Cara Lengkap Mengatur Keuangan Karyawan Agar Menghasilkan Lebih Banyak Uang
Cara Mengatur Keuangan Karyawan Agar Semua Kebutuhan Tercukupi
September 15, 2018
Tujuan dari Mengatur Keuangan Anak Kos adalah Agar Uang Bulanan Cukup untuk Sebulan (Bahkan Ada Sisanya)
Cara Mudah Mengatur Keuangan Anak Kos dengan Budget Pas-Pasan
September 15, 2018

Fungsi Mengatur Keuangan dengan Baik dan Manfaatnya di Hidup Anda

Salah Satu Fungsi Mengatur Keuangan adalah Memastikan Anda Memiliki Apa yang Anda Inginkan

Salah Satu Fungsi Mengatur Keuangan adalah Memastikan Anda Memiliki Apa yang Anda Inginkan

Menjadikan hidup lebih baik dan demi mempersiapkan masa depan merupakan beberapa fungsi mengatur keuangan bagi diri anda. Namun ada beberapa manfaaf lain yang bisa anda dapatkan.

Setiap tahunnya harga kebutuhan pokok kian meningkat, bukan hanya kebutuhan pokok saja. Kebutuhan lainnya pun ikut meningkat. Harga kebutuhan yang semakin lama makin mahal menyebabkan kita sulit untuk mengatur keuangan dengan baik, terlebih gaji yang didapat pun sering kali hanya pas-pasan saja bahkan suka tidak mencukupi.

Hal itu menuntut kita untuk bekerja lebih keras lagi, demi mencukupi semua kebutuhan. Selain kebutuhan kita juga perlu memikirkan masa depan. Kita memerlukan dana untuk menabung jangka panjang demi masa depan.

Untuk itu pentingnya mengatur keuangan guna menghindari masalah-masalah besar yang akan terjadi ke depannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi mengatur keuangan dengan baik.

Menjadikan Diri Sendiri Sebagai Pribadi yang Hemat dan Menghargai Uang

Saat Anda menjalani pola hidup hemat, bukan berarti hidup Anda serba pas-pasan dan kekurangan. Justru sebaliknya, hidup hemat berarti berkecukupan dan bisa mewujudkan apa yang diinginkan. Atur keuangan Anda setiap bulannya, dengan mendahulukan kebutuhan serta mengesampingkan hal-hal yang tidak terlalu diperlukan. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hutang yang akan memberatkan Anda.

Hemat juga dapat mengontrol keuangan Anda agar tidak berlebihan. Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari perilaku hidup hemat dan menghargai uang, di antaranya adalah:

  • Membebaskan diri dari perasaan khawatir akan masalah keuangan
  • Memiliki dana yang bisa digunakan untuk membangun masa depan dan karir anda sendiri
  • Memiliki modal untuk berinvestasi dan berwirausaha
  • Menjadikan diri sendiri sebagai pribadi yang lebih bertanggung jawab
  • Hidup lebih sehat dan percaya diri
  • Siap untuk hal-hal tak terduga yang bersifat darurat.

Salah satu manfaat dari berhemat dan menghargai uang adalah menjadikan hidup lebih sehat. Itu artinya, jika pengaturan keuangan yang anda lakukan menyebabkan diri anda sakit, berarti ada yang salah dalam cara anda mengelola uang. Apakah anda sudah tahu bagaimana cara hidup irit tapi tetap sehat?

Menjadikan Anda Pribadi yang Tertib dan Teratur

Jika Anda dapat mengelola keuangan dengan baik, hidup Anda tentu akan lebih tertib dan teratur. Apa yang Anda dan keluarga Anda inginkan akan terencana dengan baik. Bukan hanya kebutuhan pokok saja yang bisa Anda cukupi, hal di luar itu seperti liburan atau pergi jalan-jalan bisa Anda wujudkan. Dengan begitu kehidupan Anda akan lebih seimbang.

Ada banyak aturan yang wajib anda patuhi, beberapa di antaranya seperti:

  • Aturan barang dan jasa apa saja yang boleh dibeli
  • Barang, jasa, dan kegiatan apa saja yang harus dihindari
  • Apa yang harus dilakukan jika ada pelanggaran terhadap daftar anggaran

Selain itu, seseorang yang mampu mengatur keuangan dengan baik, cenderung akan disiplin juga dalam hal-hal seperti menjaga kesehatan, managemen waktu, dan mampu memotivasi diri sendiri untuk terus maju.

Mengurangi Stres Merupakan Salah Satu Fungsi Mengatur Keuangan

Mulai sekarang, mulailah kelola keuangan Anda dengan baik. Stres adalah penyakit yang berbahaya dan sangat berisiko pada kesehatan Anda. Masalah keuangan yang tidak terkontrol sering kali menjadi pemicu awal penyakit stres.

Cara terbaik untuk mengatasi stres adalah dengan menghindari pemicu stres itu sendiri. Seperti mempunyai hutang yang dalam jumlah besar, ataupun pinjaman yang belum lunas karena bunganya tinggi. Untuk itu sebisa mungkin kelola keuangan Anda dengan baik.

Pada mulanya, rancangan keuangan yang anda buat mungkin akan membuat anda sedikit terbebani. Mulai dari pusing menentukan apa saja daftar barang yang boleh dibeli untuk 1 bulan ke depan, hingga tidak terbiasa hidup hemat dan dengan anggaran tak ketat. Namun pada akhirnya, setelah dijalani, kemampuan mengatur keuangan akan memberikan rasa bebas dari stress.

Mampu Merencanakan Masa Depan dengan Sebaik-Baiknya

Fungsi dari mengatur keuangan ini juga berdampak pada masa depan Anda. Saat Anda sudah bisa menjalani kehidupan dengan ringan dan tanpa banyak beban hutang. Bisa dipastikan bahwa masa depan Anda akan tertata dengan baik.

Untuk memaksimalkan perencanaan keuangan bagi masa depan, anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, di antaranya adalah:

  • Berinvestasi di Investasi yang Tepat

    Apa itu investasi yang tepat memang sesuatu yang sulit untuk didefinisikan. Pada dasarnya investasi yang tepat adalah yang mampu memberikan keuntungan secara konstan di masa depan.

    Dari sini kitapun dapat mengambil kesimpulan bahwasanya fungsi mengatur keuangan adalah memberikan keuntungan finansial. Ada cukup banyak investasi yang tepat untuk anda ambil, seperti berjualan online, membuka toko, investasi jangka pendek rendah resiko, ataupun fintech lending.

  • Proyeksikan Seperti Apa Anda 5 Tahun ke Depan

    Jika anda tak tahu ingin seperti apa di masa depan, pada dasarnya anda tak memiliki masa depan. Oleh sebab itu, mulailah proyeksikan keinginan posisi seperti apa yang anda inginkan di 5 tahun ke depan.

    Untuk dapat mencapai seperti apa yang anda proyeksikan, sudah tentu harus disertai dengan perancangan yang matang. Adapun perancangan tersebut meliputi mengatur anggaran keuangan, merancang langkah untuk mewujudkan proyeksi masa depan anda, dan mengeksekusi setiap rancangan yang sudah dibuat.

Pada intinya, mewujudkan masa depan harus diimbangi dengan konsistensi melakukan hal-hal yang sudah anda rancang sebelumnya.

Menjaga Diri Sendiri dari Resiko yang Tak Terduga

Dalam hidup ini segala sesuatu yang terjadi bagai misteri, begitu pun dengan hal-hal yang tidak terduga. Oleh sebab itu mengatur keuangan bisa menjadi pelindung bagi Anda. Perlindungan  ini berguna mengatasi situasi buruk yang terjadi pada kita.

Anda bisa menggunakan asuransi baik itu asuransi kesehatan, kecelakaan, atau pun asuransi bagi bisnis Anda. Nah, salah satu fungsi mengatur keuangan adalah menjadikan diri terbebas dari beberapa resiko kesehatan. Beberapa contoh resiko kesehatan tersebut seperti:

  • Stress

    Tekanan ekonomi dapat menyebabkan stress dan depresi. Yang tentunya akan menguras tenaga, kesehatan tubuh, mental, dan pikiran. Namun masalah stress karena tekanan ekonomi tak akan muncul jika sejak awal anda sudah mengantisipasinya dengan anggaran keuangan yang ketat dan terperinci.

  • Sakit Akibat Salah Makan

    Mungkin anda tak akan percaya, namun dengan mengatur keuangan dengan baik, anda secara langsung akan mengatur makanan apa yang boleh dan tak boleh anda makan. Dan secara langsung hal ini akan menjaga anda dari resiko sakit seperti diare, obesitas, ataupun alergi makanan.

Selain menjaga dari masalah kesehatan, mengatur keuangan dengan baik juga menjaga anda dari masalah seperti kendaraan mogok di tengah jalan. Ini tentunya karena anda akan sudah melakukan penganggaran dan penjadwalan untuk bahan bakar, dan perawatan berkala.

Menjadikan Diri Sebagai Orang yang Mampu Bersedekah

Banyak dari mereka yang memiliki penghasilan besar, namun tidak bisa bersedekah. Alasan pada umunya karena uang yang mereka punya sudah lebih dulu habis, sedangkan tanggal gajian selanjutnya masih cukup lama

Untuk bersedekah dengan maksimal, tentunya Anda perlu mengatur keuangan Anda terlebih dulu. Saat Anda sudah bisa membagi-bagi penghasilan pokok Anda dengan baik, seperti untuk kebutuhan, hiburan, dan sedekah. Anda tidak perlu risau lagi.

Bersedekah memang sangat baik, namun bagaimanapun juga, sedekah sebaiknya diperhitungkan dengan matang. Jangan sampai sedekah justru merusak keuanganmu dan membuatmu tidak bisa bersedekah lagi di kemudian hari.

Beberapa tips bersedekah yang bisa anda pertimbangkan adalah dengan:

  • Memahami bahwa sedekah bukan hanya tentang uang

    Jika keuangan anda masih belum stabil, jangan memaksakan diri untuk bersedekah dalam jumlah yang dapat menyebabkan adanya beban ekonomi. Ada cara lain untuk bersedekah.

    Anda bisa melakukan sedekah tenaga, waktu, maupun pikiran. Dalam kaitannya dalam sedekah tenaga, anda bisa misalnya ikut dalam pembangunan rumah ibadah. Dalam sedekah waktu, anda bisa melakukannya dengan menyempatkan diri berdoa, atau mendoakan orang yang sedang sakit. Dan sedekah pikiran dapat dilakukan dengan ikut memberikan kritik dan saran yang membangun dalam diskusi keagamaan.

  • Membantu orang lain juga merupakan sedekah

    Memahami 3 jenis sedekah di atas tidak boleh menjadikan anda pelit ketika ada seseorang yang sedang membutuhkan bantuan. Bantuan tersebut pada umumnya berupa materi (uang). Anda bisa memberikan mereka uang secara ikhlas, ataupun memberikan mereka pinjaman tanpa bunga. Dan hal tersebut pada dasarnya merupakan sedekah.

    Namun jika keuangan anda sedang kurang baik, tidak perlu memaksakan diri dengan memberikan pinjaman. Anda bisa mencari cara lain untuk membantu mereka. Beberapa cara tersebut bisa dengan membantu mencarikan mereka pekerjaan sampingan, membantu mempromosikan barang jualan orang tersebut, atau memberikan saran-saran yang dapat membantu mereka lepas dari masalah ekonomi tersebut.

Lihat Juga: Kerugian Menjadi Tuan Rumah Olimpiade

Semua fungsi mengatur keuangan tersebut wajib untuk anda dapatkan. Dengan demikian, akan ada peningkatan dalam keuangan serta karir anda pada hari ini dan di masa depan, Terimakasih sudah mau membaca artikel ini sampai habis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *