Inilah Solusi Bijak Mengatasi Istri Tidak Bisa Mengatur Keuangan Keluarga dan Rumah Tangga Anda
Solusi Jika Istri Tidak Bisa Mengatur Keuangan Keluarga
Juni 16, 2018
ada banyak cara mengelola gaji 6 juta per bulan namun yang terpenting adalah komitmen
Cara Mengelola Gaji 6 Juta Per Bulan untuk Dapat Membangun Bisnis
Juni 16, 2018

Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga Pendapatan Kurang dari 4 juta

5 tips menabung ala ibu rumah tangga yang benar dan mudah dilakukan

5 tips menabung ala ibu rumah tangga yang benar dan mudah dilakukan

Ada banyak manfaat menggunakan tips menabung ala ibu rumah tangga ini. Dapat digunakan tidak hanya oleh kamu yang sudah menikah. Namun juga pelajar dan pegawai kantoran yang masih single.

Kamu harus berhemat agar memiliki modal membangun usaha sendiri di masa depan. Namun seringkali pendapatan bulanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, solusinya ternyata sangat sederhana.

Adapun yang bisa kamu lakukan antara lain:

Hindari Arisan

Banyak tips menabung ala ibu rumah tangga yang mengajak kita melakukan arisan. Jangan percaya akan hal ini. Arisan justru akan banyak menghambur-hamburkan uang kita. Kok bisa?

Karena banyak pengeluaran yang harus diberikan untuk ikut arisan. Beberapa pengeluaran itu seperti:

  • Ongkos untuk datang ke tempat arisan
  • Patungan biaya makan dan minum di acara arisan
  • Tidak ada bunga dari arisan
  • Resiko uang arisan dibawa kabur

Jadi kalau mau menabung, arisan bukanlah pilihan yang tepat.

Jangan Pernah Menyepelekan Recehan

Seringkali kita meremehkan receh. Apalagi koin recehan, seringkali kita buang begitu saja. Padahal jika disimpan selama sebulan, recehan tersebut bisa terkumpul lebih dari 50 ribu setiap bulannya loh.

Selain dapat ditabung, uang recehan dapat dimanfaatkan juga untuk hal-hal seperti:

  • Membayar uang parkir
  • Memberi kepada pak ogah di pertigaan jalan

Buat Daftar Barang yang Boleh Dibeli

Sangat penting membuat daftar barang kebutuhan selama sebulan penuh. Dengan demikian, kamu memiliki skala prioritas barang apa yang wajib terbeli.

Dengan adanya daftar ini, kamu akan terhindar dari lapar jajan membeli barang-barang yang tidak begitu penting.

Untuk membuat daftar barang ini, kamu harus membagi pendapatanmu dengan beberapa pos anggaran. Adapun pos anggaran tersebut adalah:

  • Tabungan
    Sekitar 30% dari pendapatanmu harus dialokasikan untuk tabungan. Dan tabungan ini harus dibagi 3, yaitu tabungan biasa, tabungan untuk hal-hal tidak terduga, dan dana investasi.
  • Pembayaran Cicilan
    Jika kamu memiliki hutang kredit, maka maksimal 25% pendapatan dapat digunakan untuk pembayaran cicilan. Misalnya kamu memiliki pendapatan 4 juta per bulan, maka sebaiknya ambil kredit dengan cicilan maksimal 1 juta per bulan.
  • Kebutuhan Bulanan
    Sisa uang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Kebutuhan bulanan ini meliputi barang-barang kebutuhan sehari-hari, pembayaran kontrakan (jika ada), pembayaran listrik dan air, serta biaya transportasi.Kebocoran anggaran paling sering terjadi di sektor ini. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membuat prioritas barang apa yang wajib dibeli. Dan pastikan kamu berkomitmen hanya membeli atau mengeluarkan uang untuk barang-barang atau kebutuhan yang termasuk prioritas.

Pilih Tempat Menabung yang Tepat

Satu hal yang sering terlupakan adalah di mana tempat yang tepat untuk kamu menabung. Ada banyak pilihan di mana kamu bisa menabung.

Beberapa tempat menabung yang tepat antara lain:

  • Bank
    Sebagai tempat paling popular untuk menabung, banyak keuntungan dengan menyimpan uang di bank. Selain uang yang disimpan 100% aman, kamu juga bisa mendapatkan bunga yang akan menambah nominal tabungan yang kamu miliki.
  • Koperasi
    Kamu juga bisa menyimpan uang di koperasi. Namun pilihlah koperasi yang tepat dan memiliki badan hokum yang jelas. Mengapa? Karena ada beberapa koperasi yang ternyata illegal dan beresiko.
  • Investasi
    Sebuah investasi adalah tempat menabung terbaik. Ada cukup banyak tempat investasi yang cocok walaupun pendapatanmu kurang dari 4 juta per bulan.Kamu bisa memilih tempat investasi seperti pasar saham dengan modal kecil, ikut fintech lending, dan memutar uang tersebut untuk menstock barang yang akan kamu jual kembali.

Mintalah Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga Lainnya kepada Teman-Temanmu

Jangan pernah merasa cukup puas akan sistem menabung yang kamu lakukan. Mintalah tips dan saran dari orang-orang lain bagaimana cara menabung yang lebih baik.

Lihat Juga: Tips Irit Ibu Rumah Tangga

Nah itulah beberapa tips menabung ala ibu rumah tangga yang bisa kamu ikuti. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *