Panduan Lengkap Cara Mengatur Keuangan Online Shop yang Mudah untuk Dimengerti
Cara Mengatur Keuangan Online Shop dengan Mudah dan Sederhana
September 11, 2018
Dalam Mengatur Keuangan Anak Muda Harus Menentukan Setiap Detail Penggunaan Uang dengan Efektif
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Muda yang Ingin Segera Sukses
September 11, 2018

Intisari Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina yang Wajib Ditiru

Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina Sehingga Bisa Mencapai Kesuksesan

Cara Mengatur Keuangan Ala Orang Cina Sehingga Bisa Mencapai Kesuksesan

Kamu bisa mencontoh cara mengatur keuangan ala orang Cina dan cara mereka memahami konsep bisnis. Silahkan mempelajari artikel ini.

Kehebatan orang Cina dalam mengatur keuangan sudah tidak diragukan lagi. Mereka bisa mengatur jumlah pengeluaran dengan sangat baik, itu mengapa sering kali kita dengar usaha yang dikendalikan oleh orang Cina biasanya akan berkembang pesat.

Untuk kamu yang sering merasa pusing karena uang gaji yang menghilang, tapi hari gajian selanjutnya masih lama. Kalau itu adalah kendala yang kerap Anda alami setiap bulannya, mulailah untuk belajar bagaimana cara mengatur keuangan ala orang Cina.

Berikut ini beberapa cara mengatur keuangan seperti yang orang Cina lakukan.

Hidup secara Sederhana

Kehidupan yang sederhana menjadi ciri khas orang Cina. Mereka membiasakan diri untuk tidak hidup secara berlebihan. Orang Cina biasanya lebih memilih untuk memasak makanan daripada membelinya di warung atau rumah makan.

Mereka juga membiasakan diri untuk membawa bekal ke kantor atau ke sekolah. Semua kebiasaan itu sudah dilakukan sejak dini. Namun jangan berpikir makanan yang dibawa dan disajikan memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Menu tahu dan tempe sudah memenuhi kebutuhan mereka. Mereka juga sesekali memasak daging, itu pun hanya di hari-hari tertentu jika ada perayaan.

Cara ini cukup simpel untuk mengatur keuangan sekaligus menekan jumlah pengeluaran agat tidak melebihi bata.

Berani Bayar Mahal

Meskipun orang Cina dikenal sederhana, namun mereka lebih memilih  membeli barang dengan harga yang cukup mahal tapi terjamin kualitasnya. Meski demikian, itu bukanlah suatu pemborosan. Mereka sudah memperhitungkan semuanya. Barang yang harganya mahal lebih awet, daripada barang yang harganya murah tapi tidak terjamin kualitasnya.

Lihat Juga: Cara Hidup Hemat Bagi Mahasiswa

Orang Cina berpikiran jauh ke depan, dengan membeli barang yang harganya mahal. Sebenarnya mereka telah berinvestasi jangka panjang. Barang yang harganya cukup mahal harganya tidak akan mudah merosot seperti barang yang harganya murah.

Mengatur Keuangan Ala Orang Cina dengan Disiplin Dalam Menabung

Seberapa banyak Anda menabung dari hasil pendapatan? Mungkin hanya sekitar 10%-20% saja kan? Itu pun sering kali tidak rutin dan tidak konsisten untuk menyisihkan hasil gaji bulanan.

Sementara orang Cina, mereka sangat konsisten untuk menabung. Mau tahu berapa banyak mereka menabung? Mereka akan menabung 50% dari hasil pendapatan mereka setiap bulannya. Bahkan  banyak dari mereka yang menabung lebih dari 50%. Orang Cina lebih memilih untuk menambah jumlah tabungan mereka daripada membeli hal-hal yang tidak perlu.

Tidak Pernah Berhutang TANPA Alasan Menguntungkan

Mayoritas orang Cina tidak tertarik untuk berutang, meskipun harus berutang itu hanya dalam kondisi terdesak saja. Itu pub mereka akan berusaha mengembalikannya secepat mungkin. Kebiasaan menghindari hutang ini sebenarnya karena sifat mereka yang senang menabung. Sehingga di saat terdesak mereka tidak harus melulu berutang.

Mendidik dan Melatih Perihal Nilai Uang Sejak Dini

Menghargai uang adalah hal yang telah dilatih sejak dini. Bagi mereka seorang anak harus dilatih untuk bisa menghargai uang sehingga saat besar nanti mereka bisa mengatur keuangan dengan baik. Ini juga berguna agar tidak adanya gaya hidup yang serba boros.

Tak hanya itu saja, orang Cina juga mengajarkan dan membiasakan anaknya untuk turut serta dalam usaha yang mereka kelola. Agar bekal yang didapat cukup untuk mereka ketika dewasa nanti. Mereka akan lebih memilih untuk membuka usaha sendiri daripada harus bekerja pada orang lain.

Nah, itulah semua cara mengatur keuangan ala orang Cina yang bisa (dan wajib) kamu tiru. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua mengenai cara hidup hemat dan irit. Terimakasih sudah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *