhan hidup di kota besar. Namun, kita bisa loh menyiasati hal itu dengan memanfaatkan status kita sebagai mahasiswa!

Lihat Juga: Cara Mengajarkan Hidup Hemat untuk Anak

Ya, di beberapa tempat tertentu biasanya ada diskon khusus atau harga khusus untuk mahasiswa. Untuk itu, jangan lupa membawa kartu mahasiswa kalian ya… Lumayan kan, dengan menunjukkan kartu tersebut kita bisa memperolah harga lebih murah.

Hindari Nongkrong Berlebihan

Cara Hidup Hemat Ala Mahasiswa yang kedua adalah menghindari nongkrong berlebihan. Nah, kalau kuliah sedang tidak sibuk atau banyak jam kosong, biasanya para mahasiswa akan lebih sring untuk menghabiskan waktu dengan nongkrong. Nongkrong pun kadang juga pilih-pilih tempat yang bagus. Dengan kemajuan teknologi saat ini, mahasiswa cenderung memilih cafe yang bagus agar bisa foto-foto dan di posting di sosial media. Nongkrong di cafe bergengsi seperti itu kalau terlalu sering bisa menyebabkan pembengkakan anggaran loh.

Hindari Foya-Foya di Awal Bulan

Sehabis menerima uang jajan di awal bulan, rasa untuk belanja pastilah sangat besar. Utamanya untuk para cewek, belanja bagaikan pengusir bad mood yang ampuh banget. Namun kebiasaan ini tidak baik loh. Hindari belanja barang-barang yang kurang penting di awal bulan.

Lebih baik di awal bulan justru menyisihkan uang untuk di tabung. Jumlah yang ditabung tidak harus banyak kok. Nanti di akhir bulan, jika masih ada sisa, itulah yang bisa dibelanjakan untuk barang-barang sekunder. Biasakan memprioritaskan menabung daripada belanja ya!

Jangan Piih-Piih Makanan

Sesekali makan di restoran mahal sah-sah saja kok. Namun jangan jadikan ini sebagai kebiasaan harian ya! Tanpa kita sadari, kebutuhan makanan bisa menjadi kebutuhan yang paling banyak loh. Kalau kita kurang cermat, kita malah akan kehabisan uang di pertengahan bulan. Oiya, enak itu gak harus mahal kok.

Kita bisa memilih tempat makan yang harganya pas untuk mahasiswa. Banyak tempat makan yang menyediakan makanan enak namun harga terjangkau. Bahkan, kalau kita mau lebih hemat lagi, kita bisa belajar memasak sendiri. Selain hmat, kita akan jadi lebih terampil memasak loh! Belajar memasak ini cukup ampuh sebagai salah satu cara hidup hemat ala mahasiswa.

Bikin Anggaran Untuk Kebutuhan Printing Dan Lain-Lain

Mahasiswa enggak akan bisa lepas dari yang namanya tugas. Kebutuhan untuk pinting tugas dan lain-lain pastilah ada. Nah, untuk yang satu ini alangkah lebih baik bila kita memiliki printer sendiri. Usahakan saat awal kuliah kalian sudah punya anggaran untuk printer. Ini karena, kedepannya sampai lulus mahasiswa kan membutuhkan printer. Coba bayangkan bila kalian harus ke rental berkali-kali sampai lulus. Berapa banyak biaya cetak yang harus dikeluarkan?

Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa yang Paling Efektif adalah Mencari Kerja Paruh Waktu

Uang bulanan yang kamu dapatkan jumlahnya pastilah terbatas. Namun biaya hidup di perantauan bisa jadi semakin tinggi. Oleh sebab itu, hidup irit saja tidaklah cukup. Kamupun harus bekerja untuk mendapatkan uang tambahan. Tetapi apa pekerjaan yang cocok untuk seorang mahasiswa? Apalagi jika menjadi seorang mahasiswa yang kurang berpengalaman di dunia kerja…

Jangan takut karena ada cukup banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu coba sebagai seorang mahasiswa. Adapun beberapa pekerjaan paruh waktu yang bisa kamu coba antara lain adalah:

  • Menjadi guru bimbel
  • Berjualan online
  • Bekerja di bidang kreatif seperti menulis artikel, dan membuat design visual.

Bagaiamana tidak sulit bukan? Dengan sdikit tips ini mahasiswa bisa lebih cermat dalam mengeluarkan uang setiap harinya. Selamat menerapkan cara hidup hemat bagi mahasiswa yang kami berikan di artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *