Panduan Serta Tips Menabung Di Rumah Dengan Aman dan Menguntungkan Sehingga Bisa Memiliki Banyak Uang
Tips Menabung di Rumah dengan Aman dan Bebas Khilaf
November 20, 2018
Memahami Perbedaan dan Ciri Keuangan Di Antara yang Sehat dan Bermasalah
Kenali Ciri Keuangan yang Sehat dengan 9 Langkah Mudah
Desember 9, 2018

Panduan Lengkap Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan Anda

Urutan Langkah dan Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan Anda Agar Dapat Membangun Bisnis Sendiri

Urutan Langkah dan Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan Anda Agar Dapat Membangun Bisnis Sendiri

Ada cukup banyak cara menabung yang baik untuk masa depan anda dan keluarga. Sudahkah anda melakukannya dengan benar? Mari kita pelajari bersama.

Cara menabung sendiri dibagi menjadi beberapa tahapan. Adapun tahapan tersebut meliputi pemilihan, peningkatan, dan pencegahan. Kok menabung rumit sekali? Sebenarnya tidak kok.

Pilih Cara Menabung yang Baik untuk Masa Depan

Di dunia ini, ada banyak pilihan bentuk menabung yang bisa anda pilih. Ada menabung di rumah, di bank, koperasi, dan lembaga keuangan lainnya. Namun sebelum menabung, ada beberapa hal yang perlu anda pilih dan putuskan.

Pilih Tempat Menabung

Pastikan anda mengetahui resiko-resiko yang dapat terjadi jika menabung di suatu tempat. Adapun beberapa resiko yang dimaksud di antaranya adalah:

  • Resiko Menabung di Rumah
    Menabung di rumah akan meningkatkan godaan untuk menggunakan tabungan. Godaan ini akan begitu besar karena ada efek psikologis bahwa uang anda begitu dekat. Dan bisa diguanakan kapan saja ketika dibutuhkan.Selain resiko adanya godaan menggunakan uang secara semena-mena, resiko lain yang bisa muncul adalah masalah adanya rayap dan serangga/hewan lain yang dapat merusak uang itu sendiri. Terutama uang kertas.Dan beberapa resiko lainnya yang membuat kita sadar bahwa menabung di rumah ternyata tidaklah aman dan efektif. Oleh sebab itu, mempercayakan bank untuk mengelola uang anda merupakan sebuah pilihan bijak.
  • Resiko Menabung di Bank
    Untuk menabung di bank tergolong rendah resiko. Namun menabung di bank memiliki konsekuensi bahwa ada biaya admin bulanan yang dapat memotong rekening tabungan anda secara otomatis. Namun hal ini tentunya tidak terlalu berpengaruh mengingat menabung di bank juga memberikan keuntungan berupa bunga tabungan yang jumlahnya cukup besar.Untuk beberapa orang lainnya, menabung di bank memiliki resiko dosa karena adanya pandangan bahwa bunga bank adalah riba. Pandangan ini harus dihargai dan tidak boleh dipaksakan.

Dengan memperhatikan resiko tempat di mana anda akan menabung, semakin mudah anda menentukan tempat mana yang terlihat lebih aman untuk anda. Semisal anda memilih menabung di celengan rumah, maka anda harus siap terhadap resiko yang ada, dan siap untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dikhawatirkan.

Prioritaskan Keamanan

Faktor keamanan adalah hal yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Keamanan adalah hal pertama yang harus diperhatikan ketika menentukan cara menabung seperti apa yang baik untuk masa depan anda.

Untuk keamanan sendiri, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan, di antaranya adalah:

  • PIN ATM anda haruslah dijaga baik-baik
  • Jika menabung di rumah, uang harus disimpan di tempat yang mudah anda ingat
  • Jika menabung di rumah, uang harus disimpan di tempat yang tidak mudah ditemukan oleh orang lain

Nah, jika anda menabung di rumah, uang tabungan andapun bukan hanya harus aman dari maling ataupun kerusakan akibat lama disimpan. Ada masalah keamanan lain yang lebih besar. Masalah tersebut adalah nafsu anda sendiri.

Jangan sampai tergoda untuk menggunakan uang tabungan untuk hal-hal yang sebenarnya bersifat konsumtif. Pergunakan tabungan hanya ketika benar-benar mendesak saja.

Anggarkan Besar Pengeluaran dan Tabungan

Beberapa orang tidak tahu berapa sebenarnya uang yang perlu ditabung, dan berapa pengeluaran yang sebaiknya dianggarkan. Akibatnya, ada orang yang menabung terlalu banyak, sehingga kelimpungan dalam mengatur pengeluaran. Dan ada juga orang yang terlalu sedikit menabung sehingga uangnya lama terkumpul.

Untuk menghindari masalah di atas, anda perlu melakukan penganggaran yang pass dan tepat. Nah, idealnya tabungan sebaiknya 25% dari pendapatan anda. Artinya, jika pendapatan anda per bulan Rp5.000.000,- maka sebaiknya tabungan anda adalah sebesar Rp1.250.000,- per bulan.

Tetapi jumlah 25% tersebut tidaklah mutlak. Ada beberapa pertimbangan yang bisa menjadi arah kebijakan keuangan anda. Beberapa pertimbangan tersebut adalah:

  • Ingin mengumpulkan sejumlah uang dalam tenggat tertentu
    Jika ini menjadi alasannya, anda bisa menganggarkan lebih dari 25% pendapatan. Namun pastikan hal tersebut tidak membebani kehidupan anda nantinya. Misalnya menjadikan anda kurang makan sehingga jatuh sakit.
  • Ada pengeluaran yang sangat besar dalam beberapa bulan ke depan
    Jika ini menjadi alasannya, anda bisa menganggarkan kurang dari 25% pendapatan sebagai tabungan. Namun sebaiknya anda mencari cara agar rata-rata persen tabungan anda adalah 25% per tahun. Cara yang bisa anda ambil antara lain dengan menabung lebih besar di beberapa bulan selanjutnya.

Oh iya, jangan karena kamu baru belajar cara menabung yang baik untuk masa depan maka kamu melupakan satu hal penting dari menabung. Apa itu? Ya … tabungan darurat.

Siapkan Juga Tabungan untuk Hal Darurat

Banyak orang yang menabung hanya agar memiliki barang impian di masa depan. Mereka sampai melupakan bahwa hal-hal tak terduga seringkali dapat terjadi di tengah perjalanan hidup. Misalnya jatuh sakit, atau kendaraan rusak.

Walaupun kita semua sangat tidak mengharapkan hal itu terjadi, namun sangat disarankan untuk bersiap-siap mengantisipasi jika hal tak diinginkan tersebut menjadi kenyataan.

Persiapan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara. Beberapa di antaranya adalah dengan asuransi, BPJS, dan mempersiapkan tabungan untuk hal-hal darurat. Dengan demikian, ketika suatu masalah terjadi, anda tidak terlalu panik kesana kemari  mencari pinjaman. Juga menghindarkan anda dari jerat rentenir dengan bunga mencekik.

Satu pertanyaan yang sering diajukan oleh mereka yang baru belajar cara menabung yang baik untuk masa depan adalah “Berapa besar tabungan dana darurat?”.

Untuk menjawab pertanyaan ini tidaklah mudah. Karena besaran pengeluaran dana darurat sangat bergantung dengan pendapatan bulanan anda. Idealnya, adalah sesuai dengan kondisi berikut ini:

  • Tabungan dana darurat minimal sebesar 2 kali rata-rata pendapatan bulanan yang anda terima.
  • Tabungan dana darurat ada di zona aman jika jumlahnya minimal 10% dari nilai seluruh aset anda
  • Berapapun pendapatan bulanan anda, dana darurat tidak boleh kurang dari Rp5.000.000,-

Asalkan semua kondisi di atas terpenuhi, maka tabungan anda akan benar-benar aman dan dapat terkumpul sesuai dengan target yang anda harapkan.

Tingkatkan Standart Menabung

Jika anda hanya tahu cara menabung yang baik untuk masa depan hanyalah dengan menabung di celengan atau di bank, maka dapat dipastikan anda sudah keliru. Menabung bukan hanya soal menyimpan uang. Menabung adalah soal bagaimana anda menggunakan uang untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Penasaran? Tentu saja. Oleh karenanya, silahkan membaca bagian selanjutnya dari cara menabung yang baik dan benar berikut ini.

Mulai Berhemat

Menyimpan uang tidak hanya soal menaruh uang di rekening ataupun di celengan. Menyimpan uang atau menabung juga adalah soal berhemat. Dengan berhemat maka anda sudah menabung untuk masa depan anda.

Kok bisa? Tentu saja bisa.

Dengan berhemat akan ada uang sisa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Ataupun untuk ditabung. Nah, pada dasarnya jika anda belum pernah berhemat, anda sebenarnya dapat menghemat 20 sampai 30% pengeluaran loh.

Tambah Ilmu

Salah satu bentuk tabungan yang bisa anda dapatkan adalah ilmu. Bisa anda pelajari dari buku, forum diskusi, atau apapun itu. Lantas ilmu apa yang bisa dipelajari sebagai bekal masa depan?

Banyak sekali. Anda bisa mencoba menabung ilmu berikut untuk digunakan sebagai bekal, di antaranya:

  • Cara berjualan online
  • Cara melakukan budidaya ikan
  • Cara melakukan teknik closing kepada setiap konsumen
  • dan Cara membangun bisnis dari nol

Beberapa ilmu memang berbayar, namun jangan sampai anda menganggap ilmu tersebut sebagai pengeluaran. Gunakan mindset bahwa anda merubah uang sebagai ilmu yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dalam jumlah yang lebih banyak lagi.

Tambah Penghasilan

Tujuan dari mempelajari cara menabung yang baik untuk masa depan tentunya agar anda memiliki barang yang diinginkan. Namun hal itu keliru. Tujuan utamanya adalah untuk menambah penghasilan anda. Dengan demikian, barang yang anda inginkan akan lebih mudah diperoleh.

Nah, agar jumlah uang tabungan anda cepat mencapai jumlah yang diinginkan, cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menambah besar uang yang ditabung. Namun jika pendapatan pass-passan?

Jangan khawatir… jaman sekarang menambah penghasilan tidaklah sulit. Ada beberapa solusi yang bisa anda pilih, di antaranya adalah:

  • Menjadi Ojek Online
    Tidak perlu gengsi untuk melakoni pekerjaan ini. Toh ini juga pekerjaan sampingan yang halal, dan hasilnyapun lumayan. Dengan cara ini, uang tabungan akan lebih cepat terkumpul.
  • Berjualan
    Ada banyak barang yang bisa dijual sebagai penghasilan tambahan. Sebut saja berjualan online, ataupun berjualan makanan dan minuman hangat di malam hari. Memang untungnya tidak seberapa, namun penghasilan tambahan dari cara ini tergolong pasti menambah pundi-pundi tabungan anda.

Masih banyak ide menambah penghasilan lainnya yang bisa anda terapkan. Jangan kaku terhadap cara menabung konvensional. Pastikan tabungan anda adalah sesuatu yang dapat memberikan anda financial freedom.

Mulai Berinvestasi dengan Membuka Usaha ataupun Berbisnis

Menabung sangatlah baik. Namun cara menabung yang baik untuk masa depan adalah dengan berinvestasi. Dan ini merupakan hal paling bijak untuk dilakukan.

Adapun beberapa keunggulan menabung dalam bentuk investasi adalah:

  • Tidak mengalami penurunan nilai
    Investasi yang baik nilainya tidak akan merosot. Justru semakin tinggi dan menjadi passif income sehingga ada lebih mudah mendapatkan tujuan pengaturan keuangan yang sesungguhnya, yaitu Financial Freedom.
  • Uang selalu bertambah
    Tidak seperti menabung yang jumlah uangnya cenderung stagnan (jikapun ada bunga, jumlahnya sangat kecil), berinvestasi akan memberikan keuntungan yang lebih besar. Bahkan seluruh orang sukses di dunia ini meraih kesuksesannya karena menabung di jalur yang tepat. Ya, berinvestasi.

Satu hal yang sering ditanyakan adalah, investasi apa yang bisa diambil. Pada dasarnya setiap investasi adalah baik. Namun yang terpenting adalah kepada siapa anda mempercayakan uang anda tersebut.

Sebagai contoh, ada orang yang mempercayakan uangnya kepada seorang rekanan bisnis. Namun rekan bisnis ini ternyata tidak berkompeten. Maka artinya anda sudah salah mempercayakan uang anda.

Atau anda membangun sebuah usaha, namun usaha tersebut anda kerjakan sendiri dan hasilnya mandek. Artinya anda sudah salah mempercayakan uang anda kepada yang bukan ahlinya.

Ya berinvestasi memang sulit. Oleh sebab itu, beberapa saran yang bisa dipilih antara lain adalah:

  • Jangan langsung menghabiskan uang anda di 1 investasi, split kedalam beberapa investasi
    Dengan cara ini, ketika 1 investasi mandek, anda masih memiliki investasi lainnya yang bisa diharapkan. Dan dengan demikian, anda tidak serta merta langsung terjelembab ke dalam masalah ekonomi.
  • Ikutlah beberapa jenis investasi, yaitu investasi jangka pendek, dan investasi jangka panjang
    Dengan cara ini, anda dapat memiliki investasi jangka panjang yang notabene menghasilkan banyak uang, dan juga memiliki investasi jangka pendek yang langsung memberikan penghasilan mingguan ataupun bulanan.

Nah, berikutnya adalah bagaimana caranya mengatur keuangan (pengeluaran) agar memiliki tabungan. Karena selama pengeluaran anda besar, menabung itu sulit. Padahal informasi cara menabung yang baik untuk masa depan ini tujuannya adalah agar membantu anda lebih mudah dalam menabung.

Mencegah Pembengkakan Pengeluaran

Ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan pengeluaran menjadi membengkak. Dan pada akhirnya memaksa anda untuk menggunakan tabungan di dana darurat. Agar pengeluaran tidak membengkak, faktor-faktor penyebab tersebut harus dihindari.

Adapun hal yang harus dihindari agar rencana menabung anda bisa berjalan lancar antara lain adalah:

Sakit dan Penyakit

Siapapun tidak ingin jatuh sakit. Selain badan menjadi tidak nyaman, kerjapun terganggu. Selain itu, biaya berobatnyapun tidak sedikit. Untuk menghindari sakit dan penyakit, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan di antaranya adalah:

  • Berolahraga secara berkala
  • Hindari begadang, dan istirahat yang cukup
  • Konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan higienis
  • Jauhi rokok
  • Sesekali bersantai untuk menghindari sakit akibat stress
Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit memang memudahkan anda mendapatkan uang untuk berbelanja dengan lebih cepat dan praktis. Namun di balik semua itu, kartu kredit meningkatkan gaya konsumtif sehingga sangat berkebalikan dengan rencana menabung itu sendiri.

Selain itu, tagihan tahunan kartu kreditpun jumlahnya lumayan jika ditabung. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit. Terkecuali anda memang hanya ingin memanfaatkan promo belanja murah yang terkadang disediakan penyedia kartu.

Jika itu tujuan anda, silahkan gunakan kartu kredit. Namun pastikan anda menghitung besaran bunga dan biaya tahunannya. Jangan sampai biaya bunga dan biaya tahunan lebih besar daripada keuntungan yang anda peroleh. Karena jika hal tersebut terjadi, maka dipastikan seluruh cara menabung yang baik untuk masa depan ini sudah gagal total.

Lakukan Beramal

Seberapapun penghasilan yang anda peroleh, sisihkan sebagian untuk amal. Dengan demikian, akan ada lebih banyak Cinta dari Yang Maha Kuasa. Dan barangkali, ada rezeki yang DIA berikan kepada anda.

Selain itu, dengan beramal, anda terhitung sedang menabung dengan sangat baik untuk masa depan anda di akhirat kelak.

Lihat Juga: Mengelola Keuangan Lebaran

Untuk anda yang sedang memiliki pendapatan pass-pass an, ada rahasia bagaimana tetap dapat beramal namun tidak mengganggu keuangan dan rencana menabung. Bagaimana caranya?

Sangat mudah. Anda tidak harus beramal uang, namun juga bisa meluangkan waktu dan tenaga untuk hal-hal positif bagi sesama. Contohnya adalah:

  • Mengajar anak-anak belajar mengaji
  • Membantu mempromosikan kegiatan pengumpulan dana untuk kegiatan keagamaan
  • Atau dengan ikut serta dalam gotong royong membersihkan lingkungan sekitar

Oh iya, mengunjungi dan mendoakan teman yang sakit juga termasuk amal loh.

Itulah beberapa langkah dan cara menabung yang baik untuk masa depan yang bisa diterapkan dalam hidup anda. Semoga informasi ini menjadi panduan yang lengkap dan mudah dimengerti oleh kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *